Belajar HTML Dasar (2) : Persiapan Web Browser dan Aplikasi Editor

Dalam seri belajar HTML dasar ini, sebelumnya telah kita bahas soal pengertain HTML secara umum. Sebelum masuk ke aplikasi penerapannya (baca pembelajaran struktul) kita harus mengenal dulu apa itu web browser. Hal ini sangat penting, karena erat kaitannya dengan HTML, tanpa web browser, mustahil hasil editor HTML bisa dinikmati banyak orang.

Banyak yang memulai belajar HTML sangat menyepelekan hal ini. Padahal mempelajari HTML tanpa web browser yang mendukung, sama saja sia-sia, karena hasilnya tidak akan baik. Percaya deh!

Lalu Apa Itu Web Browser?

Saya yakin, penggiat internet pasti sudah tahu akan ini. Namun, setiap orang berbed-beda, jadi tak ada salahnya untuk mengulangnya kembali (sebagai penyegaran keilmuan).

Dikutip dari Wikipedia, Web Browser (atau biasa disebut browser) dijelaskan sebagai sebuah software aplikasi untuk menerima,  menampilkan, dan menerjemahkan informasi dari world wide web (www). Mungkin www tidak asing lagi bagi Anda, dan salah satu informasi yang ditampilkan itu dibuat dalam format HTML.

Beberapa contoh web browser adalah Mozilla Firefox dan Google Chrome  yang banyak digunakan didunia. Jika di smartphone, varian ini jauh lebih banyak lagi, seperti Opera dan lain-lain.


Browser pertama yang muncul kepasaran adalah Internet Explorer. Saat pertama kali muncul, Internet Explorer sanggup menguasai 90 persen pengguna internet, namun kini Firefox dan Chrome paling banyak digunakan. Internet Explorer ditinggalkan karena tidak mendukung standarisasi HTML yakni W3C (World Wide Web Consortium).

W3C ini telah dirancang khusus karena awalnya tiap-tiap program web browser menerjemahkan kode-kode HTML secara berbeda-beda, sehingga di perlukan sebuah standar yang sama untuk seluruh browser. Internet Explorer yang dulu menepkan standar sendiri, kini sudah mulai menerapkan W3C.

Untuk mempelajari HTML, web browser adalah perangkat utama yang kita butuhkan. Ibarat bahasa pemograman lainnya, Web Browser adalah compiler dan intrepreter HTML. Anda bebas menggunakan web browser yang disukai, namun bloGoooblok ~ saat membuat tulisan ini menggunakan Google Chrome Versi 34.0.1847.116 m. Silahkan gunakan browser versi terbaru, sesuai yang Anda inginkan.

Memilih Editor HTML 

Selain web browser yang penting dalam mempelajari HTML, aplikasi editor HTML juga besar peranannya. Aplikasi ini, sebenarnya bisa saja yang sederhana, misal Notepad bawaan dari sistem operasi komputer Anda, namun notepad bawaan sistem operasi itu punya banyak kelemahan.

Olehnya itu, persiapan sebelum mempelajari HTML lebih jauh adalah aplikasi yang memadai. Pada proses pembelajaran ini kita akan menggunakan Notepad ++. Anda bisa mendowload secara gratis di web aslinya, dan carilah versi terakhir yang tersedia.

Saat tulisan ini dibuat, versi Notepad ++ yang tersedia adalah 6.5.5. Versinya akan terus berubah seiring waktu. Silahkan download disini.


Selain Notepad ++ aplikasi anyal lainnya yang sering digunakan adalah  Adobe Dreamweaver. Hanya saja, aplikasi ini punya versi berbayar dan tidak cocok bagi pengguna kere seperti saya. Tapi jika Anda berniat menggunakan  Adobe Dreamweaver tidak ada salahnya, silahkan cari aplikasinya dan gunakan dengan baik.

Keunggulan  Adobe Dreamweaver dibanding Notepad ++ memang banyak. Dreamwever tidak hanya dapat digunakan untuk sebuah text editor HTML saja, namun juga untuk berbagai bahasa pemograman web lainnya, seperti Javascript dan PHP. Tapi apapun itu, asal mudah dan enak dipakai, silahkan saja.

Intinya, dua persiapan diatas, web browser dan aplikasi editor adalah harga mati yang perlu ada jika hendak belajar HTML. Silahkan gunakan yang menurut Anda paling sesuai.