Mengenal Fungsi Domain Authority dan Page Authority

Mengenal Fungsi Domain Authority dan Page Authority
Google telah mengumumkan untuk tidak lagi mengupgrade Google Page Rank tahun ini, itu artinya tehnik pencarian Google tidak lagi mengacu kepada page rank suatu situs. Lalu, untuk bersaing di mesin pencari apa yang harus dilakukan oleh pemilik situs.

Salah satu acuan Google saat ini adalah kualitas dari Domain Authority dan Page Authority (selanjutnya disebut DA dan PA). Tapi apakah DA dan PA ini?

Pada postingan kali ini, kita akan membahas satu persatu pengertian dari DA dan PA, hingga cara-cara meningkatkan keduanya agar disenangi mesin pencari. Google sangat menyanggi situs dengan DA dan PA yang tinggi, dan situs dengan DA dan PA tinggi tersebut kemungkinan besar akan tampil di halaman depan pencarian Google.

Apa itu Domain Authority (DA)?

Domain Authority atau Otoritas Domain adalah acuan untuk melihat ukuran kekuatan dari sebuah nama domain. Jika Anda menggunakan blog misalnya Blogspot atau Wordpres maka DA-nya adalah Blogspot.com atau Wordpress.com.

Contohnya bloGoooblok ~ ini. Alamat URL-nya adalah blogoooblok.blogspot.com itu artinya domain URL dari alamat blog ini adalah blogspot.com. Jika di cek DA-nya akan sangat tinggi, karena mengacu kepada blogspot.com, bukan milik pribadi dari bloGoooblok. Blogspot sendiri punya posisi DA di angka 93.

Karena nilai DA yang tinggi sangat baik untuk mesin pencari, maka setiap pemilik situs berlomba-lomba meningkatkan nilai DA. Tidak seperti page rank yang punya rance nilai 1 sampai 10 (besar ke kecil), melihat DA dari 1 ke 100 dengan nilai paling tinggi adalah 100.

Jadi, ketika Anda masih menggunakan Blogspot atau Wordpres, nilai DA-nya masih akan tinggi. Lain halnya jika Anda melakukan perubahan ke Top Level Domain semisal dotcom. Walau Anda tetap menggunakan hosting di Blogspot, tetap nilai DA akan berkurang.

Ada tiga hal utama yang menjadi acuan untuk menyimpulkan nilai DA, yakni usia, popularitas dan ukuran domain (jumlah postingan). Dengan memiliki tiga faktor tersebut, situs Anda akan mudah mendapatkan peringkat tinggi dalam hasil pencarian.

Ini dikarenakan, mesin pencari seperti Google ingin memberikan pengguna dengan hasil website yang bisa dipercaya. Itu artinya, sebagai blogger pemula, konsistensi harus dipelihara dan memang ini bukan pekerjaan mudah.

(Baca Juga: Cara Mudah Membuat & Memasang Meta Tag Di Blogger)

Cara Untuk Meningkatkan Domain Authority?
Seperti yang dikatakan di atas, ada tiga faktor penentu tingginya DA sebuah situs. Ketiga hal itulah yang menjadi kunci utama untuk meningkatkan nilai DA. Lalu apa yang harus dilakukan, berikut penjelasannya:

Usia Domain
Karena usia domain menjadi penentu pertama, itu artinya Anda harus sudah punya domain jauh lebih lama. Jika Anda menggunakan top level domain, maka harus bersabar untuk waktu yang lama agar nilai DA-nya tinggi. Namun jika Anda menggunakan blogspot, worpress, blogdetik dan lainnya, maka DA-nya tak bisa dinaikkan lagi.

Popularitas Domain
Ada banyak indikator untuk menyimpulkan satu situs memiliki popularitas yang tinggi. Namun salah satu tolak ukur yang banyak digunakan adalah dari banyaknya link yang masuk ke situs Anda dengan catatan backlink tersebut berkualitas. Jadi untuk meningkatkan DA, carilah sebanyak-banyak backlink berkualitas dan jangan melakukan spam.

Ukuran atau Jumlah Postingan 
Untuk mengukur sebuah situs hal pertama yang diperhatikan adalah jumlah postingan yang dimiliki. Jumlah disini bukan hanya soal nilai tapi manfaat dari postingan tersebut. Semakin banyak postingan yang dimiliki dan bermanfaat buat pembaca, itu artinya semakin banyak pula link yang diciptakan, dan Google sangat menyukai situs yang demikian.

Apa itu Page Authority (PA)?

Page Authority atau Otoritas Halaman adalah penggambaran untuk ranking sebuah situs atau blog dilihat dari page atau halamannya. PA juga merupakan istilah SEO yang peranannya jauh lebih penting dari DA. Karena PA tidak terlepas dari keunggulan menggunakan teknik SEO masing-masing pemilik situs atau blog.

Penilaian sebuah PA sama dengan DA yakni menggunakan skala 1 sampai 100 dengan nilai tertinggi adalah 100. Sebuah situs atau blog dengan nilai PA tinggi memiliki peluang lebih besar untuk muncul sebagai pemenang di mesin pencari.

Sebagai contoh adalah Wikipedia. Karena jumlah halaman yang sangat banyak di Wikipedia, hampir setiap saat melakukan pencarian akan muncul. Dan tahukah Anda, berapa nilai PA Wikipedia, nilainya 96 dengan nilai DA 100. Tidak heran kalau Wikipedia selalu saja muncul di mesin pencari.

