Cara Mengaktifkan Akun Google (+) Plus

Saat pertama kali membuat akun di Gmail (Google Mail), maka saat itu pula segala aplikasi Google bisa kita gunakan (kecuali berbayar). Google telah mengintegrasikan seluruhnya dalam satu akun. Hanya saja, tidak serta-merta seluruh aplikasi itu bisa digunakan. Harus dilakukan aktivasi untuk menggunakan beberapa fitur Google.

Salah satu fitur Google yang banyak kegunaanya buat blog adalah Google + (Plus). Sosial media dari Google ini fungsinya beragam, selain untuk menambah nilai plus di mesin pencari Google, dengan mengshare otomatis postingan blog ke Google + juga bisa mendatangkan trafik jika pertemanan di Google + Anda telah banyak.

Aplikasi Google + lainnya yang terkadang diterapkan blogger adalah kolom komentar yang terintegrasi langsung. (Baca Cara Menampilkan Kolom Komentar Google+). Keunggulan menggunakan kolom komentar ini, adalah setiap kali ada orang yang komen, maka nilai plus artikel tersebut naik dimata mesin pencari.

Memang ada beberapa kekurangan dalam menggunakan kolom komentar Google + ini, salah satunya adalah tidak adanya notifikasi jika sewaktu-waktu ada pembaca yang melakukan komentar. Selain dari itu, saya pikir, kolom komentar Google + sangat baik.

Cara Mengaktifkan Akun Google (+) Plus

Kembali ke topik bahasan semula, yakni mengetahui Cara Mengaktifkan Akun Google (+) Plus. Jika Anda memang berniat mengaktifkannya, maka ikuti langkah-langkah berikut ini. Namun harus diingat, Anda harus terlebih dahulu memiliki akun Gmail. (Baca Cara Mudah Membuat Email Gmail).

  • Jika Anda pertama kali membuat Gmail, maka saat itu pula Google akan mengirimkan email kepada Anda, isinya seperti berikut, untuk mengaktifkan klik saja Tulisan Buat Google + 


  • Namun jika Anda sudah lama membuat Gmail namun belum juga melakukan aktivasi, caranya klik nama akun Anda di pojok kanan Atas (yang ada tanda + didepannya). 


  • Selanjutnya Anda akan digiring untuk mengisi kotak penelusuran teman. Bisa Anda mencari orang yang Anda kenal dengan memasukkan Nama, alamat atau email yang bersangkutan. Misal Anda ingin mencari akun Google + saya, silahkan ketik nama saya Wisa Rahardi lalu cari. Jika ketemu, masukkan kedalam lingkaran peremanan Anda. Namun jika belum memiliki teman, Lanjutkan saja. 


  • Halaman selanjutnya, Anda akan diberi pilihan untuk mengikuti berbagai hal. Ada banyak kegemaran yang disediakan Google +, silahkan memilihnya, lalu klik Lanjutkan. 


  • Terakhir, Anda harus mengisi profil Anda. Masukkan foto profil dan sebagainya, jika telah lengkap, klik Selesai. 


  • Jika semuanya sukses Anda akan dibawa ketampilan Home Google + Anda. Disini Anda bisa melakukan interaksi dengan berbagai kalangan, Anda juga masih bisa melakukan perubahan Profil, silahkan menggunakan Google + Anda sesuka hati. Intinya, Google + ini hampir sama dengan sosial media lainnya, semisal Facebook atau Twitter. 


Gimana mudah bukan!. Kini Anda bisa menambah pundi-pundi pertemanan Anda di internet, jika Anda bosan memakai Facebook atau Twitter, tak apalah sekali-kali menggunakan Google + untuk berinteraksi, ada fasilitas Hang Out yang keren dan menterang disana.

Jangan lupa, add saya masuk kedalam crikel Anda. Saya juga akan dengan senang hati menyambut dan memasukkan Anda dalam jaringan pertemanan saya. Semoga bermanfaat dunia akhirat...

Jika masih kurang lengkap dengan ilustrasi gambar diatas, berikut video tutorial lengkap cara mengaktifkan akun google plus. Semoga membantu.