Cara Belajar Bisnis Online yang Baik dan Aman

Banyak orang mengimpikan penghasilan besar dari menjalankan bisnis online. Namun tidak sedikit diantara mereka yang malah merugi dan kena tipu. Bahkan tak jarang pula yang menjalankan bisnis online dengan sangat asal-alasan. Alhasil bisa ditebak, kemunduran dan kekecewaan.

Memulai bisnis online, apapun jenis dan rupanya juga membutuhkan satu perencanaan dan pengerjaan yang matang. Karena pada dasarnya menjalankan bisnis online juga sama dengan menjalankan bisnis real di dunia nyata.

Bergelut dengan bisnis di internet tak ayal juga membutuhkan waktu yang lama. Sebelum memulai bisnis online, harus yakinkan dalam diri bahwa tak ada bisnis yang dibangun dalam semalam langsung menguntungkan esok hari. Ini yang banyak mengganggu pikiran para pebisnis online khususnya pemula.

Para pemula juga tak bisa disalahkan, karena di internet, janji-janji manis seperti ini sangat lasim ditemui. Misalnya jika menggeluti bisnis online pay per clik (PPC) seperti Google Adsense. Sangat banyak artikel yang ditemui memberi janji manis mampu menghasilkan uang ratusan dollar dalam sehari.

Tentu itu bukan hal yang mustahil. Namun sangat mustahil adanya jika penghasilan Google Adsense membengkak diawal-awal. Hal yang paling utama dari menjalankan Google Adsense adalah trafik yang tinggi. Kita harus berkaca pada Hendrik Tio, pendiri sekaligus pemilik Bhineka.com.

Hendrik Tio tidak langsung menghasilkan uang Rp60 miliar dalam setahun dari Bhineka. Ia membangunnya sejak 1999 dan baru satu dekade setelah itu, uang Rp60 miliar pertahun menghampirinya. Hendrik memberi kita gambaran, bahwa keuletan membangun bisnis online tak ayal berbeda dengan membangun bisnis di dunia nyata.

Lalu Bagaimana Cara Belajar Bisnis Online yang Baik dan Aman?

Seperti yang dibahasakan sebelumnya, bahwa membangun bisnis online juga butuh perencanaan yang matang. Setiap jenis bisnis online memiliki cara dan metode yang berbeda. Namun pada dasarnya semua membutuhkan wadah. Wadahnya adalah blog atau website. Terlepas dari gratisan atau bayaran.

(Baca: Begini Cara Aman Mendapatkan Uang dari Internet).

Perlu digaris bawahi bahwa, membangun bisnis online juga tidak 100% gratis. Selalu ada biaya dibalik segala sesuatu. Namun biaya yang ditimbulkan tidaklah sebesar jika membangun bisnis konvensional. Berikut adalah beberapa langkah-langkah yang harusnya dilakukan jika hendak membangun bisnis online.

1. Menentukan Produk
Pertama-tama adalah menentukan apa yang akan Anda jual. Salah satu kelebihan bisnis online adalah apapun bisa diperjual belikan. Bisa jasa dari banyak aspek hingga produk-produk nyata seperti barang-barang dan sebagainya. Ini harus jelas dilakukan sejak awal agar kedepannya bisa terarah dan tidak salah jalan.

2. Membuat Blog atau Website
Selanjutnya adalah membuat wadahnya. Yakni situs baik berupa blog atau website profesional. Silahkan memilihnya, ada banyak pilihan di internet. Setelah dibuat tentu mengisinya dengan konten yang sesuai dengan pilihan.

(Baca: Cara Membuat Blog Gratis di WordPress)

3. Melakukan Promosi
Tahap ketiga yakni melakukan promosi. Promosi ini punya banyak pilihan. Cara paling gampangnya melalui pengiklanan di Google AdWords atau situs-situs serupa. Namun Anda juga tak boleh menyepelekan kekuatan sosial media, semisal Facebook, Twitter dan sebagainya.

Jika Anda tidak punya dana lebih menggunakan layanan pengiklan berbayar, berarti Anda harus memahami cara bersaing dihasil pencarian Google. Ilmu ini disebut SEO (Search engine optimization). Ada banyak cara yang bisa dilakukan salah satunya dengan mengoptimalkan webmaster tools.

(Baca: Cara Menggunakan Webmaster Tools)

4. Membangun Kepercayaan
Apapun jenis bisnis yang Anda jalankan, kepercayaan adalah hal yang utama. Jika Anda membuat toko online, itu artinya kepercayaan menjadi nomor satu. Sekali saja Anda merusak repusati diri, maka kemungkinan besar bisnis Anda juga akan runtuh.

Membangun kepercayaan tidak hanya berlaku bagi bisnis Anda dan pengunjung, tetapi juga berlaku untuk diri pribadi. Anda sudah harus berpikir, bagaimana masa depan dan mengembangkan bisnis online yang sedang Anda kembangkan.

Ini penting karena, kepercayaan diri setiap orang akan menentukan sejauh mana bisnis yang ia bangun akan berlabuh.

(Baca: Bisnis Online Jadi Bisnis Masa Depan di Indonesia)

Masih banyak lagi hal yang harus diperhatikan dalam membangun bisnis online. Namun empat langkah diatas, adalah pondasi utama yang dibutuhkan untuk sebuah bisnis. Mengutip kata-kata Pramudya Anantha Toer, bahwa harapan itu indah. Maka berharaplah bisnis yang akan bangun akan berakhir indah.

Happy Blogging...!