Bisnis Online Jadi Bisnis Masa Depan di Indonesia!

Kemajuan teknologi makin membuat Indonesia berubah. Perubahan itu pun begitu terasa. Apalagi dengan kemajuan teknologi berupa gadget dan internet. Apa-apa sekarang semuanya dari gadget dan internet. Mulai dari informasi hingga berbelanja.

Jika ragam gadget mulai bermunculan, begitu pula dengan kapasitas internet di Indonesia. Dikutip dari Laporan State of the Internet yang dilansir awal Januari 2015, rata-rata kualitas koneksi internet berbasis fixed broadband di Indonesia melesat cepat.

(Baca: Sudah Tahukah Anda Apa Itu Google Drive?)

Pada kuartal ketiga 2014 kecepatan rata-rata internet di Indonesia mencapai 3,7 Mbps. Angka itu meningkat 149% ketimbang periode yang sama tahun sebelumnya dan 49% lebih baik ketimbang kuartal kedua 2014.

Dalam laporan itu, Indonesia dinilai sudah mendekati China, meninggalkan Vietnam, Filipina, dan India. Namun Korea Selatan yang memiliki kecepatan rata-rata 25,3 Mbps, diikuti oleh Hong Kong dan Jepang.

Dengan kapasitan internet yang semakin tinggi, tentu berdampak pula kepada pengguna yang semakin besar. Masih dari laporan yang sama, hingga kini tercatat ada 35% pengguna yang memiliki sambungan Internet dengan kecepatan lebih dari 3 Mbps.

(Baca: Cara Daftar Google Adsense dari Blogspot)

Sekitar 3,3% memiliki sambungan dengan kecepatan lebih dari 10 Mbps, dan 0,9% yang memiliki koneksi di atas 15 Mbps. Kecepatan internet mobile broadband di Indonesia juga bisa naik lebih pesat lagi jika jaringan 4G LTE kian merata di seluruh wilayah. (Saat ini masih di beberapa kota)

Dengan tinggkat pengguna internet sebanyak itu, tidak salah jika bisnis di dunia maya juga berkembang pesat. Jumlah penduduk Indonesia yang mencapai 240 juta jiwa, bukanlah angka yang sedikit. Ini menjadi peluang besar bagi pebisnis online.

Kemajuan pesat internet di Indonesia menjadi angin segar bagi dunia usaha khususnya mereka para pemodal besar. Lihat saja, bagaimana toko-toko online saat ini merajalela di Indonesia. Namun, tidak sedikit pula para blogger yang hanya menggunakan praltform gratisan menjadi sukses olehnya.

(Baca: Mendapatkan Kupon Iklan Gratis di Google AdWords)

Sebenarnya, peluang menjajal kesuksesan di internet sangat terbuka lebar kepada siapa saja. Tak perduli punya modal besar atau kecil. Hanya saja, seperti berbisnis di dunia nyata, semua harus didasari oleh keuletan dan tekad yang kuat.

Kedepannya, bisnis online akan menjadi bisnis yang diprimadonakan oleh banyak pihak. Jadi jika tidak mempelajarinya saat ini, jangan menyesal jika di masa mendatang Anda tertinggal.