Fungsi dan Cara Aktifkan PingShot di FeedBurner

Setelah kita mengetahui Apa Itu FeedBurner dan Bagaimana Membuatnya?, selanjutnya adalah melakukan optimalisasi. Namun sebelum kita mempelajari cara optimalisasi di FeedBurner, alangkah baiknya mengetahui terlebih dahulu, apa saja menu piihan di FeedBurner.

Saat Anda login ke akun FeedBurner dan mengklik username blog yang telah Anda daftarkan, akan ada menu pilihan seperti ini, Analyze, Optimize, Publicaze dan Troubelshootize. Gambarnya seperti berikut ini.


Analyze atau analisa menyediakan analisis lalu lintas pengunjung situs dan sistem periklanan yang telah Anda gunakan. Optimize berisi tentang pengaturan layanan, Publicaze, menyediakan banyak layanan gratis dari FeedBurner serta yang terakhir Troubelshootize berisi tentang pemecahan masalah yang dihadapi.

Karena judul artikel ini membahas Fungsi dan Cara Aktifkan PingShot di FeedBurner, olehnya itu kita akan membahas bagian Publicaze.

Banyak blogger yang telah mengaktifkan layanan FeedBurner untuk blognya menyepelekan layanan ini. Kebanyakan akan terpaku untuk membuat Email Subscribe terlebih dahulu. Padahal langkah pertama yang harusnya dilakukan adalah mengaktifkan PingShot.

Apa itu PingShot?  

Sebelum menjawab apa itu PingShot, bloGoooblok ~ ingin bertanya. Apakah Anda tahu atau pernah dengar istilah Ping Blog? Ya, PingShot pada FeedBurner adalah layanan Ping Blog gratis yang disediakan FeedBurner.

Di internet ada banyak sekali layanan ping blog gratis, bahkan ada beberapa blogger yang akan melakukan ping blog setiap kali selesai update blog. Ada juga yang akan memasang widget khusus di blog agar mudah melakukan ping.

Fungsi dari Ping itu sendiri adalah untuk memberikan informasi kepada search engine bahwa kita baru saja  meng-update atau melakukan perubahan terhadap blog kita, agar  perubahan atau artikel-artikel yang baru saja dilakukan dan  dipublikasikan dapat segera dideteksi atau terindex oleh search engine.

Ini sebenarnya tergolong hal yang wajib bagi seorang blogger. Namun karena tidak ingin kerepotan, harus melakukan ping setiap saat, sebaiknya mengaktifkan layanan ini di FeedBurner.

Baca juga Cara Share Postingan Otomatis Kebanyak Sosial Media

Cara Aktifkan PingShot di FeedBurner

Seperti yang telah disinggung diatas, menu Publicaze menyediakan banyak layanan gratis yang bisa digunakan untuk blog kita. Untuk mengaktifkan PingShot pun pertama-tama pililah menu Publicaze.

Setelah muncul jendela Publicaze, dibagian kiri banyak lagi menu pilihan, pilihlah PingShot. Lalu klik Active dan setelah akan muncul pesan Notify interested services when my feed changes. Itu artinya PingShot Anda telah aktif.


Sekarang, setiap kali Anda memposting sesuatu di blog akan langsung dikirim oleh FeedBurner ke search enggine, utamanya google sebagai pemilik mutlak FeedBurner. Dengan begitu, postingan yang baru beberapa saat lalu dibuat, akan sesegera mungkin muncul dipencarian google.

Langkah diatas, kelihatannya mudah, namun banyak disepelekan oleh blogger, padahal telah menggunakan layanan FeedBurner. Jika memiliki pertanyaan atau tanggapan atas artikel ini, silahkan meninggalkan komentar, dan jika ingin mendapatkan artikel gratis dan bermanfaat lainnya silahkan berlanggan dengan menggunakan layanan FeedBurner. (lihat sidebar bloGoooblok ~)