Cara Membuat Meta Tag Terbaru dan Termudah

Cara Mudah Membuat & Memasang Meta Tag Di Blogger sudah kita bahas sebelumnya. Namun dalam pembahasan tersebut, kita harus menanamkan script meta tag kedalam HTML.

Pada postingan ini, kita akan membahas Cara Membuat Meta Tag Terbaru dan Termudah tanpa harus mengutak atik script HTML. Mungkin ini sudah banyak dibahas di blog lain, namun tak ada salahnya menulis kembali.

Meta tag atau elemen atau tag (description) dalam bahasa pemrograman HTML atau XHTML sendiri berfungsi sebagai penyampai informasi metadata dari sebuah halaman web. Jika dalam bahasa ibunya, sebagai alamat rumah yang jelas. Seseorang akan dengan mudah menemukan rumah kita, jika alamatnya jelas.

Nah, meta tag itulah alamatnya. Jadi sebagai blogger yang ingin eksis di mesin pencari, kita harus mengaktifkan meta tag ini. Pada postingan kali ini fungsi ini akan kita aktifkan dengan langkah mudah. Anda juga bisa mempelajari Cara Menggunakan Webmaster Tools.

  • Pertama-tama login ke akun blogspot Anda, lalu pilih tab Setelan/Setting dipojok kiri bagian bawah. Setelah itu pilihlah Preferensi Penelusuran. 
  • Lihat dibagian atas terdapat pilihan Tag Meta. Aktifkan meta tag Anda dengan memilih Ya. Setelah itu isikan deskripsi blog Anda, misal Anda membahas tentang mobil, masukkan semua kata kunci yang ingin Anda gunakan, misal, cara merawat mobil, cara membeli mobil dan lain-lain. Setelah itu klik Simpan Perubahan. 


Secara otomatis, Google akan membaca meta tag blog Anda, sehingga nanti dengan mudah akan ditampilkan di halaman pencarian google.

Hanya saja dengan mengatifkan meta tag ini tidak serta merta blog Anda akan tampil dihalaman utama pencarian google. Ini hanya salah satu cara agar blog lebih mudah dirayapi mesin pencari. Cara lain adalah mempelajari Cara Merubah Susunan Title Postingan di Google

Hal yang utama agar blog Anda tampil di halaman utama pencarian google adalah konsisten dengan update postingan, beri suguhan yang berkualitas dan usahakan hindari copy paste 100 persen. Soal cara ini akan kita bahas di ulasan lain. Semoga bermanfaat.