Cara Mudah Merubah Jumlah Kolom Blogspot

Sejak pertama kali dibuat, bloGoooblok ~ hanya memiliki dua kolom, yakni kolom postingan utama dan kolom sidebar disebelah kanan. Tampilannya memang konvensional, seperti bawaan semula dari template sederhana milik blogspot. Sengaja dibuat demikian agar terlihat alami. (Baca Cara Membuat Blog Blogspot Dari Awal)

Namun seiring waktu, kami menyadari perlu ada penyegaran tampilan. Kami pun merubahnya menjadi tiga kolom. Satu kolom sidebar di sebelah kiri, kolom postingan utama dan satu lagi kolom sidebar di sebelah kanan. Dengan merubah menjadi tiga kolom seperti ini, akan memberi kita ruang lebih banyak untuk memberi instrumen baru.

Karena melakukan perubahan mendasar pada tampilan atau template, tentu saja beberapa pengaturan yang dilakukan sebelumnya juga ikut berubah.

Mengenal Bagian Perancangan Blogspot

Jika ini dilakukan lima tahun silam, mungkin cara merubah jumlah kolom pada blogspot akan sangat jarang dilakukan oleh blogger. Itu karena, dulu jika hendak merubah jumlah kolom kita harus berurusan dengan script HTML. Namun sekarang, blogger menyediakan ini jauh lebih mudah dengan adanya bagian perancangan blogspot.

Bagian ini merupakan yang paling disenangi oleh blogger, utamanya yang tidak paham sama sekali dengan utak atik script. Pada bagian perancangan ini, kita dengan leluasa bisa merubah template sesuka hati, ada pula preview-nya sebelum akhirnya benar-benar akan kita rubah. Intinya bagian perancangan ini sangat membantu.

Cara Mudah Merubah Jumlah Kolom Blogspot

Salah satu yang ada pada bagian perancangan adalah pengaturan soal kolom. Dibagian ini, blogspot memberi kita beberapa pilihan jumlah kolom yang ingin dipakai. Bisa hanya satu, tiga, bahkan tanpa sidebar sekalipun bisa kita buat disini. Menyesuaikan lebar blog juga dapat kita lakukan disini.

Baca juga Cara Memasukkan Gambar Dalam Postingan Blog

Lalu bagaimana menggunakannya, dalam postingan ini, contoh yang kita gunakan adalah perubahan pada jumlah kolom bloGoooblok ~. Berikut penjabarannya :

  • Untuk masuk ke bagian perancangan blogspot, pertama-tama Anda login dulu, lalu pilih tab Template lalu klik Sesuaikan. 


  • Saat dihalaman perancangan, pertama-tama klik bagian Tata Letak. Akan muncul beberapa pilihan kolom yang disediakan oleh blogspot, pilih salah satu yang menurut Anda sesuai, disebelah kanannya pun terdapat pilihan untuk jenis footer atau kaki-kaki blog. Silahkan dipilih dan lihat previewnya dibawah. 


  • Jika telah menemukan tampilan yang sesuai, selanjutnya klik tab Sesuaikan Lebar. Karena melakukan perubahan jumlah kolom, kemungkinan besar, lebar blog tidak lagi sesuai dengan yang pertama. Misal Anda menggunakan tiga kolom seperti blog ini, maka tampilannya tanpa merubah lebar akan amburadul, karena lebar sidebar kiri dan kanan akan sama, yakni 180px, olehnya itu perlu dilakukan perubahan. Silahkan dipilih seusia dengan kebutuhan, lebar blog secara keseluruhan juga bisa dirubah sesuai dengan proporsi tampilan. 


  • Jika semua telah diatur dengan baik, silahkan klik tombol Terapkan ke blog yang terletak di pojok kanan atas. 

Dengan merubah tampilan blog menjadi tiga kolom, akan memberi kita space lebih untuk menambahkan widget atau bahkan script iklan suatu waktu. Namun harus diingat, janganlah terlalu sering melakukan perubahan, apalagi jika yang Anda rubah adalah tamplate secara keseluruhan (file xml).

Baca juga Cara Menghilangkan Navbar dan Elemennya Pada Blogger

Dengan sering mengganti tamplate, perubahan pada search engine juga terasa. Jadi jika ingin melakukan perubahan (mengganti seluruhnya) pikir-pikir dululah. Namun jika memang sudah mendesak, tak apa juga.

Satu lagi yang harus diingat. Bagian perancangan blogspot diatas, tidak akan bisa digunakan secara maksimal jika Anda menggunakan template dari pihak ketiga. Bagian ini hanya khusus untuk template bawaan blogger agar bisa dimaksimalkan sesuai dengan keinginan. Semoga bermanfaat.