Berkenalan dengan Struktur Dasar Template Blogspot

Setelah mengetahui Apa Itu Blog? selanjutnya adalah mengetahui apa saja bagian atau struktur yang membentuk suatu blog, utamanya blogspot seperti yang bloGoooblok ~ gunakan saat ini.

Mengenal struktur template blog wajib hukumnya jika ingin mengetahui cara mengoptimalkan tampilan. Kecuali Anda tidak ingin ambil pusing mempercantik tampilan blog Anda walau template yang Anda gunakan sekalipun berasal dari pihak ketiga (bukan bawaan blogspot).

Dengan mengetahui struktur dasar blogspot, seorang blogger juga memiliki peluang besar menjadi web designer. Ibarat membangun rumah tanpa mengatahui arah pembangunan, sama saja sia-sia. Mengetahui struktur blog juga sama posisi dengan arsitek.

Tahu struktur juga akan memudahkan kita mengembangkan tampilan layout template. Bagian mana yang ingin kita olah, apa saja yang harus dilakukan dan bagaimana membuatnya.

Walau mengenal struktur belum menjamin kita mahir segalanya, namun setidaknya dengan mengenal struktur akan ada progres pemahaman minimal 10 persen dari seharusnya. Sisanya kita harus belajar dan berkenalan dengan CSS (Cascading style sheet) dan HTML (Hyper Text Markup Language) serta Javascripts. Ini akan kita bahas belakangan.

Sebuah template pada dasarnya memiliki struktur yang sama dimana setiap blog memiliki struktur utama, yakni body, Outer-wrapper, Header, Sidebar, Main wrapper atau post dan terakhir Footer.

Penjelasan : 

  • Body: block paling lebar, body ini yang menampung seluruh konten dari blog atau website.
  • Outer-wrapper: kotak ini melapisi bagian template (Body lebih mirip bagian luar template), jadi kebanyakan pada umumnya outer wrapper ini sebagai wadah header, sidebar, main-wrapper dan juga footer.
  • Header: Kotak ini adalah bagian teratas dari blog mungkin dari namanya sudah bisa kita tebak dari sebuah header ini. Biasanya header ditempati oleh judul-deskripsi  blog, logo, dan juga kebanyakan dibawahnya ditempai oleh Navigasi Menu.
  • Sidebar : Block ini digunakan sebagai wadah widget blog atau aksesoris misalnya  About me, Link list, gambar slide, dan juga widget-widget lainnya
  • Main: Main-wrapper yaitu sebuah block atau kolom dalam yang paling lebar, dalam block ini juga masih menampung seperti Judul Post, Post konten, kotak komentar dan juga keterangan lainnya mengenai artikel atau posting blog.
  • Footer: adalah kotak paling bawah dari sebuah template. Seperti bagian header namun terletak dibagian bawah biasanya footer ini ditempati sebuah tautan dan juga teks keterangan hak cipta.

Namun di HTML5 yang saat ini berkembang, beberapa istilah diganti, misal main wrapper tidak akan ditemukan lagi dalam HTML biasa, posisinya dihapus tergantung posisi. Misal pos, diganti dengan kata Section dan Article, serta Skin berubah menjadi style. Ini akan kita bahas dipembahasan HTML.

Struktur paling mendasar yang harus dipahami oleh seorang blogger adalah header, navigation, sidebar, section/post dan footer. Bisa dilihat pada bagan dibawah ini.


Dalam penulisan scriptnya, posisinya seperti dibawah ini.

<body>
  <header>...</header>
  <nav>...</nav>
  <article>
    <section>
      ...
    </section>
  </article>
  <aside>...</aside>
  <footer>...</footer>
</body>

Namun pada umumnya, blogspot menggunakan silsilah seperti ini:

<html> <--- tag pembuka untuk html
       <head> <--- tag pembuka untuk head
             (****Posisi CSS atau juga Javascript****)
       </head> <--- tag penutup untuk head
       <body> <--- tag pembuka untuk body
            (****Disini tempat yang akan ditampilkan yaitu HTML dan juga bisa Javascript****)
      </body> <--- tag penutup untuk body
</html> <--- tag penutup untuk html

Penjelasan:

  1. HTML : <html> </html>
    • Sebuah template Blog/Website selalu diawali dengan tag pembuka <html> dan harus diakhiri tag penutup </html>
    • Diantara tag inilah tag-tag atau struktur lainnya diletakkan yang akan menciptakan sebuah tampilan blog/website.
  2. Head : <head> </head>
    • Tepat setelah  <head>  biasanya diletakkan kode tag pengenal mulai dari tag title/judul, deskripsi, keywords dan tag-tag pengenal lainnya.
    • Diantara kode ini harus diletakkan sebuah kode CSS yang akan menampilkan sebuah tampilan model atau karakter dari template itu sendiri.
    • Sebelum kode tag penutup </head>  biasanya ditambahkan sebuah kode Javascript untuk sekedar menambahkan fitur-fitur menggunakan kode Javascript. 
  3. Body : <body> </body>
    • Tag body merupakan yang paling utama pada sebuah template Blog/Website karena ini akan menampung dan menampilkan semua konten blog/website itu sendiri.
    • Pada bagian tag ini masih terbagi dalam 4 struktur penting lagi yaitu Header, Sidebar, Content dan juga Footer, di atas sudah saya jelaskan tentang struktur ini.
Penjabaran struktur diatas selanjutnya akan kita bahas satu persatu, mulai dari header hingga footer bersama dengan elemen-elemennya. Kami berusaha memberikan pemahaman agar tidak membingunkan. Setidaknya, struktur utamnya telah kita ketahui.