Ini 10 Bloggers Murni Berpenghasilan Terbesar di Dunia

Kata Blogging sudah begitu mendarah daging dalam kehidupan sehari-hari. Sudah begitu banyak orang yang menjadi sukses dari blog. Padahal dulunya, tak ada seorang pun yang yakin bahwa menjadi blogger adalah pilihan tepat untuk mencari kesuksesan dan kekayaan.

Andai saja Open Diary  (1998) tidak dimulai, lalu diikuti LiveJournal (1999) disusul Pitas.com dan Blogger.com, mungkin hingga kini, kita tak akan menemukan orang-orang yang menjadi kaya raya dari hanya menjalankan sebuah blog.

Kata Blog sendiri awalnya tercipta secara tidak sengaja dari tahun 1997 oleh seorang editor Robot Wisdom bernama John Bargerm. Ia menciptakan kata "web-log" yang diikuti oleh Peter Merholz dengan menulis We Blog di situsnya.

Hingga pada akhirnya lahirlah seorang bernama Evan Williams di Pyra Labs yang mulai menggunakan kata "blog" tunggal sebagai kata kerja dan kata benda, sebelum akhirnya menciptakan istilah "blogging" dalam hubungan dengan produk Blogger Pyra Labs. Istilah inilah yang terus berkembang hingga saat ini.

Baik John Bargerm hingga Evan Williams mungkin tidak akan menyangka, apa yang mereka ciptakan juga telah mampu menciptakan banyak jutawan hingga miliarder baru di dunia. Dan di 2014, dunia telah mencatat ada 10 orang yang menjalankan blog menjadi sangat kaya raya.

10 orang yang bloGoooblok ~ akan paparkan ini semuanya adalah blogger murni (penulis artikel), dimana penghasilannya datang dari program pengiklanan saja. Walaupun ada juga yang datang dari program affiliate, namun jumlahnya tidak seberapa.

Berbeda dengan Pat Flynn yang menghasilkan 1 Juta Dollar sepanjang tahun 2014, dimana penghasilannya lebih banyak dari program affiliate atau juga menjual ebook. Begitu juga dengan Matthew Woodward yang menghasilkan Rp350 juta selama sebulan.

(Baca: Blogger Ini Menghasilkan 1 Juta Dollar di 2014)

10 orang terkaya dari hanya menjalankan blog ini dikutip dari Therichest. Mereka melansir 10 blogger dengan penghasilan terbesar hingga akhir 2014. Untuk mempersingkat waktu, berikut daftarnya, dimulai dari urutan ke-10.

10. Ewdison Then, ‘Slash Gear': $60,000 – $80,000 Per Bulan.
Ewdison Then adalah pendiri dan editor eksekutif dari situs berita konsumen khusus produk-produk elektronik dan teknologi. Dia juga bekerja sebagai penerbit media blognya sendiri dan sebagai CEO dari R3 Media LLC.

Blog SlashGear sendiri dikhususkan untuk konsumen yang sedang membutuhkan gadget terbaru. Jika Anda membutuhkan iPhone 6, tablat atau iPad misalnya, Anda perlu membaca blog ini, karena berisi ulasan dari produk-produk terbaru itu.

Dia menjadi rujukan para pencinta teknologi karena mampu menghubungkan pengunjungnya dengan berita-berita terbaru. Ia juga konsisten dengan update terbaru dan selalu memberikan informasi atau aplikasi yang fantastis.

Sebagian besar penghasilan Then berasal dari iklan pay-per-klik utamanya Google Adsense. Rata-rata penghasilannya dalam sebulan antara $60,000 – $80,000 atau serata dengan Rp700 hingga Rp900 juta. Woo...

Untuk menjalankan blognya, Then mempekerjakan 13 orang untuk membantunya membuat tulisan dan ulasan secara berkala. SlashGear ini juga terkenal karena menjadi blog yang paling sukses untuk memanfaatkan platform WordPress.

