Cara Mengganti Label Postingan di Blogspot

Label atau tag pada postingan di blog sering kali disepelekan oleh blogger pemula. Padahal label ini akan membantu mengatur pengelompokan artikel agar lebih rapih dan memudahkan pembaca mencari artikel sejenis.

Pada dasarnya, label dalam bahasa online adalah kata kunci non hierarki atau tidak bertingkat yang tugasnya untuk menunjukkan potongan-potongan informasi tertentu. Dalam kata lain label adalah identitas satu artikel agar bisa menemukan temannya yang sejenis.

Baca juga Cara Backup Postingan dengan Utuh di Blogspot

Label juga merupakan jenis metadata yang membantu untuk menjelaskan suatu hal dan memungkinkan hal tersebut ditemukan ketika melakukan pencarian (browsing). Itulah mengapa pemberian label pada artikel penting, karena akan membantu menambah keyword ke blog kita.

Hanya saja kadang, saat pertama-tama ngeblog, artikel yang kita publish diberi label sekenanya saja. Bahkan mungkin tidak mengandung keyword yang SEO frendly. Karena itu tak sedikit seorang blogger ingin mengganti label yang terlanjur dibuat tersebut.

Apalagi blogspot tidak memberikan kita kebebasan mengedit sebuah label yang sudah terlanjur dibuat. Secara teknis, kita hanya bisa membuat dan menghapusnya. Namun, hal ini tidak menjadi penghalang bagi anda jika anda ingin mengganti nama label.

Jika postingan kita masih sedikit, dengan jumlah label juga belum seberapa mungkin tidak akan susah. Tinggal masuk ke setiap artikel dan merubah nama label masing-masing dan simpan kembali. Namun bagaimana jika artikel yang telah kita buat telah banyak, ini tentu akan memakan waktu lama.

Baca juga Cara Membuat Artikel Terkait Dibawah Postingan Blogspot

Postingan kali ini bloGoooblok ~ akan membahas Cara Mudah Mengganti Label Postingan di Blogspot.
  • Saya anggap Anda kini telah berada dilaman postingan Anda di dasboard blogspot. 
  • Sekarang pada postingan Anda, pertama-tama centang postingan yang labelnya akan Anda ganti. Dalam tutorial kali ini bloGoooblok ~ akan mengganti label Blogsopt A-Z menjadi Belajar Blogspot. 
  • Agar mudah melakukan centang, pilih setiap artikel sesuai dengan jenis labelnya. Arahkan kursor ke pojok kanan atas, berseblahan dengan kotak pencarian. Lalu pilih jenis label yang ingin diganti. 
  • Jika telah mencentang seluruhnya, klik Label Baru dibagian atas. (Lihat gambar). 
  • Lalu akan muncul form isian Label Baru. Isilah sesuai dengan keinginan Anda. Disini kita mengisinya dengan kata Belajar Blogspot. Lalu klik Ok.
  • Jika selesai kembali lagi ke bagian label. Posisi centang masih pada postingan yang ingin diganti, lalu klik nama label yang tadi telah kita buat tadi. Tunggu prosesnya hingga selesai. 
  • Jika selesai selanjutnya menghilangkan label yang lama, dalam kasus ini label Blogspot A-Z. Centangan pada postingan masih tetap seperti semula, kini klik nama label yang lama. Tunggulah prosesnya hingga selesai dan secara otomatis, label lama juga akan terhapus. 

Dengan cara diatas, Anda tidak perlu menyiksa diri harus merubah satu persatu label postingan Anda. Cukup dengan sekali klik semua label akan berubah. Anda bisa mengulangi langkah diatas untuk masing-masing label. Silahkan mencobanya.