Cara Mendaftarkan Blog ke Google

Ada banyak orang bertanya, saat pertama kali membuat blog dan mencari-carinya di google tidak muncul juga. Dipikirnya, google tidak menyayangi dan mencintainya, padahal om google sayang pada semua.


Sebelum kita pelajari cara mendaftarkan blog ke google, saya ingin gambarkan betapa pentingnya blog kita terindex oleh google. Dengan terindex oleh google, maka secara tidak langsung kita mengundang pembaca lebih banyak.

Iya sih, dengan terdaftar di google tidak akan serta merta muncul di halaman utama pencarian google. Tapi setidaknya, kita akan terindex.

Agar bisa bersaing di halaman utama pencarian google, tidak mudah namun tidak susah juga. Semua bisa dilakukan, bahkan dari tempat Anda duduk saat ini, tanpa uang sepeserpun (kecuali biaya internet). Hanya dibutuhkan keuletan dan kerja konsisten.

Tehnik agar terindex oleh google ini disebut SEO (Search Engine Optimization). Kita akan mempelajarinya nanti.

Okelah, tanpa harus panjang lebar melenceng dari judul postingan, cara mendaftarkan blog ke google, kita mulai saja.

Klik link ini www.google.com/addurl Anda akan dibawa kehalaman seperti berikut, isilah sesuai peruntah yang ada.



Pada kotak URL, silahkan masukkan alamat blog Anda, misal : blogoooblok.blogspot.com. Setelah itu, masukkan kode Capca lalu klik Sumbit Request. Maka akan muncul tulisan ditengah atas, 'Permintaan Anda telah diterima dan akan segera diproses'


Dengan munculnya tulisan itu, pertanda blog Anda sebentar lagi akan terindex oleh google. Saat kita mengetikkan alamat URL kita di google akan tampil seperti berikut.


Baru satu, tak apa. Karena nanti juga akan terindex semua. Ingat tak usah mendaftarkan satu persatu halaman postingan Anda di google, karena setelah mendaftarkan alamat utama, google akan otomatis mengindex halaman lain.

Untuk tindak lanjut kita akan mempelajari google webmaster tools pada postigan selanjutnya. Untuk saat ini sekian dulu. Gimana penjelasan diatas, mudah bukan. Mudah dong...! :)