9. Matt Marshall, 'VentureBeat': $50,000 – $100,000 Per Bulan
Matt Marshall dulunya adalah seorang wartawan. Namun ia berhenti dan banting stir menjadi seorang blogger dan akhinya sukses. Dia memulai blogging pada tahun 2006 dengan mendirikan VentureBeat, yang meliputi informasi teknologi di seluruh dunia.

VentureBeat, merupakan blog informatif yang mencakup berbagai topik, bukan hanya teknologi tetapi juga telah mengembangkan jaringan khusus website, investasi dan jaringan teknologi keuangan lainnya.

Marshall menyediakan informasi penting dan berharga untuk pembacanya, termasuk teknik bisnis yang berbeda guna mendapatkan uang dari investasi dan berbagai aspek keuagan lainnya termasuk proses startup. Penghasilannya rata-rata perbulan mencapai  $50,000 – $100,000 atau serata Rp600 juta hingga Rp1 miliar dalam sebulan. Penghasilan itu berasal dari iklan independen dan iklan pay per click.

8. Gina Trapani, 'Lifehacker': $110,000 Per Bulan
Blogger satu ini adalah satu-satunya blogger wanita yang mencatatkan namanya sebagai wanita produktif berpenghasilan tinggi dari blog. Ia adalah Gina Trapani CEO dan pendiri blog populer Lifehacker, tapi dia sangat aktif dalam komunitas media sosial.

Gina baru-baru ini ia telah menjadi bagian dari Gawker Blog Empire dan Gizmodo, dua media sosial yang sedang berkembang. Lifehacker sebenarnya adalah blog yang sederhana. Fokusnya kepada urusan sehari-hari namun diulas untuk menemukan cara sederhana untuk melakukannya. Blog ini juga mengundang pembacanya untuk menulis, sehingga tak heran begitu disenangi.

Lifehacker juga adalah bagian dari Kinja, jaringan online khusus news aggregator. Dalam sebulan, Gina bisa mendulang penghasilan hingga $110.000 atau setara dengan Rp1,2 miliar. Bukan jumlah yang sedikit bagi seorang perempuan. Penghasilan itu datang dari review dan iklan independen.

7. Collis Ta’eed, 'TutsPlus' : $55,000 – $120,000 Per Bulan
Diurutan ke tujuh ada Collis Ta'eed. Ia adalah pendiri sekaligus pengelola TutsPlus yang mengkhususkan diri memberi kontribusi untuk berbagai blog terkenal.

TutsPlus adalah situs informasi untuk membangun keterampilan yang mengkompilasi tutorial, tips dan banyak metode pengajaran lainnya. Isinya lebih banyak untuk menginformasikan pembaca tentang perangkat lunak atau aplikasi apasaja yang dibutuhkan dan alat-alat yang digunakan untuk merancang blog.

Tutorial Ta'eed dapat membantu Anda menguasai aplikasi perangkat lunak. Tidak hanya Ta'eed yang dapat uang dari blognya, tetapi membernya juga dapat menghasilkan uang dengan menulis artikel sendiri. Jadi wajar jika situs ini banyak dikunjungi.

Penghasilan Ta'eed lebih banyak berasa dari pendaftaran keanggotaan. Rata-rata dalam sebulan ia mampu meraup penghasilan sebesar $55,000 – $120,000 atau serata dengan Rp600 juta hingga Rp1,5 miliar.

6. Jake Dobki, 'Gothamist' :$80,000 – $110,000 Per Bulan
Blog terkenal lainnya adalah Gothamist yang dibuat oleh Jake Dobkins. Penghasilan blog ini rata-rata $80,000 – $110,000 atau Rp900 juta hingga Rp1,2 miliar dalam sebulan hanya dari periklanan, baik secara independen maupun iklan pay per click.

