Mengganti Header Blogspot dengan Logo atau Gambar

Kesan pertama dari sebuah blog tentu adalah bagian kepala atau headernya. Ini menjadi penting karena akan mempengaruhi minat pengunjung untuk lebih betah berlama-lama di sebuah blog.

Sebuah blog yang berisi konten menarik juga sangat ditentukan oleh seberapa terkaitnya header yang kita pakai. Kadang kita tidak menyadari, bahwa header sama sekali tidak menyatu dengan konten blog secara keseluruhan.

Blogspot sebagai manajemen konten terbaik dan gratis memang menyediakan template yang beragam.

Dari sekian banyak template bawaan Blogger, semua memiliki kaidah yang berbeda dalam menerapkan header. Namun semuanya sepakat, selain header dalam bentuk tulisan juga bisa dirubah menjadi logo atau gambar.

Pada postingan terdahulu kita sudah membahas Cara Gampang Merubah Ukuran Header Blogspot. Anda bisa membacanya lalu menempatkan judul blog di tengah-tengah. (Baca: Cara Menempatkan Judul Blog Ditengah-tengah).

Dari dua postingan di atas, semuanya merupakan cara mengelaborasi header dalam bentuk tulisan. Dua postingan itu akan dilengkapi dengan tutorial merubah header blog dengan logo atau gambar yang kita bahas saat ini.

Cara Mengganti Header Blogspot dengan Logo atau Gambar 

Pertama-tama yang akan kita buat adalah menyiapkan logo atau gambar untuk dipasang. Anda bisa membuatnya sendiri dengan menggunakan Photoshop atau Paint yang lebih sederhana. Bisa juga dengan menggunakan layanan gratis di internet untuk membuat logo.

Satu hal yang harus diperhatikan, kualitas gambar atau logo harus baik dan ringan. Usahakan menyimpannya dalam format png.

Setelah merasa sudah pas dengan logo atau gambar yang akan dipasang, selanjutnya masuk ke akun Blogspot Anda. Pilih Tata Letak dan klik Edit pada Header.


Saat terbuka, klik Choose File lalu ambil gambar dari komputer Anda. Setelah terupload jangan lupa untuk mencentang pilihan Tempatkan keterangan setelah gambar.


Jika sudah merasa yakin dengan hasilnya, klik Simpan. Tapi sebelum itu, Anda juga bisa menaruh keterangan di deskripsi blog atau tulisan ini juga tidak akan tanpak di blog.


Harus diperhatikan, tidak semua template bisa menggunakan gambar atau logo. Namun cara diatas hampir bisa diterapkan disemua template bawaan Blogger. Jika pun Anda masih menemui kendala, jangan sungkan untuk mengisi kolom komentar di bawah ini.

Selamat mencoba...!