Cara Membuat dan Memasang Google Custom Search Engine

Kotak pencarian dalam blog memiliki banyak fungsi. Blogspot juga menyediakan fasilitas ini pada pilihan widget-nya. Hanya saja, fasilitas defult dari blogspot kurang interaktif dan kadang tidak akurat, bahkan belum mampu mencari artikel yang baru diposting. Olehnya itu dibutuhkan kotak pencarian baru.
Fasilitas yang banyak mendapat punjian adalah Google Custom Search Engine. Google Custom Search Engine adalah fasilitas yang di sediakan google dalam sebuah pencarian yang disesuaikan, dibangun menggunakan teknologi pencarian inti Google, yang memprioritaskan atau membatasi hasil pencarian berdasarkan situs dan halaman yang Anda tentukan.

Intinya, kotak pencarian google di blog kita hanya akan mencari artikel dari blog kita saja. Baca juga Cara Membuat Tombol Follow Me Twitter di Blog

Soal keakuratan tak usah diragukan lagi. Oleh karena itulah, Google Custom Search Engine ini memiliki nilai tambah dari kotak pencarian bawaan blogspot. Lalu bagaimana membuat dan memasangnya. bloGoooblok ~ akan berupaya memberi penjelasan dari awal Cara Membuat dan Memasang Google Custom Search Engine di blog.

Penjabaran ini kita klasifikasi dalam tiga bagian.

Buat Lokasi Pencarian

Hal pertama yang akan kita buat adalah laman yang akan dijadikan sebagai lokasi hasil pencarian itu muncul. Cara membuatnya, sama dengan cara membuat laman/pages seperti biasa. Hanya saja isinya dikosongkan.

  • Login ke akun blogspot Anda terlebih dahulu, lalu pilih tab Laman dan buat Laman Baru. Beri judul sesuai keinginan Anda, misal 'Pencarian' lalu pilih publish. 



  • Setelah itu sisihkan. Kita akan kembali ke langkah ini nantinya. 

Membuat Google Custom Search Engine

Selanjutnya kita akan membuat Google Custom Search Engine di halaman google. Langkah-langkah dibawah ini telah dirunut sesuai peruntukan, sehingga bisa diterapkan dengan mudah.

  • Pertama-tama login dulu ke alamat ini http://www.google.com/cse/manage/all usahakan akun gmail Anda sudah terbuka agar tak harus memasukan email dan pasword lagi. Namun jika belum, silahkan login seperti biasa.  
  • Jika sudah login, akan muncul laman seperti dibawah ini. Pilih New search engine (ada dibagian kiri tab). 


  • Halaman selanjutnya, masukkan nama blog atau web Anda dibagian Sites to search. Anda bisa memasukkan lebih dari satu alamat URL. Lalu pilih bahasa yang Anda gunakan, jiba blog berbahasa Indonesia pilih Indonesia dibagian Language, setelah selesai tekan tombol Create


  • Sejauh ini, langkahnya telah sukses. Anda sudah bisa memasangnya, namun jangan dulu. Pilih Control Panel dibagian Modify Your Search Engine. 


  • Dibagian Setup Anda bisa memasukkan nama mesin pencari Anda dan deskripsi mesin pencari Anda serta masukkan kata kunci ke mesin pencari, bisa juga mengaktifan gambar di mesin pencari Anda. Silahkan diatur sendiri. 


  • Jika telah puas mengatur dibagian Setup, selanjutnya pilih Look and Feel dibawah Setup. Karena metode ini menggunakan laman hasil pencarian, pada pilihan web search pilih Two Page, lalu klik Save & Get code dibagian bawah. 


  • Akan terbuka halaman berisi script yang harus dipasang di blog. Namun jangan dulu mengcopynya. Lihat dibagian Atas. Search Results Details. Paste URL dari halaman Pages/Laman yang kita buat tadi. Misal http://blogoooblok.blogspot.com/p/pencarian.html Kemudian klik Save untuk meyimpan perubahan.


  • Nah, baru setelah terrefrest copy-lah semua script yang ada dalam kotak kode kedalam blog Anda. Caranya seperti biasa, sama seperti menambahkan widget. Pilih mode HTML/Java Scirpt dan simpan, lalu letakkan dimana Anda inginkan di blog Anda. 

Rampungkan Pemasangan 

Setelah kita memasang script yang pertama tadi kedalam sidebar (dimana pun anda taruh). Hasil pencariannya belum akan muncul. Langkah-langkah berikut ini adalah proses merampungkan Cara Membuat dan Memasang Google Custom Search Engine.

  • Kembali ke halaman Google Custom Search Engine, dan lihat tombol dibawah script yang tadi Anda copy. Tekan tombol bertuliskan Next: Get Code for search results. Copy semua script yang muncul dihalaman itu. 


  • Selanjutnya kembali di Dasboard blogspot Anda. Pilih laman yang tadi Anda buat. Pilih edit dan rubah mode Compose menjadi mode HTML dan paste seluruh script tadi didalamnya. Setelah itu klik Perbarui/Update. Selesai. 


Anda bisa ke blog Anda, refrest terlebih dahulu agar perubahan yang baru bisa terbaca, dan coba mencari kata dalam kotak pencarian Anda. Lihat hasilnya, mirip laman pencarian google bukan? Semua artikel juga tercover oleh Google Custom Search Engine.

Jika Anda ingin menghilangkan laman Pencarian dari tab menu, atur saja di Tata Letak lalu pilih Laman dan hilangkan centang Pencarian, setelah itu klik Simpan. Jadi ketika ada yang melakukan pencarian, baru laman Pencarian ini akan muncul. Ini akan jauh lebih ciamik kelihatan, ketimbang menaruhnya disana.


Semoga penjabaran diatas bisa sedikit membantu. Bagaimana menurut Anda? silahkan tinggalkan komentar di kolom Disqus dibawah ini. Baca pula Cara Share Postingan Otomatis Kebanyak Sosial Media.