Cara Cek Blog atau Website di Google Search

Tips ini sebenarnya sudah banyak yang tahu. Namun tak dipungkiri, banyak juga yang menyepelekan hal ini. Padahal satu blog atau website sangat penting untuk mengetahui posisinya di search engine seperti Google.

Banyak blogger yang memilih mengecek blognya di situs analisis konten, tanpa menyadari bahwa Google pun sebenarnya menyediakan fasilitas untuk itu. Tips yang akan kita bahas ini sebenarnya adalah cara lama namun masih relevan hingga kini.

(Baca: Cara Mendaftarkan Blog ke Google)

Cara mengecek satu blog atau website pun sangat mudah. Tinggal buka halaman Google dan ketik kata info:namablog (silahkan ganti namablog dengan url blog Anda) maka hasilnya akan seperti gambar berikut;


(Baca: Cara Membuat Sitelinks di Hasil Pencarian Google)

Pada hasil pencarian diatas, terdapat lima opsi yang dihasilkan. Kelima opsi ini memiliki fungsi dan informasi yang berbeda-beda. Silahkan cari tahu masing-masing. Namun secara garis besarnya, kelima opsi itu mencakup;

  • Show Google Cache, adalah halaman blog yang disimpan oleh google dari update terakhir ketika robot google (merayapi) blog atau website. Anda juga bisa juga mengecek cache atau tembolok blog Anda dengan mengetikkan cache:namablog
  • Find Similar, menyediakan informasi tentang semua website atau blog yang ada di dunia yang mirip dengan blog yang kita miliki. Mirip yang dimaksud bisa juga mirip dari segi nama-domain, dan juga dari segi konten atau artikel. Anda juga bisa mengetahui siapa saja yang telah mengcopy paste blog Anda. Hebat bukan!
  • Find Link To menyediakan informasi tentang jumlah link blog Anda yang ada di website atau blog lain. Link disinilah adalah link yang berkualitas, bahkan melebihi kualitas dari link edu gov ac.id dll. Jumlah link yang muncul akan menentukan seberapa besar kekuatan sebuah website atau blog di Google Search Engine. Anda juga bisa cek langsung jumlah link dengan mengetik link:namablog. Silahkan coba!
  • From The Site merupakan cara untuk mengetahui archive postingan kita di blog. Semua postingan dari blog atau website dan yang bukan postingan akan terlihat disini. Bahkan halaman mandiri maupun halaman kategori juga akan kelihatan. Anda bisa mengetikkan secara manual informasi ini dengan mengetik site:namablog.
  • Find Contain. Ini adalah informasi tentang berapa banyak nama domain blog atau website ditulis (dipostingkan) oleh blog kita sendiri maupun blog lain. Anda bisa mengetikkan langsaung "namablog" di search google dengan tanda kutip dua. 


(Baca: Cara Merubah Susunan Title Postingan di Google)

Sebenarnya, Google masih menyimpan banyak rahasia yang baik untuk kita semua. Hanya saja, banyak blogger memilih untuk tidak mau tahu fasilitas yang disediakan Google.

Informasi yang disediakan diatas sangat penting bagi blogger untuk mengoptimalkan SEO. Tapi apapun teknik yang Anda gunakan, usahakan jangan menyalahi aturan Google. Cobalah bersaing dengan sehat dan berbobot, Google lebih menyukai itu.