Gothamist adalah situs tukang koran. Artikel yang disajikan mencakup berbagai macam genre, namun lebih fokus kepada artikel tentang makanan, peristiwa dan seni. Informasinya tidak hanya meliputi Amerika, namun sudah mencakup seluruh dunia.

Jika Anda merencanakan perjalanan ke luar negeri dan ingin tahu tentang masakan di lokasi tertentu, Gothamist adalah tempat yang baik untuk melihatnya. Pada mulanya, Gothamist hanya berisi artikel tentang kehidupan kota di New York, tetapi beberapa tahun belakangan telah memperluas jangkauannya ke 13 kota di seluruh dunia: termasuk Toronto, London dan Shanghai. Sayangnya Indonesia belum termasuk.

Sebelum menjadi blogger dan mendirikan Gothamist, Dobkin dulunya adalah seorang fotografer amatir di perkotaan. Pengalaman itulah yang membuatnya cukup mengerti seluk beluk perkotaan dan banyak mengetahui acara-acara penting.

5. Timothy Sykes: $150,000 – $180,000 Per Bulan
Jika Anda ingin belajar bagaimana membuat banyak uang dari blog, maka tak ada salahnya membaca blog milik Timothy Sykes. Ia membuat blog atas nama dirinya sendiri TimothySykes.com yang berisi artikel inspiratif tentang investasi, keuangan, saham dan sejenisnya.

Sykes adalah pemuda yang sangat cerdas dalam bermain saham. Dia adalah seorang ahli, dan membuat sekitar dua juta dolar per bulan dari bermain saham. Blog yang ia kelola itu hanyalah pekerjaan sampingan buat dirinya. Ia pada dasarnya adalah pedagang saham Penny.

Karena telah sukses bermain saham, maka dari itu dia berinisiatif menuangkan tips dan inspirasinya kepada seluruh dunia melalui artikel di blog. Cerita Sykes telah banyak menginspirasi orang-orang dan kemudian mengikutinya. Tak salah, jika blognya begitu populer.

Penghasilannya pun berasal dari artikel dan ebook yang ia tulis. Dalam sebulan, rata-rata ia meraup keuntungan dari blog pribadinya sebesar $150,000 – $180,000 atau mendekati angka Rp2 miliar.

4. Vitaly Friedman, 'SmashingMagazine' : $150,000 – $190,000 Per Bulan
Vitaly Friedman adalah pendiri SmashingMagazine, sebuah blog untuk situs web desainer. Dia mulai membangun jaringan Smashing pada tahun 2009 untuk membuat blog desain.

Mayoritas pendapatan Friedman berasal dari iklan banner dan tidak termasuk pendapatan afiliasi. Di blognya, memasang sangat ramai dengan iklan banner berukuran kecil. Iklan independen itu ia tempatkan sangat menarik sehingga tidak terkesan murahan.

SmashingMagazine adalah blog yang paling populer dan sangat terkenal dalam dunia web desain dan pengembangannya. Jika Anda ingin menguasai bidang ini, Anda bisa membaca beberapa ulasan di SmashingMagazine. Mereka menyajikan tips terbaru berserta panduan dan tutorial berkualitas tinggi.

Rata-rata penghasilan Vitaly dari blog tunggal ini mencapai $150,000 – $190,000 per bulan atau kurang lebih Rp2 miliar sebulan.

3. Mario Lavanderia, ‘Perez Hilton': $200,000 – $400,000 Per Bulan
Mario Lavandeira alias Perez Hilton sangat jeli melihat pasar. Ia telah menjadi blogger penyemangat dengan meluncurkan situs atau blog pada tahun 2005 dengan memberi nama Perez Hilton.

Dia awalnya adalah seorang jurnalis, karena itu ia sangat lihai dan cekatan meramu informasi menjadi sesuatu yang berharga. Blog Perez Hilton lebih mengkhususkan pada berita-berita selebriti, skandal dan sejenisnya. Jadi jangan heran jika berkunjung ke blog ini, akan banyak berita bombastis dari kalangan selebriti dunia.

