Cara Memilih Bisnis Online Yang Cocok Dijalankan

Ada banyak jenis dan metode menjalankan bisnis online dewasa ini. Namun, dari sekian banyak bisnis yang tersedia, tidak semuanya cocok atau mampu dijalankan setiap individu. Butuh keuletan untuk memilih, bisnis seperti apasih yang cocok untuk dijalankan.

Ada blogger yang bisa menjalankan bisnis online borongan sekaligus, ada pula yang hanya bisa menjalankan satu macam bisnis. Namun apapun jenisnya Anda tentu akan memilih.

Setiap pelaku atau pemula dalam menjalankan bisnis online, akan selalu dihantui pertanyaan, bisnis online seperti apa yang cocok buat dirinya. Untuk jawaban ini tidak akan ada yang tahu selain diri Anda sendiri. Namun hal ini bisa dicari dan diupayakan.

Banyaknya orang-orang yang memulai bisnis baik offline dan online gagal, karena tidak fokus. Bahkan ada beberapa pebisnis pemula yang karena ingin cepat kaya, menjalankan bisnis sekaligus tanpa membangun satu pondasi yang kuat baru melakukan ekspansi. Tentu hal ini tak mau menimpa Anda.

Untuk itu, ada beberapa hal yang harus dilakukan untuk mengetahui bisnis online apa yang cocok buat Anda.

1. Menggali Potensi Diri
Hal paling utama dalam menjalankan bisnis online adalah mengenali diri sendiri. Apa saja potensi yang Anda miliki. Kegemaran hingga kebiasaan Anda sehari-hari. Harus diingat, bahwa bisnis terbaik adalah yang dilakukan karena kesukaan. Sudah banyak bukti orang sukses karena hobby. Ia mampu memaksimalkan potensi diri.

Memulai bisnis online pun juga demikian. Bagaimana Anda mau menjalankan bisnis kalau dalam diri Anda sendiri menolaknya. Misal Anda suka dengan coffe, tapi membuka bisnis bertema teh, dimana Anda sendiri tak menyukai teh. Bisa dibayangkan, bisnis Anda akan belepotan karena didasari oleh ketidak sukaan.

Jadi mulailah mengklasifikasi kesukaan Anda. Ambil buku catatan dan menulisnya satu persatu. Misal Anda menyukai coffe, maka buatlah tema bisnis tentang coffe. Anda bisa membuat website yang mengulas segala hal tentang coffe, mulai dari jenisnya hingga cara membuatnya. Jika Anda benar-benar menyukainya, maka bisnis Anda akan berjalan dengan baik.

Bisnis di dunia maya bisa apa saja. Bahkan kesukaan yang sama sekali tidak familiar sekalipun. Tak perlu khawatir dikucilkan karena tidak memiliki kesukaan yang sama dengan orang lain. Anda harus yakin bahwa kesukaan Anda nantinya akan banyak disukai orang. Jadi, mulailah karena Andalah sang Bosnya!

2. Pelajari Hingga Sedetail Mungkin
Setelah menulis apa yang Anda minati. Langkah selanjutnya adalah menentukan yang paling Anda sukai. Jika telah menemukan kegemaran, maka mulailah mempelajarinya hingga tuntas. Walaupun Anda menyukai sesuatu, belum tentu Anda tahu persis segalanya.

Maka dari itu, sesuatu itu harus Anda pelajari kembali secara menyeluruh. Bergabunglah dengan kelompok atau komunitas yang sama, saling berbagi dan bertukar pikiran. Ada banyak sarana yang bisa digunakan. Dengan kemajuan media sosial saat ini, tentu bukan hal yang sulit menemukan orang-orang yang sejiwa.

Anda juga sudah bisa melakukan riset kecil-kecilan tentang hal yang akan Anda kerjakan. Pelajari juga prospek kedepannya. Intinya adalah Anda harus betul-betul tahu apa yang hendak Anda lakukan. Jangan maju ke medan perang tanpa bawa senjata, bawa senjata pun tak ada peluru, sama saja bunuh diri.

3. Mencari Prospek Bisnisnya
Semua hal bisa menjadi uang. Yakinlah, apapun itu, bisa menjadi uang. Itulah yang dipegang teguh orang-orang yang menjalankan bisnis, baik offline maupun online. Olehnya, ketika sudah menemukan minat dan bakat akan sesuatu, mulailah mencari tahu prospek bisnisnya.

Prospek bisnis disini bukan hanya kemungkinan berkembangnya di kemudian hari. Namun lebih universal, apasaja dari bagian minat kita yang bisa menjadi uang. Semisal coffee, selain diperjual belikan menjadi minuman, coffee bisa juga dijadikan kue, bahkan cemilan kecil yang unik.

Bisnis itu punya banyak bentuk. Apalagi jika menjalankannya di internet. Semua hal bisa menjadi uang. Anda bisa menjual ilmu tentang coffee (artikel tentang coffee atau ebook mengolah coffee), menjual perangkat pembuatan coffee, menjual coffeenya sendiri bahkan asesoris tentang coffee dan sekaitan dengan coffee pun bisa diperdagangkan. Hebat bukan!

Jika Anda mengatakan, ah... coffee kan memang punya nilai ekonomis, pastilah bisa diperdagangkan. Ets... jangan salah, yang gratis pun bisa dijadikan barang dagangan. Tidak percaya? Buktinya banyak blogger yang menjual tutorial atau ebook tentang Blogspot atau WordPress, padahal keduanya gratis. Nah loh...

Intinya, apapun yang Anda senangi, bisa menjadi nilai ekonomis kalau Anda mau mengembangkannya.

Setelah melakukan tiga langkah-langkah diatas, selanjutnya adalah memulai. Ingat, setiap langkah yang Anda kerjakan usahakan mencatatnya. Hal ini penting karena sifat manusia pada dasarnya adalah pelupa, jika tak mencatat, kemungkinan besar akan hilang begitu saja.

Untuk langkah selanjutnya silahkan membaca artikel berikut:


Memulai bisnis di era digital sekarang ini yang dibutuhkan bukan hanya kerja keras, tapi kerja cerdas. Gunakan akal dan intuisi Anda untuk melihat segala kemungkinan yang ada. Anda tak akan pernah tahu, besok akan seperti apa, kalau tak melakukan apa-apa saat ini.

Salam sukses.