Cara Menggunakan Webmaster Tools

Pada postingan sebelumnya, kita telah mempelajari tentang cara mendaftarkan blog ke google agar bisa terindeks. Tujuannya agar blog kita bisa dicari melalui google dan orang lain menemukannya.

Seperti yang saya janjikan sebelumnya, bahwa langkah selanjutnya adalah memberdayakan blog melalui webmaster tools milik google. Layanan gratis ini, kadang kala disepelekan oleh blogger, padahal manfaatnya sangat besar.

Mungkin karena banyak yang tidak mengerti atau bahkan tidak tahu cara mendaftar dan menggunakannya, sehingga alat mujarab untuk mendatangkan trafik (pengunjung) ini dikesampingkan.

Tapi tak usah khawatir, dalam postingan ini kita akan belajar menggunakan alat ini dengan seksama. Baiklah, kita ikuti cara-caranya seperti berikut.
  • Buka link ini Webmaster Tools 
  • Setelah terbuka akan nampak gambar seperti berikut. Lihat di bagian bawah ada kolom isian, masukkan alamat blog Anda yang lalu klik 'Tambahkan Situs'
  • Jika berhasil akan muncul pesan seperti ini 'Situs Anda telah ditambahkan ke akun'. 

Tradaa.... coba refrest browser Anda, situs yang Anda daftarkan pastinya sudah muncul kepermukaan. Iya bukan?

Nah... disinilah banyak orang yang kurang paham. Karena banyak tools yang tersedia, malah membingunkan para pengguna awam (seperti saya). Olehnya itu, alangkah baiknya kita kenali dulu tools-tools yang penting saja.

Di halaman awal Webmaster Tools pilih blog yang mau dikelola, diklik aja URLnya. Setelah masuk Anda akan liat halaman Dasboard awal dari Webmaster Tools.

Disana ada status 'Pesan Baru dan Penting' serta 'Status Saat Ini', tak usah kaget kalau 'Kueri Penelusuran' sama 'Peta Situs' masih kosong karena memang kita baru mendaftar.

Lihat disisi kiri Webmaster Tools banyak tab kan. Dibalik tab-tab tersebut banyak Tool yang bisa digunakan juga. Seperti yang saya katakan tadi kita akan pelajari yang penting-penting saja dan akan sering kita gunakan. Oke...
  • Pertama-tama kita ke pojok kanan atas (lihat gambar) pilih 'Setelah Situs'. 

Setelah terbuka, lihat tab 'Target geografis'. Disini kita bisa pilih sesuka hati menyasar pengguna kita (trafik). Karena ini blog ini berbahasa Indonesia, dan memang dikhususkan untuk orang Indonesia jadi saya pilih Indonesia. Centang 'Pengguna tujuan di' lalu pilih Indonesia lalu klik 'Simpan'.
  • Selanjutnya ke tab sebelah kiri. Pilih 'Perayapan' lalu 'Ambil Sebagi Google'. Tampilannya akan seperti ini. 

Disitu terdapat kolom isian URL, Anda sisa memasukkan saja URL yang ingin Anda indeks ke google, lalu klik 'Ambil'. Setelah muncul pesan 'Permintaan Anda diterima dan akan segera diproses' artinya sukses.


Lihat dibagian bawah, URL yang ingin Anda kirimkan akan muncul, silahkan klik 'Kirim ke Indeks', dan saatnya besorak gembira, berhasil... berhasil.... Silahkan Anda ulangi untuk alamat URL yang lain. Gimana mudah bukan...!

Untuk kali ini, sekian dulu ya. Nanti akan ada postingan tambahan untuk menjelaskan fungsi tools satu persatu di webmaster. Jika Anda ingin bereksperimen sendiri, akan jauh lebih baik. Jika Anda punya pertanyaan atau share jangan sungkan tinggalkan komentar Anda. Semoga postingan ini bermanfaat. See yaaa