Ia menjadi salah satu dari 10 blogger terkaya di dunia, karena memiliki penghasilan yang tinggi. Rata-rata penghasilan dari blog Perez Hilton mencapai $200,000 – $400,000 atau kurang lebih Rp 2 sampai Rp5 miliar dalam sebulan.

Bagaimana tidak, setiap berita yang dipublikasikannya selalu menjadi topik pembicaraan yang hangat di dunia maya. Mario Lavandeira memang cerdik melihat bahwa sangat banyak orang yang mencari informasi tentang selebriti dan dia punya modal ke arah sana.

2. Pete Cashmore, 'Mashable' :$560,000 – $600,000 Per Bulan
Pete Cashmore menjadi blogger dengan penghasilan terbesar kedua di dunia dari blognya Mashable. Ia telah menciptakan Mashable, sebuah blog yang mencakup apa pun dari dunia teknologi dan bisnis untuk media sosial, hiburan dan gaya hidup.

Mashable adalah situs independen yang terbesar dan telah banyak mendapatkan penghargaan. Blog ini juga paling berpengaruh dan paling banyak dibaca. Dimana artikel paling populer dari blog ini meliputi produk digital, media sosial, dan sumber daya teknologi dan berita seputar teknologi.

Blog yang Cashmore ciptakan dari dalam kamar tidur ini di sebuah wilayah di Skotlandia ketika usianya baru 19-tahun, telah membawa dirinya menjadi blogger kaya raya. Ia pun telah dinobatkan sebagai blogger paling kaya di dunia, dengan penghasilan rata-rata sebulan $560,000 – $600,000 atau Rp7 hingga Rp8 miliar.

1. Michael Arrington, 'TechCrunch' : $500,000 – $800,000 Per Bulan
Bagi pencinta teknologi, apalagi di Indonesia, sudah tidak asing lagi dengan blog yang satu ini. Ia adalah TechCrunch. Pendirinya adalah Michael Arrington yang sangat lihai dalam melihat perkembangan teknologi. Ia pun membuatnya dalam satu atap bernama TechCrunch .

Arrington telah terkenal sebagai "Nabi Silicon Valley." Dirinya telah menjadi sosok yang paling berpengaruh di bidang teknologi. Update blog beritanya begitu sering sehingga para pencinta teknologi di seluruh dunia dimanjakan dengan berita yang datang dari menit ke menit.

Jadi, tidak salah kalau TechCrunch milik Arrington berada diurutan pertama, sebagai blog dengan penghasilan tertinggi mencapai $500,000 – $800,000 atau Rp6 hingga Rp9 miliar dalam sebulan. Padahal penghasilan blog ini hanya datang dari iklan pay per click utamanya Google Adsense. Wooow...

Dari 10 blogger yang punya penghasilan fantastis diatas, rata-rata menggunakan platfom WordPress, tapi bagi yang menggunakan selain WordPress semisal Blogspot, tak perlu risau. Karena banyak juga yang telah mengecap penghasilan dari blog Blogspot.

10 orang di atas mencapai kesuksesannya tidak dalam waktu singkat. Mereka rata-rata telah membuat blog tersebut sejak lama. Merawatnya, mengupdate dan terus melakukan pengembangan. Itu karena mereka sadar bahwa, blog adalah investasi jangka panjang, sehingga bukan cara singkat untuk menjadi kaya raya.

(Baca: Begini Cara Aman Mendapatkan Uang dari Internet)

Gimana, masih ada yang belum percaya bahwa blog itu bisa menjadikan seseorang kaya raya?. Bahkan dengan hanya menulis, menulis dan menulis seseorang bisa kaya. Rata-rata blogger di atas, tidak bermain produk affiliate atau bisnis online lainnya. Ia hanya mengandalkan penghasilan pada slot iklan. Hmmm...

Ayo Semangat!