Cara Share Postingan Otomatis Kebanyak Sosial Media

Salah satu cara biar blog banyak yang mengunjungi adalah dengan share postingan kita ke sosial media. Ada Banyak sosial media di internet, salah satunya Facebook dan Twitter yang juga telah kita pelajari cara membuatnya pada postingan sebelumnya.

Dengan memiliki akun Facebook dan twitter akan dengan mudah bagi kita untuk membagikan postingan. Hanya saja, akan terasa melelahkan apabila postingan yang baru kita buat harus di share satu persatu.

Nah, pada postingan kali ini kita akan pelajari cara mengatur postingan blogspot bisa tershare secara otomatis setiap kali kita membuat postingan.

Ada banyak cara dan aplikasi yang bisa kita gunakan buat share postingan secara otomatis. Kalau share otomatis ke Google+ sudah disediakan di dashboard Blogger, tinggal dicentang saja. Sedangkan share otomatis ke situs sosial media yang lain kita butuh alat bantu. Alat bantu ini ada banyak sekali, mulai dari Feedburner, IFTTT, Buffer, Hootsuite dan lain-lain.

Kali ini kita akan mengetahui cara share postingan otomatis pake Hootsuite. Kenapa Hootsuite? karena alat ini populer dan cukup gampang buat pemula. Langsung aja disimak cara share postingan otomoatis ke sosial media pake Hootsuite. Saya mencoba semudah mungkin memberikan pemahanan agar semua bisa menerapkan.

  • Pertama kalian menuju ke situs Hootsuite lalu daftar. Cara daftarnya gampang bisa pake akun Facebook atau pake email. Tinggal di isi datanya yang lengkap terus klik Sing up Now. Tapi dalam tutorial ini kita akan mendaftar dengan menggunakan data email, caranya klik Create a new account, lalu isikan email dan username serta pasword yang diinginkan.


  • Setelah proses pertama diatas selesai, Anda akan dihadapkan pada tab baru. Dalam langkah kedua Add your social networks, silahkan pilih sosial media yang ingin Anda pakai untuk share otomatis postingan Anda diblog. Dalam tuturial ini saya gunakan Twitter dan Facebook. Caranya, klik saja tombol masing-masing dan ikuti perintahnya hingga selesai, setelah itu klik Done Adding sosial networks >>


  • Anda akan dihadapkan pada halaman dasbor Hootsuite. Langsung saja lihat tab disebelah kiri dan pilih setting dan  klik RSS/Atom, setelah itu akan tampil gambar berikut. 


  • Setelah itu klik tanda + ( Add New Feed ), terus tinggal di isi datanya. 


Keterangan Pilihan :
Feed URL  : Tambahkan alamat feed blog Anda.
Network to send feed items to: pilih akan di share kemana.
Prepend text to each message (20 chars max): Isikan kata-kata yang ingin muncul disana.
Lalu klik Save Feed

Ulangi hingga semua akun sosial media Anda terkoneksi dan silahkan kembali ke blog Anda. Coba melakukan postingan, secara otomatis postingan Anda akan tershare di Twitter dan Facebook. Mudah bukan. Semoga bermanfaat. Jika memiliki pertanyaan atau sharing, silahkan berdiskusi di kolom komentar berikut.