Cara Backup Postingan dengan Utuh di Blogspot

Ibarat ngontrak rumah, blogger yang masih menggunakan subdomain blogspot tidak bisa berkutik ketika suatu waktu blogspot dengan kuasanya menghapur blog kita. Ada banyak asalan blogspot menggunakan hak mutlaknya itu tanpa harus memberitahukan kita terlebih dahulu.

Jika ada yang belum mendengar kabar soal keganasan blogspot yang hingga kini masih dinahkodai google dalam menghapus blog, googling saja dan lihat berapa banyak blog yang dihapus oleh blogspot tahun lalu. Bahkan hingga kini.

Baca juga Cara Mudah Merubah Permalink Postingan Blogspot

Diawal 2013 lalu, google melakukan update algoritma terbaru yaitu google penguin dan google panda. Google begitu ketat dalam menilai blog-blog yang pantas untuk diberi peringatan atau lansung dihapus selamanya tanpa basa-basi sampai blog tersebut tidak akan dapat digunakan kembali.

Tahun 2013 memang menjadi tahun badai bagi blogger, tak pelak bagi mereka yang sudah menyandang master sekalipun, ada juga yang tersambar badai penghapusan ini. Di 2014 ini, google juga intens melakukan perbaikan algoritma dan terus menyeleksi blog-blog yang 'wajar' jika dihapus.

Olehnya itu, penting adanya jika kita selalu melakukan backup. Sebelumnya kita pernah membahas Cara Merubah Postingan Blog Jadi File PDF. Cara ini cukup ampuh, namun hanya untuk satu postingan saja. Merubah dalam bentuk PDF juga hanya sebagai arsip untuk kepentingan tertentu.

Kali ini kita akan membahas bagaimana menyelamatkan (baca backup) seluruh postingan blog secara utuh. Fasilitas ini sebenarnya telah disediakan blogspot secara defult, hanya saja banyak yang kurang memperhatikan sehingga terkadang, blog terhapus begitu saja tanpa bisa ngapa-ngapain.

Lalu bagaimana caranya? Ikuti langkah-langkah berikut ini;

  • Login ke dasboard blogspot Anda, lalu pilih tab Setelan di sebelah kiri. Kemudian pilih tab Lainnya diakhir menu. 


  • Akan muncul halaman Alat Blog. Dibagian atas (lihat gambar) akan nampak tiga pilihan, Impor blog - Ekspor blog - Hapus blog. Karena kita akan membackup blog secara utuh, pilih Ekspor blog. 


  • Akan tampil popup seperti dibawah ini. Pilih Unduh blog, ikuti prosesnya hingga selesai. (Lamanya mengunduh tergantung koneksi dan banyaknya postingan) jika selesai klik Tutup. 


  • File yang dihasilkan dalam bentuk .xml. Simpan file ini di komputer Anda sebagai arsip. Namun bisa juga digunakan untuk dipasang di blog lain. 
  • Sementara untuk mengembalikan hasil backup, langkahnya hampir sama. Namun pilihan pada Alat Blog adalah Impor blog. Tampilannya seperti berikut. Pilih file blog yang akan diimpor (file .xml hasil ekspor) dari komputer Anda lalu klik Impor. Tunggu prosesnya hingga selesai dan semua akan kembali seperti semula. 


Saran dari bloGoooblok ~ usahakan melakukan backup secara berkala, bisa Anda atur, misal sebulan sekali atau dua bulan sekali. Ini penting, karena kita tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi pada blog kesayangan kita. Selain 'ancaman' dari google, teror dari pihak lain yang punya niat jahat juga harus diantisipasi.

Baca juga Cara Upload Otomatis Postingan di Blogspot

Ekspor blog ke dalam format ekspor Blogger Atom. Anda dapat melakukannya untuk memindahkan blog ke layanan blog lain atau hanya untuk menyimpan blog di disk keras. Jangan khawatir, blog Anda akan tetap ada di Blogger hingga Anda menghapusnya... (pesan blogspot)