Cara Membuat Fanpage Facebook Terbaru

Setelah kita membuat akun Facebook, salah satu fasilitas facebook yang juga banyak diminati oleh pengguna adalah fanpage atau halaman pribadi. Bedanya dengan akun konvensional, fanpage tidak mencari teman, tapi mencari penyuka/pengikut.

Jika di akun utama Facebook pertemanan kita dibatasi jumlahnya hingga 5.000 orang saja, di fanpage pengikutnya bisa mencapai angka tak terbatas (tentu jika Anda jago berpromosi). Itulah mengapa banyak yang menggunakan fanpage untuk urusan berbentuk universal atau bersifat massif. (ciee bahasanya).

Jika berminat membuatnya, ikuti saja langkah-langkahnya dibawah ini.

  • Pertama-tama login ke akun Facebook Anda. 
  • Lalu lihat logo gerigi dipojok kanan Facebook Anda, klik dan pilih Buat Halaman
  • Halaman selanjutnya Anda akan diberi pelihan menentukan jenis fanpage yang akan Anda buat. Dalam setiap pilihan terdapat masing-masing kategori, pilih salah satunya saja. 


  • Pada tutorial ini saya memilih jenis Merek atau Produk, lalu didalamnya saya memilih Situs Web dan mengisi nama fanpage yang dibuat, lalu klik Mulai. 


  • Halaman selanjutnya adalah pengaturan. Pada langkah pertama Anda diberi kuasa memberi nama dan keterangan, isi sesuai dengan kebutuhan Anda, lalu klik Simpan Info. 


  • Disini Anda diminta menambahkan foto profil, jika belum mau menambahkan silahkan klik saja Selanjutnya. Anda bisa menambahkannya nanti. 


  • Pengaturan ketiga hanya menanyakan Anda, apakah fanpage Anda ingin ditaruh dihalaman favorit pada facebook Anda atau tidak. Jika ingin klik saja Tambahkan ke Favorit, lalu klik Selanjutnya. 


  • Langkah terakhir adalah form untuk promosi. Facebook menyarankan Anda untuk mempromosikan fanpage baru Anda ke pengguna lain dengan syarat bayaran tertentu. Jika berminat, silahkan lakukan transaksi, pilih mata uang rupiah untuk Indonesia. Namun jika belum mau, klik saja Lewati. 


  • Fanpage Anda kini telah jadi. Aturan mainnya hampir sama dengan facebook konvensional. Hanya saja fasilitas chat tidak ada, dan fanpage punya halaman pengaturan sendiri yang berada dibagian atas. Anda juga hanya bisa mengundang orang untuk menyukainya. 


Segala aturan di fanpage hampir sama dengan facebook biasa. Bisa membuat status, mengomentari dan berbagi. Anda juga bisa saling mengikuti sesama pemilik fanpage. Intinya silahkan dioptimasi. Anda juga bisa menyukai atau istilah kerennya, nge-Like fanpage saya, klik disini.

Jika memiliki pertanyaan, tak perlu sungkan meninggalkan komentar. Saya akan dengan senang hati memberi penjelasan. Karena berbagi dan ikhlas adalah ibadah yang tak membuat kita tambah kurus dan jatuh miskin.