Cara Menghapus Admin Blogspot Tanpa Menghilangkan Blog

Jika Anda berpikir, email yang pertama kali Anda gunakan membuat blog tidak dapat diganti sewaktu-waktu, berarti Anda salah. Bahkan admin blog yang pertama pun bisa kita ganti atau dalam artian, pengelolaan blog bisa dilimpahkan ke orang lain dan menghapus admin sebelumnya tanpa menghilangkan (menghapus) blog (memindahkan, -red).

Sebelumnya kita pernah membahas tentang Cara Menambahkan Admin dan Penulis Baru di Blog. Pada artikel kali ini, cara itu masih akan diterapkan, karena untuk menghapus admin blogspot tanpa harus menghilangkan blognya, langkah-langkah menambahkan admin dan atau penulis baru adalah sama.

Menghapus admin blog banyak digunakan oleh orang-orang yang berniat menjual belikan blognya. Jika Anda berniat melakukan itu, mungkin cara ini penting diketahui.

Pada postingan ini, Admin bloGoooblok ~ akan memindahkan satu akun blog ke pengelola lain (masih Admin bersama blog ini). Alasan melakukan pemindahan, karena akun Google blog tersebut akan dihapus lantaran memiliki reputasi buruk dimata Google. (Baca Cara Menghapus Akun Google dengan Lengkap)

Alasan lainnya ingin memindahkan blog tersebut agar seluruh blog dibawah naungan bloGoooblok ~ bisa terintegrasi dalam satu akun saja. Ingat, terlalu banyak akun, dengan berbagai macam blog, akan membuat reputasi kita buruk dimata Google, apalagi jika seluruh data yang dimasukkan sama. Ini sangat buruk untuk Adsense.

Menambahkan Admin Baru

Untuk memindahkan blog, pertama-tama yang harus dilakukan adalah menambah admin di blog tersebut. Langkah ini telah kita bahas panjang lebar pada postingan Cara Menambahkan Admin dan Penulis Baru di Blog, silahkan Anda baca postingan itu agar lebih jelas.

Memindahkan Admin Blog

Setelah Anda mempelajari cara menambah admin baru, selanjutnya adalah memindahkan blog. Harus diingat, Anda harus merubah akun yang ditambahkan itu menjadi admin, karena jika hanya mengaturnya sebagai Penulis, langkah ini tidak akan pernah berfungsi.

Selanjutnya, kita akan melakukan pengaturan di akun yang baru ditambahkan.

  • Login ke blogspot menggunakan akun yang baru saja Anda tambahkan. 
  • Saat berhasil masuk ke dashboard, arahkan ke mode Setelan lalu pilih Dasar (Basic), dan pilih Izin (sama saat menambahkan akun baru). 


  • Ada dua akun sebagai Admin pada blog, sejauh ini proses memindahkan admin blog sudah setengah jalan. Untuk memindahkan secara utuh, atau hanya ingin menggunakan singgel admin, silahkan klik tanda silang (X) dibelakang kata admin. Saat mengklik itu,  tak ada instriksi apa-apa lagi, prosesnya akan langsung, jadi berhati-hatilah memilih akun mana yang ingin Anda jadikan admin. 

Dengan memindahkan admin ini, tidak akan ada yang berubah pada blog Anda, baik postingan bahkan untuk urusan trafik. Semuanya aman terkendali. Hanya satu hal yang harus Anda ingat, saat login, Anda tidak menggunakan lagi akun yang lama, tapi akun baru yang baru saja Anda tambahkan.

Silahkan ulangi setiap langkahnya untuk memindahkan akun lainnya. Dengan mengatur dengan profesional blog-blog Anda, semoga akan menjadi lebih baik, dalam hal performa maupun kenyamanan. Semoga bermanfaat dan enjoy blogging. :)