Cara Mudah Merubah Permalink Postingan Blogspot

Ada kemutlakan yang diberikan Google sebagai pemilik blogspot. Saya anggap ini sebagai penderitaan yang harus diterima secara terpaksa oleh seorang blogger, yakni permalink atau permanent link secara defult akan terpotong.

Jika Anda perhatikan, setiap kali memposting artikel di blogspot, judul yang berkepanjangan akan dipotong seenaknya oleh blogspot, ditambah lagi embel-embel tahun dan bulan yang ada ditengah-tengah URL atau alamat postingan.

Baca juga Cara Mengganti Alamat/URL Blogspot

Keniscayaan ini harus diterima, khususnya pemuatan tahun dan bulan, namun begitu, blogspot masih memberi kita keleluasaan merubah kata-kata dibelakang tahun dan bulan URL disetiap postingan. Pengaturan ini sudah ditambahkan google dalam pemuatan entri baru.

Sebelum kita mengetahui cara merubah permalink postingan blogspot ini, ada baiknya kita membahas mengapa hal ini penting. Jika ada yang beranggapan hal ini tak ada pengaruhnya sama sekali, itu berarti mereka salah total, karena dengan URL yang lengkap dan mengandung keyword akan memiliki nilai plus pada mesin pencari.

Blogspot memang sedikit tertinggal dibandingkan wordpress soal permalink ini. Entah apa maksud blogspot tidak memberikan keleluasaan mengatur permalink ini, khususnya untuk setiap postingan. Apalagi yang telah terlanjur dipublish.

Namun begitu, sebagai pengguna kita harus ikhlas menerima kenyataan ini dan sedari awal menyadari hal ini. Lalu bagaimana Cara Mudah Merubah Permalink Postingan Blogspot? Berikut penjabarannya :

  • Pertama-tama tentu Anda sudah menyiapkan artikel untuk diposting ke blogspot. 
  • Login ke dasboard blogspot Anda, lalu klik Entri Baru. Isi postingan seperti biasa. (Baca Cara Membuat Postingan di Blogger)
  • Lalu lihat tab disebelah kanan, klik Tautan Permanen


  • Ada dua pilihan yang disediakan disana. Tautan Permanen Otomatis dan Tautan Permanen Khusus. Pilih yang kedua, Tautan Permanen Khusus. Dibawahnya ada kolom isian, tulisalah seperti apa URL yang Anda inginkan nantinya, setiap katanya pisahkan dengan tanda kurang (-). Jika tuntas, klik Selesai dan kini URL postingan Anda tidak lagi terpotong walau judulnya cukup panjang. 


Ada beberapa orang mengangap cara diatas cukup merepotkan, karena harus merubah setiap kali memposting artikel. Olehnya itu beberapa blogger melakukan perubahan dengan merubah script HTML. (Baca juga Cara Upload Otomatis Postingan di Blogspot)

Silahkan pilih mau menggunakan metode yang mana. Namun bagi saya, dengan sedikit menyisahkan waktu merubah secara manual seperti diatas tidak ada salahnya. Apalagi, google sendiri telah menyarankan langkah ini, bukan menyarankan merubah script HTML.