Menggunakan Bing Webmaster Untuk Naikan Trafik Blog

Search Engine di internet bukan hanya Google, ada Yahoo dan Bing yang sama-sama berada dibawah naungan Microsoft. Kedua Search Engine ini juga memiliki peminat yang besar, jika Google berada diperingat pertama maka Yahoo dan Bing di dua dan tiga sebagai raksasa mesin pencari.

Olehnya itu, sebagai pengguna blog atau website, kita juga disarankan menggunakan Bing dan Yahoo sebagai sumber lalu lintas trafik. Jika sebelumnya kita telah membahas Cara Menggunakan Webmaster Tools dan Cara Mendaftarkan Blog ke Google, kali ini kita akan gunakan Bing dan Yahoo.

Apa Itu Bing?

Sebelum lebih jauh membahas cara mengoptimalkan Bing sebagai sumber trafik, kita jelaskan dulu tentang apa itu Bing?.

Bing adalah bentuk renkarnasi dari Live Search, Windows Live Search dan atau MSN Search yang dimiliki Microsoft. Bing merupakan situs mesin pencari web yang diiklankan sebagai "mesin pengambil keputusan/decision engine". Keakuratan Bing dalam mengekstrak keyword telah banyak disanjung penggiat teknologi.

Walau punya keutamaan yang tinggi, Search Engine yang pertama kali diluncurkan 2009 ini belum mampu menyaingi kepopuleran Google. Namun begitu, peminatnya dari waktu ke waktu terus meningkat, bahkan telah menyalip Yahoo yang juga dibawah naungan Microsoft. Kini pengguna lebih sering menyandingkan Google dengan Bing, dibanding Yahoo.

Menggunakan Bing Webmaster Untuk Naikan Trafik Blog  

Sebagai mesin pencari, Bing sama halnya dengan Google, juga memiliki Webmaster Tools. Untuk menggunakannya pun kita harus pula memiliki akun. Langkah pertama untuk mengoptimalkan webmaster tools dari Bing adalah memiliki akun.

  • Membuat Akun Microsoft

Akun yang dimaksud tentu saja email. Jika Google punya Gmail, maka Bing punya Outlook. Namun akun di Bing posisinya sama atau sering juga disebut akun Microsoft. Berikut cara membuatnya :

    • Untuk memiliki email Outlook, kunjungi situsnya outlook.com atau kunjungi Bing.com dan klik outlook.com dibagian atas. 
    • Klik Sing Up Now dibagian bawah. 


    • Isi semua data yang diperlukan, hingga selesai. 


  • Submit Sitemap Blog ke Bing Webmaster Tools

Jika telah memiliki akun outlook, selanjutnya mengoptimalkan Bing sebagai mesin pencari untuk meningkatkan trafik ke blog kita. Caranya yakni dengan Mengsubmit Sitemap Blog ke Bing Webmaster Tools. Cara ini sebenarnya hampir sama dengan Cara Submit Banyak Sitemap Sekaligus ke Google Webmaster Tools yang telah kita bahas sebelumnya.

Untuk Submit Sitemap Blog ke Bing Webmaster Tools, berikut cara-caranya :

    • Kunjungi Bing Webmaster Tools, klik disini
    • Login dengan menggunakan akun yang telah kita buat sebelumnya. 
    • Pada tampilan selanjutnya, klik Add a Site dan masukkan URL blog Anda dan sitemapnya. Pada kolom add a sitemap, tambahkan sitemap.xml diakhir URL blog Anda, lalu klik Add. 
    • Akan muncul halaman verifikasi. Bing memberikan tiga opsi, pilih yang kedua. Copy meta tag yang diberikan kedalam blog Anda, taruh pas dibawah kode <head>. Jika selesai, kembali lagi ke dashboard Bing dan klik Verify dibagian bawah. 
    • Kini sitemap Anda telah terdaftar ke Bing, namun masih membutuhkan waktu agar semuanya bisa di crawl. Jika Google membutuhkan waktu kurang lebih enam jam, Bing waktunya jauh lebih singkat, untuk artikel dibawah 500 hanya membutuhkan waktu kurang lebih satu jam. Silahkan mencoba

Kini Anda sisa melakukan update blog dan sewaktu-waktu kembali lagi untuk mengecek hasil di Bing Webmaster Tools. Sama halnya dengan Google, jika punya artikel lebih dari 500, gunakan metode berbeda. Lihat cara dan kodenya dipostingan ini Submit Banyak Sitemap Sekaligus ke Google Webmaster Tools.