Cara Mengganti Alamat/URL Blogspot

URL atau Uniform Resource Locator pada blog sangat besar pengaruhnya bagi mesin pencari semisal google. URL atau juga disebut alamat lengkap dari sebuah blog adalah kunci utama, walau ada juga yang beranggapan terbalik.

Bagi yang belum mengetahui apa itu URL, contohnya adalah blog ini. URL-nya adalah blogoooblok.blogspot.com. Itulah yang diketikkan di browser untuk menjelajahi internet.

Namun, ibarat rumah, alamat yang jelas akan dengan mudah ditemukan orang lain. Blog pun demikian. Jika anda memiliki blog dengan nama atau alamat yang sangat panjang dan tidak jelas, kecil kemungkinan bisa ditemukan, misalnya melalui mesin pencari seperti Google.

Olehnya itu, ada beberapa orang memiliki alasan tersendiri mengapa harus mengganti URL blognya. Bagi yang sedang berburu uang melalui internet, URL blog yang tepat dengan pembahasan blog sangat besar pengaruhnya.

Sangat aneh adanya, jika blognya berisi pembasan tentang mobil namun alamat blognya mengandung unsur rokok atau foto. Memang tidak haram hukum, namun jika Anda memang berniat mencoba peruntungan di internet, hal ini harus diperhatikan dengan baik.

Saat pertama kali membuat blog, terkadang kita hanya mengisi URL seadanya saja. Sehingga dalam waktunya berjalan, alamat ini terasa aneh dan ingin dirubah. Itulah mengapa, blogspot menyediakan menu khusus untuk merubah URL ini. (Baca juga Cara Mudah Membuat Blog)

Nah, langsung saja kita bahas cara merubah URL blogspot.

  • Pertama-tama tentu Anda harus login dulu ke akun blogspot Anda.
  • Pada tab sebelah kiri, klik Setelan dibagian bawah menu lalu klik Dasar.
  • Pada menu yang ditampilkan lihat kolom Penerbitan. Disinilah URL blog Anda akan dirubah.
  • Silahkan klik Edit yang berada dibelakang alamat blog Anda. Lalu rubah sesuai kebutuhan dan Simpan Perubahan jika alamat yang diinginkan tersedia. Secara otomatis, blog Anda akan berubah dan alamat yang lama tidak akan terbuka lagi.


Namun harus diingat, mengganti URL blog memiliki dampak negatif bagi blog Anda. Setidaknya ada tiga hal yang akan berubah, yakni:

  • Backlink yang sudah ditanam dahulu kalah akan menghilang begitu saja.
  • Pagerank yang sudah meningkat dan alexa rank yang sudah menciut akan ikut memburuk.
  • Pengunjung mula-mula akan ikut menciut juga.

Namun dengan beberapa alasan, merubah blog juga sangat penting, setiap blogger juga punya alasannya sendiri. Sekarang, pilihan ada ditangan Anda, mau tetap menggunakan URL yang lama atau berniat mengganti agar lebih segar dan mudah.