Cara Backup Template Blogspot

Setiap melakukan perubahan template utamanya yang berkaitan dengan script HTML. Sebaiknya kita melakukan backup agar kesalahan yang terjadi dalam proses pengeditan tidak berakibat fatal pada tampilan.

Hal ini sering terjadi, yang pada akhirnya membuat seorang blogger menyerah ditengah jalan. Apalagi jika tampilan blognya sudah mengalami banyak perubahan, namun naas saat mengubah tampilan lebih lanjut, hasilnya kurang memuaskan bahkan parahnya lagi bisa merusak dan susah dikembalikan. Baca juga Cara Menghilangkan Border atau Bingkai Gambar di Blog. 

Olehnya setiap kali hendak melakukan perubahan di mode HTML, lebih baik melakukan backup template. Blogspot memberikan kita kemudahan untuk melakukan itu, dan dalam postingan ini akan kita ulas setahap demi setahap.

  • Pertama-tama login ke akun blogspot Anda. 
  • Pilih tab Template lalu pihat dipojok kanan paling atas, ada tombol bertuliskan Cadangkan/Pulihkan


  • Lalu akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini. Klik saja tombol Unduh Template Lengkap. File hasil unduhan akan tersimpan dalam komputer Anda dengan format file .xml. 


Sementara untuk mengembalikan hasil backup, langkah yang dilakukan sama dengan langkah diatas.

  • Masuk ke dasbor blogspot Anda lalu pilih Cadangkan/Pulihkan 
  • Lalu pilih tampilan dibawah unduh. Pilih file hasil backup Anda dari komputer dengan menekan tombol Choose File, setelah dipilih, selanjutnya tekan Unggah. Tunggu prosesnya hingga selesai dan Tutup


Dengan mengikuti proses backup seperti diatas, setiap kesalahan dalam setiap pengaturan bisa diminimalisir. Saya juga menyarankan lakukan backup secara berkala, agar ketika suatu waktu terjadi kesalahan yang tak diduga dan disengaja template bisa dikembalikan.

Agar lebih mudah mengingat file hasil backup, dalam memberi nama file upayakan mencantumkan tanggal atau minimal beri seri. Misal bloGoooblok 0.1. Ini berguna agar file hasil backup tidak tertukar.

Anda juga bisa membaca Cara Menampilkan Home/Beranda Pada Blogspot dan Cara Mudah Membuat Sitemap di Blogger. Jika memiliki pertanyaan soal cara membackup template diatas silahkan berdiskusi pada kolom komentar dibawah. Saya senang jika dapat membantu Anda.