Cara Menghilangkan dan Menghapus Tanda Quick Edit

Quick Edit yang berupa simbol obeng dan tang kadang tidak enak dipandang mata. Simbol yang muncul di tampilan blog saat kita sedang mengaktifkan dasbor tersebut sebenarnya punya banyak fungsi.

Salah satunya yakni cara cepat untuk mengedit sesuatu di blog. Hanya saja, tidak semua blogger mau menggunakannya. Maka dari itu, tidak sedikit yang malah ingin menghilangkannya atau bahkan menghapusnya sama sekali.

(Baca: Cara Menghilangkan Tulisan Subscribe to: Post (Atom))

Untuk simbol quick edit ini, ada dua pilihan yang bisa kita tempuh. Hanya menghilangkannya saja atau sekalian menghapusnya.

Untuk menghilangkannya saja sebenarnya hanya menyembunyikan gambar obeng dan tang tersebut. Pada dasarnya, icon tersebut tidak benar-benar hilang dan pada perayapan SEO, icon ini tetap terbaca sebagai gambar yang tidak mempunyai title dan deskripsi.

Sementara jika menghapusnya, benar-benar menghapus seluruh icon secara permanen baik title dan deskripsinya.

(Baca: Cara Mengganti Logo Blogger (Favicon))

1. Menghilangkan Icon Obeng dan Tang

Untuk menghilangkan icon quick edit caranya sangat mudah. Bahkan tidak perlu mengutak atik HTML. Cukup masuk ke pengaturan antar muka, dengan mengklik Template~>Sesuaikan~>Tingkat Lanjut~> Tambahkan CSS.


Pada kotak yang ada, kemudian copy skrip berikut lalu paste. Setelah itu, klik Terapkan ke Blog. Maka hasilnya, gambar obeng dan tang yang semula menganggu akan hilang.

.quickedit { display:none; }

2. Menghapus Icon Obeng dan Tang

Jika cara menghilangkan icon quick edit diatas sangat mudah dan tanpa berinteraksi langsung dengan script HTML, untuk menghapusnya harus demikian. Caranya hampir sama, masuk ke Template~> Edit HTML dan cari kode berikut dengan menekan tombol ctrl+f;

<b:include name='quickedit'/>


Ada banyak kode yang akan Anda temukan. Karena memang ada banyak icon quick edit di blog. Cari satu persatu dan ubah tulisannya menjadi;

<!--b:include name='quickedit'/-->


Jika telah merubah semuanya, silahkan simpan. Atau Anda juga bisa menghapus sama sekali script diatas. Tapi saran saya, ada baiknya Anda hanya menonaktifkan saja, karena suatu saat bisa jadi icon ini kita butuhkan kembali.

(Baca: Cara Menghilangkan Border atau Bingkai Gambar di Blog)

Dari dua cara di atas, silahkan pilih mana yang Anda ingin gunakan. Tidak ada yang sulit jika kita ingin mempelajarinya. :D