Mengenal Bagian Pengaturan Postingan pada Blogger

Banyak yang belum paham bagaimana seharusnya melakukan pengaturan untuk postingan dan komentar di Blogger. Padahal dengan melakukan pengaturan tersebut akan dapat membantu Anda untuk mengontrol posting dan komentar jauh lebih baik.

(Baca: Cara Mudah Merubah Permalink Postingan Blogspot)

Tutorial ini akan menjelaskan secara rinci, apa saja yang harus Anda ketahui dan harus melakukan apa di bagian pengaturan Postingan blogspot Anda. Sebenarnya pada bagian ini, Anda akan sekalian mengetahui pengaturan komentar, namun karena terlalu panjang, pembahasan ini saya bagi dua bagian.  

Pertama-tama, untuk mengkonfigurasi pengaturan posting, Anda harus login ke dashboard. Lalu klik Pengaturan dan pilih Pos dan komentar halaman. Halaman pengaturan akan ditampilkan sebagai berikut:


Harus diingat, setiap kali Anda mengubah atau masukan apa pun di halaman ini, Anda harus mengklik Simpan. Tombol ini berada di sudut kanan atas layar dan berwarna orange untuk menerapkan semua perubahan. Hanya admin blog dapat mengakses pengaturan ini.

(Baca: Cara Membuat Kotak Script Dalam Postingan Blog)

Pengaturan Postingan
Tampilkan Sebanyak Mungkin
"Tampilkan Sebanyak Mungkin" adalah pengaturan yang memberi Anda pilihan dalam mengontrol seberapa banyak posting yang akan ditampilkan pada halaman utama (home page blog roll) Anda.


Pengaturan ini akan menentukan jumlah posting yang juga akan tampil di halaman label dan halaman pencarian atau halaman arsip. Anda juga dapat memilih tampilan hari dari daftar drop-down,  jika hari yang dipilih maka batas postingan yang ditampilkan hingga 500.

Jika blog Anda telah memiliki jumlah posting yang lebih dari jumlah yang ditetapkan, maka Blogger akan menampilkan link yang mengarah pada Posts Older atau postingan lam. Jadi pengunjung besar kemungkinan akan menuju halaman berikutnya untuk melihat posting lain.

Templat Entri
"Templat Entri atau Post Template" adalah pilihan yang memungkinkan Anda untuk menginput teks atau kode yang akan muncul di setiap kali Anda membuat posting baru.

Klik Tambahkan link untuk membuka kotak untuk input teks atau kode.


Jika Anda sudah mengimput teks atau kode, namun suatu saat Anda tak ingin lagi menggunakannya. Silahkan mengklik Hapus atau Remove. Dengan begitu, pada saat Anda membuat postingan baru, laman yang tampilkan akan kembali kosong.


Berikut contoh jika menggunakan Templat Entri:


(Baca: Cara Backup Postingan dengan Utuh di Blogspot)

Tampilkan gambar dengan Lightbox
Pilihan ini memungkinkan Anda untuk menampilkan lightbox ketika pengguna mengklik gambar dalam artikel Anda.


Ketika gambar di postingan diklik, maka akan terbuka di hamparan baru. Dan jika posting memiliki beberapa gambar, semuanya akan muncul sebagai thumbnail di sepanjang bagian bawah. Contoh tampilan Lightbox Blogger seperti berikut:


Hanya perlu di ingat, Lightbox tidak akan menampilkan gambar seperti diatas jika template Anda tidak mendukungnya, bahkan jika pilihan di pengaturan Anda sudah menunjukkan kata Ya.

(Baca: Cara Menghilangkan Border atau Bingkai Gambar di Blog)

Happy Blogging...