(Baca Juga: Cara Cek Blog atau Website di Google Search)

Cara Untuk Meningkatkan Page Authority?
Algoritma mesin pencari setiap saat selalu mengalami perubahan. Namun Google tidak pernah merahasiakan bagaimana mesin pencarinya melaksanakan tugas mencari situs. Walau tidak menjelaskan secara rinci, namun value sebuah halaman situs menjadi titik penentu.

Olehnya itu, untuk meningkatkan otoritas sebuah halaman situs, ada beberapa faktor yang dianggap mempengaruhi peringkat tersebut, antara lain:

Situs Berisi Konten Asli
Selama bertahun-tahun, Google telah berusaha untuk menyingkirkan situs yang kurang user-friendly. Pekerjaan berat ini telah membuat Google terus meningkatkan peringkat situs dengan konten yang segar dan dapat diterapkan untuk browser.

Olehnya, Google sangat menyangi situs yang berisi konten asli dengan kata kunci yang relevan. Dengan begitu, mau tidak mau, situs Anda akan kebanjiran pengunjung karena peringkat dimata search engine juga bertambah.

Tapi hal yang apa yang harus dilakukan agar sebuah situs dikatakan memiliki konten asli. Banyak yang mengatakan bahwa konten adalah raja. Walau tidak sepenuhnya benar, namun search engine sekarang memang cenderung memberikan peringkat situs yang lebih tinggi dengan konten yang memiliki kriteria sebagai berikut :

  • Konten berisi informasi baru dan menarik
  • Situs atau blog yang sering diperbarui
  • Kata kunci yang rinci, relevan dan bermanfaat, serta
  • Berkualitas dan menyenangkan untuk dibaca. 

Memiliki Backlink Berkualitas
Memiliki banyak backlink yang berkualitas memang bukan perkara mudah. Namun jika situs Anda berisi informasi yang besar dan asli, dengan sendirinya halaman Anda akan menarik banyak peselancar dunia maya berkunjung. Dengan begitu kemungkinan besar untuk mendapatkan link balik akan datang.

Banyak orang-orang akan menjadikan blog atau situs Anda sebagai refensi jika mempunyai konten yang asli. Dengan begitu, kemungkinan besar mereka akan melakukan link balik ke halaman yang dituju. Jika ini berhasil, maka lalu lintas situs Anda juga akan meningkat.

Selain link dari situs lain, hal yang tak kalah pentingnya pula ada internal link. Usahakan setiap membuat postingan, ada dua atau tiga link yang dibuat untuk postingan lain di blog Anda. Hal ini sekaligus membuat pengunjung berlama-lama di blog Anda.

Gambar dan Video
Teks bukanlah satu-satunya faktor penting dalam SEO. Dengan kemampuan mesin pencari yang semakin baik, gambar, grafik dan video juga tak kalah pentingnya dalam sebuah postingan.

Olehnya itu, ada baiknya setiap kali membuat postingan untuk menyertakan gambar atau grafis yang telah dioptimasi dengan SEO. Caranya dengan menyertakan teks ALT deskriptif sehingga gambar ini dapat ditemukan di search engine.

Jika Anda punya kemampuan lebih membuat video, alangkah lebih baiknya lagi. Ini karena untuk membuat video belum bisa dilakukan oleh banyak orang, sehingga daya saing untuk mendapat perhatian mesin pencari masih kecil. Video yang Anda buat bisa dipasang di Youtube dan menautkannya dengan postingan Anda.

(Baca: Cara Mengaktifkan Akun Youtube dan Upload Video)

Lalu, Bagaimana Cara Cek DA dan PA?
Setelah mengetahui apa itu DA dan PA serta cara meningkatkan nilanya, hal terakhir yang harus dilakukan adalah mengeceknya. Ada banyak cara untuk cek Domain Authority dan Page Authority secara online. Beberapa diantaranya adalah situs berikut ini;

http://moz.com/researchtools/ose/
http://www.bulkdachecker.com/
http://moonsy.com/domain_authority/
http://moonsy.com/page_authority/
http://smallseotools.com/domain-authority-checker/
http://smallseotools.com/page-authority-checker/
http://99webtools.com/page-authority-domain-authority-checker.php

Salah satu yang sedang menjadi rujukan banyak ahli SEO adalah Moz. Situs ini juga tengah melakukan promosi untuk keanggotaan gratis selama 30 hari. Dalam layanan gratisnya ada banyak tools yang bisa digunakan untuk meningkatkan DA dan PA. Berikut adalah contoh penggunaan DA dan PA miliki bloGoooblok ~ di situs Moz.

Hasil analisa Moz untuk bloGoooblok ~ di atas memang masih sangat rendah, ini karena jumlah postingan dan usia blog masih sangat baru. bloGoooblok baru akan berulang tahun yang pertama 22 Februari mendatang. Namun, di hari-hari mendatang, bloGoooblok ~ akan terus ditingkatkan dan peran sahabat blogger lainnya sangat dibutuhkan untuk saling kerjasama.

Demikian postingan tentang Mengenal Fungsi Domain Authority dan Page Authority ini, semoga bermanfaat untuk pembaca semuanya. Jika masih ada pertanyaan silahkan berkomentar di kolom komentar. Terima kasih.