Submit Banyak Sitemap Sekaligus ke Google Webmaster Tools

Keampuhan google mendatangkan trafik ke blog kita tak perlu diragukan lagi. Search enggine nomor wahid di dunia dan Indonesia ini punya banyak penggemar, saking banyaknya penggemar, persaingan untuk tampil dihalaman pertama hasil pencarian juga sangat susah.

Namun google memberikan kita wadah untuk bersaing merebut perhatiannya dengan sehat (walau ada beberapa blogger menggunakan cara-cara keji agar dicintai oleh google, hati-hati saja). Salah satu wadahnya adalah optimalisasi Google Webmaster Tools.

Bagi Anda yang belum mengetahui layanan gratis dari google ini, silahkan membaca Cara Menggunakan Webmaster Tools dan Cara Mendaftarkan Blog ke Google. Anda harus mengikuti langkah itu terlebih dahulu jika ingin mengikuti pembahasan kali ini, Submit Banyak Sitemap Sekaligus ke Google Webmaster Tools.

Apa itu Sitemap? 

Sebelum kita melangkah masuk ke pembahasan cara submit atau mengirim sitemap ke Google Webmaster Tools. Pertanyaan yang banyak ditanyakan oleh blogger pemula harus kita jawab dulu, yakni apa itu sitemap?

Sitemap adalah daftar URL sebuah situs beserta metadata-nya. Ibarat rumah, sitemap adalah daftar penghuni rumah, jika nantinya ada pembagian sembako, dengan mengetahui jumlah penghuni rumah maka akan mudah memetakan pembagian secara adil.

Begitu juga sitemap. Dengan memberitahukan isi sitemap ke Google, akan dengan mudah google melakukan crawl atau perayapan ke blog kita. Namun harus dipahami, sitemap yang kita bicarakan kali ini bukan sitemap/daftar isi yang biasa kita buat dan pasang sebagai widget di blog, namun sitemap blog yang berupa file XML.

Baca juga Cara Mudah Membuat Sitemap di Blogger

Sitemap berupa file XML mengandung metadata yang  memberikan ijin kepada google merayapinya hingga postingan terbaru.

Web crawler akan menemukan halaman sebuah situs dari link-link di dalamnya bahkan dari situs yang lain. Sitemap menyediakan data-data link itu dan mengijinkan crawler yang mensupport Sitemap untuk menjelajah semua URL yang ada di dalamnya, lalu menganalisa masing- masing URL tersebut dengan menggunakan metadata yang menyertainya.

Karena keutamaannya itu, makanya penting situs atau blog kita didaftarkan ke Google Webmaster Tools agar cepat terindex google, dan tentu ini adalah Tips SEO paling murah dan ampuh.

Submit Banyak Sitemap ke Google Webmaster Tools

  • Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah mengunjungi situs Google Webmaster Tools
  • Pilih blog yang ingin Anda optimalisasikan sitemapnya. 
  • Pada dashboard, pilih Crawl lalu klik Sitemaps.
  • Akan muncul tampilan sitemaps. Dipojok kanan atas klik kotak berwarna merah dengan tulisan Add/Test Sitemap. 
  • Setelah itu isikan kode-kode dibawah ini lalu klik Submit Sitemap (Anda juga bisa mengetesnya terlebih dahulu).  
    • feeds/posts/default?orderby=updated
    • sitemap.xml
  • Jika Anda berhasil mengirimnya, google akan menunda sementara waktu pengindex-an. Waktunya kurang lebih 24 jam sejak disubmit. Namun dari pengalaman penulis, jika jumlah artikel kurang dari seratus, waktu yang dibutuhkan paling lama hanya enam jam. 

Selain dua kode diatas, Anda juga bisa menggunakan kode dibawah ini :

  • Jika postingan blog Anda masih kurang dari 500 namun jumlahnya sudah ratusan, bisa menggunakan kode ini atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=500
  • Jika postingan blog Anda lebih dari 500 dan dibawah 1000, masukkan kode ini satu persatu atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=500 dan atom.xml?redirect=false&start-index=501&max-results=500
  • Jika postingan Anda lebih dari 1000, gunakan metode diatas untuk setiap kelipatan 500 artikel. 

Dengan menetapkan metode diatas, kini blog Anda akan jauh lebih SEO Frendly. Tugas Anda sekarang adalah meningkatkan jumlah postingan, dengan begitu google akan lebih sering melakukan crawl, dan jika jumlah crawl semakin banyak, keyword yang menuju situs Anda akan lebih banyak, ini berarti peluang mendatangkan pengunjung juga akan lebih besar.