Cara Memasukkan Video Kedalam Postingan Blog

Fenomena Youtube tak bisa dipungkiri sedang boomingnya saat ini. Karena peminatnya yang tinggi, banyak diantara blogger juga menyertakan video Youtube kedalam postingan. Seperti video dibawah ini. 



Menyertakan video kedalam postingan saat ini sudah menjadi kebutahan. Hal inilah yang disadari oleh blogspot sehingga memberikan kita kemudahan menyertakan video disetiap artikel yang terkait. 

Dulu, diawal-awal blogspot hadir, video dari Youtube harus dimasukkan secara manual kedalam postingan. Namun kini, cara memasukkan video Youtube jauh lebih mudah. 

Pada postingan ini kita akan membahas dua cara memasukkan video Youtube kedalam postingan. Soal fungsi dan keutamakan video Youtube dalam postingan, akan dibahas terpisah. 

Anda juga bisa membaca Cara Memasukkan Gambar Dalam Postingan Blog dan Cara Memperbesar dan Mengecilkan Ukuran Font HTML. Keduanya punya keterkaitan dalam mempercantik tampilan postingan. 

Seperti yang saya katakan diatas, ada dua cara memasukkan video Youtube kedalam postingan.

Cara Pertama
  • Jika Anda lihat video Google diatas, itu saya masukkan melalui cara sederhana. Yakni, login ke akun blogspot Anda, lalu pilih Entri Baru untuk membuat postingan. Jika Anda sudah menyiapkan artikel, pilih lokasi yang akan Anda bari video, setelah itu, klik gambar tage action pada menu pilihan dibagian atas. Lihat gambar. 

  • Setelah mengklik, Akan muncul jendela baru. Disini ada banyak pilihan dalam menu, Anda bisa mengupload video buatan sendiri dari komputer Anda atau bisa lewat Youtube. Untuk Youtube pun ada dua pilihan, melalui kanal Anda di Youtube atau video milik orang lain di Youtube. Kita pilih yang kedua, menggunakan video orang lain di Youtube. 
  • Karena kita akan menggunakan video orang lain di Youtube kedalam postingan kita, pertama-tama ke Youtube-lah mengambil URL video tersebut, setelah dicopy, paste tepat dikolom yang disediakan, lalu klik icon cari disampingnya. Secara otomatis, video itu akan muncul dibagian bawah. Anda sisa memilih dan klik Pilih. Video tersebut akan menyatu dengan postingan Anda. Contohnya video diatas. 


Cara Kedua

  • Bukalah Youtube dan cari video mana yang ingin Anda tampilkan. Setelah dipilih, lihat bagian bawah Video. Pilih Share lalu pilih Embed. Copy script yang ada dibawahnya kedalam postingan Anda. Jika Anda ingin mengatur ukuran video, silahkan diatur lewat tombol dibawah script, ada tulisan Video size. 


  • Selanjutnya ke postingan Anda yang akan diberi video. Untuk menampilkan link video yang tadi diambil dari Youtube, pilih mode HTML pada postingan, dan paste script tersebut dilokasi yang Anda inginkan. Soal ukurannya, perhatikan kata width="320" height="266" di script yang Anda copy, silahkan rubah sesuai kebutuhan dan size postingan Anda. 


  • Jika telah selesai, kembalikan ke mode Compose dan publish tulisan Anda jika selesai. Kini video youtube telah turut serta dalam postingan Anda. 

Dari dua cara diatas, silahkan Anda pilih sesuai kebutuhan. Mau yang simpel, atau yang sedikit lebih rumit. Dua-duanya menampilkan hasil yang sama. Semoga penjabaran diatas memberi manfaat, tak ada salahnya pula berdiskusi melalui form disqus dibawah ini. Enjoy Blog....