Mengaitkan Adsense dengan Google Custom Search di Blog

Ada banyak cara untuk mengoptimalkan penghasilan dari Google Adsense. Salah satunya yang akan kita ulas dalam tutorial kali ini. Iklan Adsense tidak hanya akan muncul di sidebar blog, tapi juga akan muncul di hasil pencarian blog.

Jika Anda belum mengerti apa itu form pencarian kustom (Custom Search), ada baiknya membaca artikel ini dulu: Cara Membuat dan Memasang Google Custom Search Engine. Pada artikel ini, semuanya dibahas hingga cara memasangnya di blog. Begitu pula perbedaanya dengan widget bawaan blogger.

Saya anggap Anda sudah paham dan telah memasangnya.

Untuk mengaitkan Adsense dengan Google Custom Search caranya sangat mudah. Pertama-tama kunjungi laman dimana Anda membuat Custom Search atau https://www.google.com/cse/manage/all dan pilih kotak pencarian yang ingin dikaitkan.

Setelah dihalaman pengaturan, klik Make Money dan geser tombol OFF menjadi ON, maka secara otomatis akan mencari akun adsense yang sedang aktif. Harus diingat, akun Adsense Anda sedang aktif saat mengaitkan ke custom search, atau minimal, email adsense Anda yang sedang aktif.

Jika berhasil maka ID partner Adsense Anda akan muncul, itu berarti custom search Anda telah terkait dengan Adsense. Tunggu beberapa saat hingga hasil pencarian Anda benar-benar terkait dengan Adsense.

Dari pengalaman bloGoooblok ~, butuh waktu sekitar dua tiga jam baru custom search benar-benar memunculkan iklan Adsense dihasil pencarian. Contoh penampakannya seperti di bawah ini:

Pada gambar di atas, hasil pencarian yang berwarna cream dan di dalam kotak adalah hasil pencarian dari Google Adsense. Setiap pengunjung yang mengklik hasil pencarian tersebut, akan menambah pundi penghasilan di Adsense. Itu akan terus muncul, jika pengunjung mengetik keyword yang mengandung iklan di custom search.

(Baca: Cara Memasang Iklan Google Adsense di Blogspot)

Mudah bukan! Selamat mencoba...