Cara Membuat Kotak Pesan Dibawah Postingan Blogspot

Kotak pesan dibawah postingan blogspot punya banyak fungsi. Selain untuk memberi batas antara postingan dengan related post atau artikel terkait, kotak ini juga memperindah tampilan blog.

Kotak ini untuk menaruh pesan dari penulis ke pembaca tanpa harus membuatnya setiap kali membuat postingan. Dalam kotak ini, pesan yang bisa dibuat seperti pengunjung yang ingin mengcopy tulisan agar mencantumkan sumber dan memberi backlinks ke sumber asli.

Hal ini penting untuk menghargai jerih payah penulis. Apalagi seperti saya yang dengan senang hati berbagi tanpa meminta imbalan. Cukup dengan memasang backlinks ke blog ini, hal itu akan sangat membanggakan.

Caranya sangat mudah. Ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Pertama-tama seperti biasa login ke akun blogspot Anda, pilih Tamplates dan Edit HTML.


  • Lalu cari kode ini <data:post.body/> (Agar mudah cari dengan menekan Ctrl F).
  • Lalu copy script dibawah ini, tepat dibawah kode <data:post.body/>

<b:if cond='data:blog.pageType == "item"'>
<div style='border-top:1px solid #ccc;border-bottom:1px solid #ccc; padding:8px 0px;margin:5px 0px 5px 0px;width:100%;float:left;height:20px;'>
<div style='float:left;padding-left:0px;font:normal 12px Georgia;'>
<b><span style="color: red;">PERHATIAN</span></b> : (ISIKAN PESAN ANDA DISINI)
</div>
<div style='float:left;padding-left:10px;'>
<!-- Place this render call where appropriate -->
<script type="text/javascript">
(function() {
var po = document.createElement('script'); po.type =
'text/javascript'; po.async = true;
po.src = 'https://apis.google.com/js/plusone.js';
var s = document.getElementsByTagName('script')[0];
s.parentNode.insertBefore(po, s);
})();
</script>
</div>
</div>
</b:if>

  • Ilustrasi gambarnya seperti ini.


Sebelum menyimpan template, tulisan berwarna merah pada script diatas bisa diubah dengan kata-kata Anda sendiri, begitu pula dengan warna tulisannya bisa dirubah sesuai keinginan.

Pada script diatas, hanya tulisan PERHATIAN yang akan berwana merah, Anda bisa merubah seluruh warna tulisan dengan cara mudah. Jika bingung mengenai kodenya, Anda bisa ikuti cara berikut ini.

Kembali ke dasbor dan pilih Entri Baru. Tulis apa saja pesan yang Anda ingin tuliskan dan beri warna. Setelah itu pilih HTML. Setelahnya akan muncul kode pesan tersebut, selanjutnya cpoy seluruh kode HTML itu dan paste di script yang ada diatas.


Lalu


Gimana, mudah kan!. Semoga penjelasan diatas cukup mudah dipahami, kalaupun masih ada yang belum dimengerti silahkan tinggalkan komentar dibawah ini. Oh iya, contoh diatas bisa dilihat tepat dibawah tulisan ini. Kota itulah yang sedang kita buat. See yaa