Cara Menggunakan Fitur Kampanye di Blogspot

Sebelumnya kita telah berkenalan dengan fitur baru dari Blogspot ini, yakni Kampanye atau Campaign. (Baca: Mengenal Fitur Kampanye atau Campaign di Blogspot). Namun sekedar mengenal tidak membawa perubahan apa-apa terhadap trafik blog Anda, olehnya itu harus dicoba.

Pada tutorial kali ini kami akan menjelaskan secara detail, apa saja langkah-langkah yang harus dilakukan untuk menggunakan fitur ini. Walau pada dasarnya fitur ini sama saja dengan mengunjungi langsung Google AdWords, namun langkah ini lebih mudah.

Pertama-tama loginlah ke akun blogspot Anda, lalu pilih Kampanye lalu klik Mulai Sekarang.


Pada halaman selanjutnya Anda akan disediakan informasi, jika sesuai dan lengkap klik Simpan dan Lanjutkan.


Anda selanjutnya akan dibawa ke laman Google AdWords. Pada tahap ini Anda akan diminta untuk membuat iklan Kampanye pertama kali. Ada empat tahap yang harus dilakukan untuk membuat iklan kampanye ini, pertama membuat pilihan anggaran, membuat iklan, memilih kata kunci lalu informasi tagihan. Jika sudah yakin, langsung saja mengklik Buat Kampanye Pertama.


Pada laman selanjutnya Anda akan dihadapkan pada pilihan setelan kampanye. Ada beberapa bagian penting dalam pengaturan ini. Berikut kami jabarkan satu persatu.

  • Jenis iklan yang ditawarkan ada empat tipe, namun yang disarankan adalah jenis standar yakni Jaringan Penelusuran dengan Display Select. Pada bagian ini, Anda juga bisa merubah nama kampanyenya sesuai selera. 
  • Jaringan, Perangkat, Lokasi dan Bahasa biasanya akan terdeteksi secara langsung, namun jika ingin merubahnya lakukan secara manual.   
  • Strategi penawaran dan Anggaran. Pada strategi penawaran biarkan default dan di anggaran ini angka terserah kemampuan Anda. Karena kita akan menggunakan kupon gratis dari AdWords sebesar Rp150.000, isilah dengan nominal Rp5.000 per hari.
  • Ekstensi iklan adalah fitur opsional, fitur ini pada dasarnya gratis jadi silahkan pilih sesuai kemauan. 

Klik Simpan dan Lanjutkan 

Kemudian memasuki proses membuat grup iklan. Grup iklan ini berisi satu atau beberapa iklan dan sekumpulan kata kunci terkait yang nantinya akan ditampilkan di Google AdWords.

(Baca: Cara Daftar Google Adsense dari Blogspot)

Untuk hasil terbaik, coba fokuskan semua iklan dan kata kunci di grup iklan ini pada satu produk atau layanan. Silahkan membidik kata kunci yang diingkan. Setidaknya dua hal berikut ini adalah hal penting yang harus Anda perhatikan.

  • Buat Nama Grup dan Iklan: Beri nama grup iklan yang akan Anda buat, dibawahnya ada form untuk memulai membuat iklan pertama Anda. Silahkan membuatnya dengan tampilan review di sebelah kanan. Setelah berhasil, nanti Anda akan membuat lebih banyak lagi iklan. 
  • Kata Kunci: Iklan dapat tampil di Google bila pengunjung menelusuri kata kunci yang Anda pilih. Kata kunci juga menentukan penempatan terkelola yang cocok untuk iklan Anda. Silahkan masukkan seluruh kata kunci yang Anda sasar di form yang tersedia. Di sebelah kanan ada beberapa pilihan yang bisa Anda tambahkan. Usahakan menambahkan sebanyak dan serelevan mungkin kata kunci agar diterima oleh Google. 


Setelah itu Simpan dan Lanjutkan ke penagihan. Pada tahap penyiapan Akun di jendela selanjutnya, lansung saja klik Lanjutkan. Pada tahap ini, Anda akan diminta memasukkan biodata lengkap dan metode pembayaran. Ada dua macam yang Google AdWords tawarkan, secara manual atau otomatis.


Google AdWords akan menyarankan pembayaran secara otomatis, namun jika Anda memiliki kupon gratis dari AdWords lebih baik memilih pembayaran secara manual. Maksud dari manual dan otomatis ini, akan dijelaskan disana.

(Baca: Mendapatkan Kupon Iklan Gratis di Google AdWords).

Jika telah mengisi seluruh form untuk keperluan penagihan dan pembayaran, lanjut dengan mengklik Selesaikan pendaftaran. Maka form pembayaran dengan kartu kredit akan muncul. Sejauh ini iklan Anda telah berjalan, namun belum diaktifkan sebelum melakukan pembayaran.

Untuk menggunakan kupon gratis dari Google AdWords, akan kita bahas di postingan terpisah. Selamat mencoba.