Cara Membuat Blog Gratis di WordPress

Era media sosial saat ini tidak terlepas pula dari kebiasaan nitizen melakukan blogging. Indonesia sendiri, baru diterjang badai blog dalam satu dekade terakhir dan tiap tahunnya menunjukkan peningkatan. Banyak alasan yang memotivasi orang-orang menggeluti dunia blog.

Ada yang hanya sekedar coba-coba, sebagai sarana mengasah kemampuan diri dalam menulis hingga yang benar-benar serius dengan menjadikan blog sebagai ladang mencari uang. Sudah banyak buktinya, namun tidak  semudah yang dijanjikan. Semuanya perlu usaha.

(Baca: Apa Itu Google AdSense?)

Terlepas dari apa motivasi kita membuat blog, pengetahuan awal tentu harus dimiliki. Di dunia blog sendiri, ada banyak pilihan layanan gratis yang tersedia, mulai dari Blogger, WordPress, Tumblr, Weebly, Webs, Jigsy dan masih banyak lagi.

bloGoooblok ~ sendiri menggunakan layanan Blogger. (Baca: Cara Membuat Blog Blogspot Dari Awal). Namun kali ini kita akan mencoba membuat blog dari layanan WordPress. WordPress pada dasarnya adalah penyedia weblog yang berbayar, namun juga punya layanan gratis, dan itulah yang akan kita bahas.

Pembahasan ini, bagi mereka yang telah mahir tentu tidak berguna, tapi bagi yang baru berkecimpung di dunia blog tentu akan menjadi satu pertimbangan tersendiri.

Banyak nitizen memilih WordPress Script untuk digunakan karena bisa menggunakannya untuk domain dengan hosting sendiri ataupun digunakan secara gratisan serta pilihan aplikasinya yang beragam.

Lalu bagaimana membuatnya?
  • Langkah pertama adalah membuka situs WordPress, klik atau buka URL ini di browser Anda http://id.wordpress.com 
  • Setelah halaman WordPress terbuka silahkan klik tombol “Buat Situs Web”.
  • Akan muncul halaman baru. Pada halaman ini, Anda akan diminta mengisi kolom-kolom, seperti alamat surel atau email Anda, nama pengguna (untuk login), password atau kata sandi dan alamat blog yang diinginkan.
  • Jika telah tercentang seluruhnya dibagian bawah URL akan nampak pilihan layanan berbayar, klik saja tulisan "Tidak, terima kasih! Saya akan menggunakan alamat yang gratis"
  • Lalu kursor laman ke halaman paling bawah dan klik Buat Blog dikolom gratis. 
  • Pada tahap ini blog Anda telah jadi, namun harus mengikuti beberapa langkah untuk pengaturan. 
  • Langkah 1 adalah mengatur blog Anda. Silahkan membuat judul blog, slogam dan bahasa yang ingin digunakan. Lalu lanjutkan ketahap selanjutnya. 
  • Langkah 2 untuk memilih Tema. Pilih salah satu yang gratis saja lalu klik Langkah Selanjutnya. 
  • Langkah 3 adalah penaturan tema, disini bisa mulai merubah tampilan blog mulai dari gambar header hingga jenis tulisan. Jika selesai, lanjut ke tahap selanjutnya. 
  • Langkah 4 adalah opsi untuk mengaitkan blog dengan jejaring sosial seperti Twitter dan Facebook. Jika berkenang, silahkan klik masing-masing, jika tidak lanjut ke tahap selanjutnya.
  • Tahap terakhir adalah melakukan verifikasi. WordPress telah mengirim email verifikasi ke email yang digunakan. Klik dan Anda akan bebas menggunakan blog gratis WorpPress selamanya. 

Mudah Bukan!

Catatan Penting:
  • Untuk masuk ke dashboard blog WordPress Anda, tuliskan alamat blog Anda di browser dengan menambahkan /wp-admin. Contoh esaymu.wordpress.com/wp-admin, lalu masukkan email/username dan password Anda. eMail/Username dan password ini telah Anda buat dari awal ketika membuat blog di WordPress. Atau cara mudahnya dengan mengunjungi laman id.wordpress.com lalu log masuk. 
  • Simpan username dan password Anda dengan baik, sehingga mudah digunakan ketika Anda ingin login ke blog Anda.

Jika masih belum begitu mengerti tentang blog, ada baiknya membaca juga tulisan ini "Apa Itu Blog?" dan apa "Pentinganya Menjaga Postingan Blog dengan Lisensi". Semoga bermanfaat.