Apa Itu Google AdWords?

Tuhan selalu menciptakan sesuatu dengan berpasangan. Begitu pula dengan Google. Setelah sebelumnya kita mengenal Google AdSense (Baca: Apa Itu Google AdSense), saatnya kita mengenal pasangan hidupnya yakni Google AdWords.


Jika Google AdSense berguna untuk menampilkan iklan dan setiap penerbitnya akan mendapatkan penghasilan, AdWords juga sama. Tetap akan berkaitan dengan iklan, namun iklan yang kita buat sendiri. Itu berarti kita sebagai pengiklan di Google dan akan membayarnya.

Penjelasan lengkapnya seperti dikutip dari Wikipedia yakni Google AdWords adalah sebuah produk periklanan yang dibuat oleh Google yang sampai saat ini masih menjadi sumber pemasukan utama Google di bidang periklanan.

Google AdWords adalah sebuah strategi pemasaran periklanan baru yang menggunakan mesin pencarian Google sebagai saran beriklan, biasa disebut juga sebagai Search Engine Marketing atau pemasaran berbasis mesin pencari.

Siapa sih yang dasawarsa ini tidak mengenal Google. Raksasa mesin pencari ini telah banyak menorehkan prestasi dibidang teknologi. Salah satu sumber penghasilannya yah AdWords. Mereka menjual space untuk iklan disetiap kata atau keywords yang diketikan dimesin pencari.

Contohnya seperti gambar dibawah ini. Dengan keywords 'Bisnis' Google akan menampilkan hasil pencarian antara yang berbayar dan tidak. Yang berada dalam kotak merah itulah iklan yang ditampilkan melalui perantara AdWords.


Iklan AdWords jugalah yang menjadi ujung tumbak kehidupan Google AdSense. Selain tampil di mesin pencari secara gratis, iklan yang dipasang juga akan tampil di blog atau website yang disetujui oleh Google.

Jika sering membuka situs berita akan nampak kemunculan ilkan tersebut. Seperti pada laman Tempo.co berikut ini. Gambar yang dalam kotak merah itulah kemunculan iklan dari AdWords.


Jika Anda seorang pebisnis. Menggunakan jasa AdWords adalah salah satu langkah jitu untuk menjual produk. Seperti halnya beriklan di koran atau televisi, semua butuh pengorbanan, khususnya dana. Namun jangan khawatir, karena AdWords hanya akan dibayar kala iklan itu diklik oleh pengguna.

Mudah bukan!

Jika Anda memang serius menggunakan AdWords maka bersiaplah pula dengan kemungkinan banjir pengunjung. Untuk cara pendaftaran dan penggunaannya, nanti akan kita bahas terpisah yah... :) Happy Blogging!