Belajar HTML Dasar (1) : Pengertian HTML

Jika selama ini Anda punya keinginan membuat dan mendesain website sendiri. Itu artinya Anda harus mengerti utak atik script. Langkah paling pertama dan utama yang harus dipahami oleh seorang webdesign adalah HTML. Karena HTML-lah semua yang kita buat di web bisa dilihat oleh orang lain di internet.

bloGoooblok ~ pada seri ini akan membahas HTML dasar. Namun sebelum jauh melangkah, saya ingin pastikan, seri (belajar HTML akan dibuat dalam beberapa seri secara teratur) ini tidak ada maksud menggurui atau berlagak paling hebat. Disini kita akan sama-sama belajar, jika memberi manfaat, itu merupakan wujud syukur bagi kami, namun jika tidak, acuhkan saja.

Sebelum membahas Pengertian HTML lebih jauh. Ada baiknya kita kenali dulu seperti apa rupa HTML. Jika Anda sering mengutak-atik template web atau blog Anda, tentu sudah tidak asing dengan script HTML ini, namun bagi yang belum pernah sama sekali melihatnya, akan nampak kebingungan.

Olehnya itu, jika penasaran seperti apasih rupa HTML dan turunannya itu (disebut turunan karena HTML tidak berdiri sendiri, akan kita bahas nantinya) silahkan melihat contohnya pada blog ini. Jika ingin melihatnya, silahkan klik kanan dibadan blog ini dan pilih kata-kata Lihat Sumber Laman (View Page Source).


Jika berhasil mengklik, maka tampilannya akan seperti gambar dibawah ini. Bentuknya hanya deretan simbol dan huruf yang rumit. Deretan script inilah, inti blog atau web itu sesungguhnya (bisa dikatakan sebagai nyawa utama). Script ini dibentuk atas dasar HTML namun dikembangkan menggunakan sejumlah bahasa pemprograman tambahan.


Pengertian HTML

Secara bidang keilmuan HTML merupakan singkatan dari kata-kata Hypertext Markup Language.

Jika dipilah-pilah, maka Hypertext berarti sebuah text biasa yang dapat berfungsi lain. Misalnya membuat link disatu text yang dapat berpindah dari satu halaman ke halaman lainnya hanya dengan meng-klik text itu saja. Dalam dunia blogging, ini biasa disebut link, dan di HTML kemampuan ini dinamakan hypertext.

Pertanyaanya, apakah itu saja yang ada dalam pengertian hypertext. Jawabannya tentu tidak, masih masih fungsi lain dalam implementasinya. Kita akan membahasnya setahap demi setahap nantinya.

Sementara kata Markup Language dalam HTML disematkan karena bahasanya menggunakan tanda (mark), untuk menandai bagian-bagian dari text. Misalnya, text yang berada di antara tanda tertentu akan menjadi tebal, dan di antara tanda lainnya akan tampak besar. Tanda ini akan dikenal di HTML sebagai tag.

Intinya adalah HTML merupakan bahasa dasar pembuatan web, namun bukan satu-satunya. Mengapa demikian, karena jika hanya menggunakan script HTML saja membuat web, maka yakin dan percaya saja tampilannya tidak akan menarik, ibarat kembali ke jaman purba, semua serba tidak menarik sesuai era kekinian.

Walau begitu, mempelajari HTML wajib hukumnya, karena dari sinilah semua dimulai.

Seperti yang saya katakan diatas, bahwa HTML adalah bahasa dasar pembuatan web namun harus diingat kalau HTML bukanlah bahasa pemprograman (programming language). Memang aneh, namun begitulah kenyataanya, karena HTML hanyalah sebuah bahasa struktur yang fungsinya untuk menandai bagian-bagian dari sebuah halaman.

Kalau bahasa pemprograman yang biasa digunakan di web cukup banyak, namun yang paling banyak digunakan dan digemari adalah JavaScript dan PHP.

HTML juga dikenal dengan sebutan xHTML yang merupakan singkatan dari eXtensible Hypertext Markup Language. xHTML merupakan versi tambahan dari HTML. Dalam perkembangannya, HTML kini juga telah memiliki versi terbaru, yakni HTML 5. Semua akan kita bahas pada postingan kedepan.

Semoga penjabaran diatas, bisa mengantar kita pada proses memahami HTML. Dengan begitu, niat menjadi webdesign atau sekedar utak-atik web sendiri, bisa diwujudkan. Mari belajar bersama...!