Mengaktifkan Google Drive di Browser dan Desktop

Google sudah menetapkan satu akun bisa mengakses seluruh layanannya. Oleh karena itu, jika telah memiliki akun Gmail, Anda sudah bisa menggunakan seluruh layanan Google, termasuk Google Drive. Hanya saja seluruh layanan itu harus diaktifkan satu persatu.

(Baca: Cara Mudah Membuat Email Gmail)

Untuk menggunakan layanan Google Drive ada dua cara yang bisa dilakukan. Melalui browser atau melalui destop/mobile.

Jika mengaktifkan Google Drive melalui browser, Anda tinggal login ke akun Gmail Anda atau mengunjungi laman https://www.google.com/drive/ dan login. Pada tutorial ini, kita akan membuka layanan Google Drive dengan posisi email telah terbuka.

Tapi sebelum mengaktifkan Google Drive, mungkin diantara Anda ada yang belum tahu dan paham tentang layanan gratis Google ini, ada baiknya membaca tulisan sebelumnya. Disana kami menjabarkan panjang lebar serta kelebihan dari Google Drive.

(Baca: Sudah Tahukah Anda Apa Itu Google Drive?)

Saya anggap Anda sudah paham dan berniat mengaktifkan Google Drive. Seperti yang saya jelaskan diatas, untuk mengakses Google Drive buka URL https://www.google.com/drive/. Jika telah terbuka, maka tampilannya akan seperti berikut. Klik saja Kunjungi Google Drive.


Jika mulus maka layanan Google Drive Anda telah berhasil. Anda akan dipernalkan oleh layanan ini. Silahkan mengikuti instruksi yang diberikan jika berkenang, atau langsung menggunakan layanan penyimpanan data jika mau.


Selain bisa digunakan secara online melalui browser, Google Drive juga bisa digunakan langsung ke komputer atau notebook bahkan mobile phone Anda. Download aplikasinya di www.google.com/Apps/Drive‎ jika menggunakan komputer dan di App Store jika menggunakan smartphone, lalu instal.


Setelah itu, login dengan akun Google Anda, maka setiap online, data Anda bisa terhubung ke internet secara langsung.

Perbedaan mendasar dalam menggunakan Google Drive dari browser dengan menggunakan lewat desktop adalah kapasitas yang disediakan. Jika melalui browser hanya 15 GB maka destop dua kali lipatnya, mencapai 30 GB.

Selain itu, Google Drive versi destop juga menyediakan paket penyimpanan tak terbatas seharga $10 per pengguna per bulan. Akun dengan pengguna kurang dari 5 orang mendapatkan 1 TB per pengguna. Jauh lebih murah dari versi browser.