Apa Itu Alexa Internet dan Manfaatnya Buat Blog?

Bagi sebagian besar blogger mungkin sudah tidak asing lagi dengan kata Alexa. Namun tidak sedikit pula yang kurang paham apa itu Alexa dan manfaatnya buat blog.


Dikutip dari laman Wikipedia, Alexa Internet, Inc adalah sebuah anak perusahaan dari Amazon.com yang berbasis di California, dan menyediakan data komersial terkait traffic web.

Kata-kata traffic web itu menyimpulkan fungsi utama dari Alexa. Dia menyediakan fasilitas informasi tentang rangking/peringkat suatu situs, yang didasarkan pada jumlah trafik atau pengunjung yang masuk ke situs tersebut

(Baca: Cara Mudah Membuat & Memasang Meta Tag Di Blogger)

Jadi pada dasarnya, rangking Alexa sangat penting adanya bagi seorang blogger. Karena dengan begitu, kita bisa mengetahui seberapa populer blog atau web kita di internet. Apakah banyak yang mengunjungi atau tidak ada sama sekali?.

Tapi soal penting atau tidak ini, kembali pada motivasi kita membuat blog. Jika ingin memonetize blog, peringkat Alexa ini penting, tapi jika hanya ingin bersenang-senang dengan membuat catatan harian, Alexa bukanlah hal yang utama.

Lalu peringkat seperti apa yang dikatakan bagus oleh Alexa?

Seperti halnya perengkingan di kelas saat sekolah, seperti itulah Alexa bekerja. Semakin kecil rengkin Alexa maka semakin bagus. Sebagai contoh, bloGoooblok ~ saat tulisan ini dibuat (Senin 19/1/2015) posisi Alexa-nya lumayan ramping.

Untuk rangkin global, bloGoooblok ~ menduduki peringkat 412,920 dan untuk di Indonesia peringkat 10,299. Tentu posisi ini masih sangat besar untuk dikatakan ramping, namun sudah jauh lebih lumayan dibandingkan awal-awal membuat blog.


Selain mengetahui kedudukan blog atau web kita dimata nitizen, Alexa juga menyajikan banyak informasi pendukung untuk meningkatkan trafik.

(Baca: Cara Menggunakan Webmaster Tools)

Ada informasi tentang berapa lama seseorang saat berkunjung ke blog kita hingga kata kunci apa saja yang diketikan nitizen di Google untuk menemukan URL kita. Jumlah link yang bertautan dengan blog juga dijabarkan.

Hanya saja, jika menggunakan secara gratis informasi ini terbatas, untuk mengetahuinya lebih jauh silahkan menggunakan layanan berbayar.

Seberapa akurat perangkingan Alexa?

Untuk pertanyaan diatas saya tidak bisa pastikan 100% data Alexa itu benar. Namun sejauh ini, satu-satunya perangkingan internet yang kredibel adalah Alexa.

Hal ini mengacu fakta yang ada. Pada tahun 2014 kemarin, Alexa menyediakan data traffic, ranking situs web secara global maupun dalam satu negara tertentu, dan berbagai informasi lainnya pada lebih dari 30 juta situs web yang terdaftar.

Situs web Alexa pun dikunjungi oleh lebih dari 8,8 juta orang setiap bulannya.

Perusahaan ini juga menyediakan toolbar yang bisa dipasang di browser.  Toolbar ini telah terpasang di banyak komputer yang menjadi alat ukur Alexa dalam mengidentifikasi piranti mana saja yang mengakses website apa saja. Itulah yang membuat data Alexa terpercaya.

Hebat bukan!

Jadi jika belum mengecek rangking blog Anda, cobalah sekali-kali melakukannya. Kunjungi lamannya di www.alexa.com. Selamat mencoba!