Cara Mudah Mengganti Tampilan Blogspot

Banyak blogger yang tidak mau susah payah mendesain atau mengutak atik tampilan blognya. Apalagi template bawaan blogspot bagi sebagian orang tidak menarik sehingga cenderung mengambil template jadi yang telah dimodifikasi oleh webmaster lain.

Padahal template bawaan blogspot saat dimodifikasi juga bisa tampil menarik, seperti blog ini. hehe

Hanya saja, tidak semua juga paham bagaimana mengganti tampilan tersebut sesuai dengan keinginan. Maka dari itu dalam postingan ini, kita akan membahas bagaimana mengganti tampilan blogspot dengan template jadi milik orang lain.

Sebelum benar-benar mengganti tampilan, ada baiknya Anda membackup dulu tulisan dan template yang digunakan saat ini. Bukan tidak mungkin, saat merubahnya terjadi error sehingga bisa dengan mudah dikembalikan ke posisi semula.

Untuk backup postingan silahkan baca; Cara Backup Postingan dengan Utuh di Blogspot dan untuk tampilan, silahkan baca; Cara Backup Template Blogspot.

Cara Mudah Mengganti Tampilan Blogspot

  • Pertama-tama yang harus dilakukan adalah mendownload template yang akan digunakan. Di luar sana ada banyak pilihan, saya tidak menyarankan situs mana pun, silahkan cari melalui mesin pencari Google. Usahakan file sudah dalam bentuk XML.
  • Setelah memilih template yang clean, fast loading dan SEO Friendly. Ada baiknya Anda mengenali dulu template yang akan digunakan, baca review templatenya kalau ada dan sebisa mungkin Test ke-SEO-an demo templatenya di Chkme serta test loadingnya di GTMetrix.
  • Jika semua telah sesuai, selanjutnya login ke blogspot Anda. Pada contoh kali ini, bloGoooblok ~ mencobanya disalah satu blog tentang film dengan template magazine.
  • Klik Template atau Tampilan pada Dashboard
  • Klik menu Backup/Restore (Cadangkan/Pulihkan) di bagian kanan atas Dashboard Blog.
  • Klik Choose File / Pilih File. Klik file ekstensi XML yang sudah didownload/diekstrak.
  • Klik Upload (Unggah) dan tunggu hingga selesai.

Gimana, mudah bukan!

Kelihatannya sih mudah. Namun hampir semua template jadi membawa pengaturan bawaan yang selanjutnya harus diubah. Olehnya itu, harus dilakukan lagi beberapa tahap berikut ini;

  • Jika di template baru Anda ada logo gambar silahkan menggantinya dengan logo versi Anda di menu Lay Out (Tata Letak) > Header. Kadang-kadang ada template yang logonya di dalam (kode HTML), cari file tersebut dan ganti dengan URL logo Anda. (Baca: Cara Mengganti Logo Blogger (Favicon)).
  • Ganti nama-nama menu dan link-nya dengan menu yang Anda inginkan. Caranya, klik Template > Edit HTML > cari menu tersebut (CTRL+F) dan Ganti/Ubah. (Baca: Cara Mudah Menampilkan Tulisan Terbaru di Blogger).
  • Kadang-kadang ada template yang menu HOME-nya menggunakan link desainer template. Cek menu dan link home di dalam template. Jika linknya seperti ini, <a href='/'>HOME</a>, tidak usah diubah, sudah benar. (Baca: Cara Menampilkan Home/Beranda Pada Blogspot)
  • Anda bisa mengganti warna huruf dan warna lainnya dengan mengganti kode warna yang ada.
  • Cek link RSS Feed/Subscribe, apakah masih kosong atau menggunakan FeedBurner ID yang lain. Ganti dengan FeedBurner ID Anda. (Baca: Apa Itu FeedBurner dan Bagaimana Membuatnya?)
  • Cek juga link SEARCH (jika ada). Arahkan link searchnya ke blog Anda (jika ada nama blog lain, ganti dengan nama blog Anda). Misalnya, ada kode begini: <form id="searchform" action="http://blogoooblok.blogspot.com/search".../>, maka tulisan merah itu silahkan diganti dengan nama blog Anda. (Baca: Cara Membuat dan Memasang Google Custom Search Engine
  • Cek link footer bagian "Copyright (c) Tahun NAMA BLOG. All right reserved", apakah sudah mengarah ke nama blog Anda atau ke nama blog lain. Jika yang muncul nama blog lain, misalnya nama template, ganti dengan nama blog Anda. Umumnya sih sudah mengarah ke nama blog Anda. Tapi ada juga yang menggunakan nama template. Harus diperhatikan ada beberapa penyedia template yang keberatan link footer ini diubah, jika demikian biarkan saja. (Baca: Cara Menambah Link di Footer/Atribusi Blogger)

Disatu sisi, merubah tampilan blog dengan template jadi milik orang lain adalah langkah mudah, namun ada baiknya sebagai blogger harusnya menggunakan blog dengan tampilan hasil kerja tangan sendiri. Selain sesuai dengan keinginan, kita juga bisa lebih pintar.

Iya tidak?