Cara Menambahkan Admin dan Penulis Baru di Blog

Seiring berkembangnya suatu blog, ditambah kesibukan sang pemilik (admin) di dunia nyata, tentu membuat postingan terbengkalai. Tak jarang, blog yang dengan susah payah didirikan terdiam cukup lama tanpa ada update terbaru, hitung-hitung untuk menggembirakan pembaca.

Banyak blogger tidak sadar, bahwa blog yang ia dirikan bisa dikelola beramai-ramai. Dengan mengelola blog beramai-ramai akan mampu mempertahankan konsistensi postingan, dengan begitu tak perlu ada istilah blog vakum, apalagi jika sudah punya nama.

Blog yang secara berkala di update akan mendapat perhatian dari search engine, apalagi jika bobot artikel yang di publis unik dan bermanfaat buat orang lain. Itulah mengapa, blog penting terus di update, namun kesibukan juga tak bisa dihindari, karena itu penting adanya penulis tambahan.

Penulis baru untuk mengelola blog kita bisa bermacam-macam. Jika Anda seorang yang telah punya nama dan punya seleri banyak, bisa menyewa orang lain untuk menulis dan update blog secara berkala. Bayarannya bisa disepakati kedua belah pihak. Namun jika tak punya banyak uang, carilah orang yang mau (silahkan usahakan sendiri).

Admin dan Penulis Baru

Ada dua macam cara yang bisa dilakukan. Yakni menambahkan admin baru atau hanya sebatas penulis. Apa perbedaan keduanya? Jika admin baru, posisinya sama dengan pemilik pertama (Anda), itu artinya seluruh item bisa diakses dengan mudah, sementara penulis baru hanya bisa menulis dan mengirim tulisan saja.

Menambah Penulis Baru di Blogspot

  • Jika hendak menambahkan penulis baru di blogspot, pertama-tama login ke akun blogspot Anda. 
  • Pilih tab Setelan kemudian klik Dasar. 
  • Lihat menu Izin pada tampilan Dasar, klik + Tambahkan Penulis dibawah akun Anda. 
  • Pada kotak isian, tuliskan alamat email penulis baru yang ingin Anda tambahkan. Setelah itu, klik Undang Penulis. 
  • Selanjutnya perintahkan orang yang ingin Anda undang melakukan verifikasi. Kira-kira tampilan email verifikasinya seperti berikut ini. Biarkan menyelesaikan seluruh langkah-langkahnya. 


  • Jika selesai verifikasi, refrest dashboard blogspot Anda, maka tampilannya akan berubah menjadi dua orang. 

Menambahkan Admin Baru di Blogspot

  • Untuk menambahkan admin baru di blogspot, langkahnya sama dengan cara menambahkan penulis baru diatas.
  • Di dashboard blogspot Anda, refrest tampilan Setelan > Dasar dan lihat bagian Izin. 
  • Pada bagian penulis yang baru ditambahkan, klik kotak bertuliskan Penulis, lalu pilih Admin. Jika telah selesai, klik Simpan. 


Walau kelihatan cara diatas bisa bermanfaat buat masa depan blog kita. Saran dari bloGoooblok ~ agar Anda berhati-hati memberi izin kepada orang lain mengotak-atik blog Anda. Jika Anda sudah benar-benar yakin dengan orang tersebut, silahkan mengundangnya, namun jika tidak, biar Anda saja yang mengelola.