Cara Mudah Memasang Kolom Komentar Disqus di Blogspot

Saat ini sedang marak-maraknya penggunaan kolom komentar Disqus pada web maupun blog di dunia. Sebenarnya, widget ini telah lama hadir didunia internet, hanya saja dulu sempat mengalami banyak bug sehingga ditinggal pergi oleh penggunanya.

Namun sekarang, dengan tampilan yang eye cathing Disqus kembali. Bukan hanya dicintai oleh pengguna pribadi, kolom komentar Disqus juga digunakan oleh situs-situs mentereng dunia, sebut saja CNN, ABC dan lain-lain.

Saya sendiri telah menggunakan kolom komentar ini pada blog lainnya sejak lama, namun dilepas dan akhirnya memasang kembali. Dipostingan sebelumnya, kita telah bahas cara memasang kolom komentar Google+ di blogger, tak ada salahnya bukan mencoba kolom komentar dari Disqus ini. Hehehe

Banyak keunggulan dengan menggunakan Disqus. Tapi pada postingan ini kita akan bahas dulu cara memasangnya saja. Tak perlu panjang lebar lagi, berikut saya sharing cara memasang Disqus secara mudah dan setahap demi setahap. Semoga bermanfaat.

  • Buka laman Disqus 
  • Pilih For Websites


  • Sroll kebawah dan klik 'Get Started'
  • Isi semua kolom yang dibutuhkan lalu klik 'Next Step'



  • Isi kolom 'Site Name' dengan nama blog Anda, lalu kolom 'Choose your unique disqus URL akan otomatis terisi saat diklik. Pada kolom Category, pilihlah yang sesuai dengan konten blog Anda, jika tidak mewakili satupun, pilih saja 'Other' lalu klik 'Finish registration'



  • Pada langkah ini Anda akan dihadapkan pada pilihan, akan ditaruh dimana kolom komentar Disqus. Karena pada tutorial ini kita akan terapkan di blogger, langsung saja klik 'Blogger'



  • Pada langkah ini, setengah perjalanan untuk memasan Disqus sebagai kolom komentar sudah hampir rampung. Klik saja nomor 1 'Add to my blogger site' 



  • Klik saja 'Menambahkan ke widget' dan Anda dibawah ke dasbor blog Anda. 



  • Kembali ke blog Anda, refrest dan klik salah satu postingan. Lihat dibawahnya, kolom komentar Anda pasti sudah berubah. 




Mudah bukan?. Saat pertama kali memindahkan kolom komentar ke Disqus, komentar Anda pada postingan lama otomatis tidak akan tampil. Untuk menampilkan komentar lama ikuti cara berikut.

  • Ingat langkah ke-6 diatas. Kini pilih perintah nomor 2. Klik 'Tools> Import'



  • Lihat gambar berikut. Klik 'Impor Comments From Blogger' lalu pada jendela selanjutnya klik 'Grant Access' dan klik lagi 'Import' di jendela selanjutnya. Secara otomatis, semua komentar lama akan tampil di kolom Disqus. 




Kini blog Anda sudah memiliki kolom komentar dari Disqus. 'Tidak ada yang susah jika kita ingin berusaha' :)

Tak ada salahnya juga untuk meninggalkan komentar pada kolom komentar Disqus yang telah berhasil saya buat seiring dengan dibuatnya postingan ini. Kita bisa sharing, dan kalau ada pertanyaan akan coba saya jawab semampunya. Terima kasih.

Update 9 Februari 2015


Disqus telah memperbaharui layanannya. Jika cara diatas meminta agar menambahkan kolom komentar Disqus dengan mengklik For Website, saat ini tidak lagi. Disqus telah menambah laman baru yang bisa Anda gunakan untuk menambah kolom komentar secara langsung, dengan mengklik Add Disqus to your site.


Untuk langkah selanjutnya, sama seperti langkah-langkah yang ada di tulisan ini. Semoga bermanfaat.