Mengenal Fitur Kampanye atau Campaign di Blogspot

Fitur Kampanye atau Campaign di Blogspot sudah diterapkan Google pertengahan Juli 2014 silam. Fitur ini terbilang baru di blogger, namun sekaligus menjadi pelengkap setelah fitur Penghasilan atau Earning telah muncul terlebih dahulu.

(Baca: Cara Daftar Google Adsense dari Blogspot)

Pada dasarnya fitur Kampanye ini adalah kumpulan grup iklan. Baik iklan  berbentuk kata kunci ataupun tawaran dengan berbagi anggaran, penargetan lokasi, dan setelan lainnya. Fitur ini juga adalah bagian dari Google AdWords namun lebih disederhanakan dengan menautkannya ke Blogspot.

Anda bisa melihat fitur ini di dasboard Blogspot Anda. Posisinya berada tepat di bawah fitur Penghasilan.


Dalam menggunakan fitur Kampanye, Anda akan dihadapkan pada dua poin inti. Yakni:

  • Setiap kampanye terdiri atas satu atau beberapa grup iklan, anggaran, setelan bahasa dan lokasi, setelan penyebaran untuk Jaringan Google, dan setelan lainnya.
  • Kampanye sering digunakan untuk mengatur kategori produk atau layanan yang Anda tawarkan. Anda juga dapat membuat kampanye iklan terpisah untuk menjalankan iklan di lokasi yang berbeda atau menggunakan anggaran yang berbeda. 

Pada dasarnya, dengan menggunakan fitur ini, blog yang kita iklankan akan mudah terlihat di mesin pencari. Dengan begitu, jumlah trafik atau pengunjung akan lebih besar dari sebelumnya. Dan satu hal yang menarik dari Kampanye adalah Anda hanya membayar bila ada nitizen yang mengklik iklan Anda.

(Baca: Mendapatkan Kupon Iklan Gratis di Google AdWords).

Kampanye dari Blogspot ini adalah sarana mempromosikan blog melalui Google AdWords. Anda bisa membaca tautan diatas untuk mendapatkan kupon gratis dan menautkan dengan fitur Kampanye. Dengan begitu, Anda bisa melakukan penghematan untuk iklan.

Happy Blogging...