Ini Jenis Video Yang Paling Banyak Ditonton di YouTube

Banyak yang bertanya, jenis video apasih yang paling banyak dicari di Youtube? Pertanyaan ini memang wajar, apalagi bagi mereka yang menjadikan Youtube sebagai ladang mencari uang. Salah satu kunci utamanya, adalah mengetahui selera pasar.

Akan sia-sia usaha kita membuat video bagus dan menarik kalau sama sekali tak ada yang menonton. Maka sebelum menjadikan Youtube sebagai mesin uang, Anda harus tahu dulu, jenis video apa saja yang paling diminati oleh pengunjung di Youtube.

(Baca: Cara Mudah Memasang Iklan Google Adsense di Youtube)

Secara umum, jenis video yang paling banyak ditonton di Youtube ada lima, yakni;

1. Video How To 
Video jenis ini yang paling banyak ditonton di Youtube. "How To" atau "Cara Untuk" banyak dicari karena menjelaskan akan satu hal dengan lebih mudah. Video jenis ini sering juga disebut sebagai video tutorial. Baik tutorial untuk blog, website, service motor dan lain-lain.

Jadi jika Anda punya kemampuan membuat video tutorial, tak ada salahnya mengunggahnya di Youtube. Video jenis how to ini menunjukkan bahwa, orang-orang lebih senang mempelajari sesuatu melalui media visual ketimbang tulisan atau sekedar gambar.

2. Video Konyol
Video kedua yang paling banyak ditonton adalah video konyol atau lucu. Itulah yang membuat Radiyta Dika menjadi sangat populer di Youtube dengan subscribe mencapai 1.417.814. Video-video yang Raditya unggah semuanya berisi hal-hal konyol dalam kehidupan sehari-hari.

Karena kekonyolan inilah, orang-orang yang menontonnya merasa terhibur. Telah banyak orang-orang di seluruh dunia yang menjadi populer karena bertingkah laku konyol di Youtube. Jika Anda juga siap ditertawai, tak ada salahnya mendokumentasikan diri dan menguploadnya di Youtube.

(Baca Juga: Cara Mengaktifkan Akun Youtube dan Upload Video)

3. Video Talent
Jika Anda punya keahlian, tak ada salahnya merekam. Keahlian yang direkam bisa apa saja, mulai yang biasa-biasa hingga hal yang tak terpikirkan oleh manusia. Video jenis ini memungkinkan Anda untuk pamer keahlian atau pamer skill kepada dunia.

Misal Anda punya keahlian bermain gitar dengan kaki, atau main drum pake kepala atau hal ekstrim lainnya. Yakin, video Anda akan dicari oleh orang-orang. Hanya saja, jika hendak menjadikan ini mesin uang, Anda harus membaca kebijakan Youtube secara seksama.

4. Video Tingkah Laku Hewan
Tak bisa dipungkiri, banyak orang yang mencintai hewan. Hewan apa saja. Apalagi jika hewan itu bertingkah lucu atau menggemaskan. Ini akan menjadi tontonan yang ditunggu-tunggu banyak pihak. Jadi kalau Anda punya hewan peliharaan, mulailah membuatnya terkenal.

Misal Anda punya Anjing, berilah misalnya pita atau baju, lalu rekam. Atau kucing Anda bermata cantik dan lucu, ambil momen-momen menariknya lalu unggah di Youtube. Bisa saja, heman Anda akan menjadi terkenal di dunia.

5. Video Review
Jika Anda pencinta teknologi atau otomotif atau produk apa saja. Tak ada salahnya membuat video review tentang produk tersebut. Misal, iPhone 6. Anda bisa merekamnya dan menceritakan kelebihan dan kekurangan iPhone 6 atau membandingkannya dengan produk lain.

Jenis video ini memang tidak mudah membuatnya. Karena harus memilikinya dulu baru membuat dan seperti diketahui, harga benda-benda itu bisa sangat mahal. Tapi hal ini bisa dimanipulasi dengan membuat review hal-hal sederhana. Jenis ini juga banyak yang mencari.

(Baca: Cara Memasang Tombol Subscribe Youtube di Blog)

Itulah lima jenis umum, video yang paling banyak ditonton di Youtube. Jadi jika Anda hendak memonetize kanal Youtube Anda, tak ada salahnya memperhatikan jenis video diatas. Satu hal yang harus diperhatikan, hindari membuat video dengan konten pornografi dan usahakan seluruh video yang Anda unggah adalah asli 100%.

Selamat mencoba...!