Tutorial Dasar Memulai Bisnis Online

Memasuki dunia bisnis, sama saja dengan memasuki dunia persaingan. Tidak peduli bisnis yang Anda kerjakan bersifat online atau offline. Semua penuh dengan persaingan. Dan seperti biasanya, ada banyak cara licik untuk memenangkan pertandingan.

Namun bloGoooblok ~ sangat tidak menyarankan menjalankan bisnis dengan cara licik. Karena sebesar apapun hasil yang Anda dapatkan, tidak akan membawa ketenagan dan kebaikan. Tentu juga hidup Anda akan dibayangi dengan kecemasan (jika dalam diri Anda masih ada kebaikan).

Karena konsen kita membahas soal seluk beluk bisnis online, tentu materi soal bisnis offline (konvensional pada umumnya) tidak begitu kita bahasi.

Pada artikel lain, kita sudah membahas akan peluang bisnis online di masa depan. Kemajuan teknologi, juga tak lepas dari kemajuan bisnis. Ini harus kita terima dengan lapang dada, jika tak mau jauh tertinggal dari negara-negara lain.

(Baca: Bisnis Online Jadi Bisnis Masa Depan di Indonesia!).

Hanya saja, masih banyak yang merasa kebingungan akan arti dan makna bisnis online ini. Semacam apakah dia, dan dalam bentuk apakah bisnis ini dijalankan. Atas dasar itulah, kami mencoba membuat tutorial dasar untuk memulai bisnis online.

Apakah Bisnis Online Itu?

Sebelum melangkah jauh. Memang harus diketahui, apa dasar yang kita kerjakan. Lalu muncullah pertanyaan Apa Itu Bisnis Online?

Bisnis Online pada dasarnya sama seperti bisnis biasa dimana kita harus menjual sesuatu. Tidak peduli jenis apa yang kita perjual belikan, apakah jasa atau produk. Semua bisa. Bedanya, bisnis online jualannya tidak di pasar atau di mall-mall, namun di internet.

Jadi dengan begitu, bisnis online tak ayal adalah bisnis nyata juga. Hanya saja, pasarnya berbeda. Jadi jika masih ada yang mengimpikan bisnis online adalah cara cepat menghasilkan uang, adalah keliru besar. Tanpa usaha, rekening Anda juga tak akan berubah-ubah (terisi).

Jenis Bisnis Online

Ada banyak jenis bisnis online yang saat ini dijalankan orang. Namun secara klasifikasi produk, bisnis online hanya mengenal dua jenis. Bisnis Online dengan Produk Fisik dan Bisnis Online dengan Produk Digital. Kedua jenis bisnis online ini tumbuh dengan caranya masing-masing.

1. Bisnis Online dengan Produk Fisik
Jenis bisnis online dengan produk fisik belakangan ini baru tren di Indonesia. Bisnis ini sama dengan bisnis pada umumnya, yakni secara fisik barang yang dijual dapat disentuh dan rasakan. Contohnya adalah barang-barang elektronik, pakaian hingga produk kerajinan, dll.

Membangun bisnis online dengan produk fisik tentu membutuhkan jasa pengiriman. Sehingga harga barang yang diperjual belikan di bisnis ini membutuhkan biaya tambahan dari harga barang itu sendiri. Proses jual beli hingga barang tiba ditangan juga membutuhkan waktu, tergantung jarak antara pemilik produk dengan konsumen.

Beberapa pebisnis besar di Indonesia yang mengusung tema ini antara lain Tokopedia, Lazada dan lain-lain. Bisnis online jenis fisik ini juga semakin bertransformasi. Jika dulu hanya satu arah, kini bisa dua arah. Yakni ada interaksi antara penjual dan pembeli dalam satu wadah yang tak memiliki produk.

Bahkan saat ini membeli tiket pesawat dan booking kamar hotel pun telah banyak dijadikan bisnis. Bisnis online dengan produk fisik ini diprediksi akan terus berkembang di dunia dan Indonesia. Walau membangunnya membutuhkan dana besar, namun keuntungan yang ditawarkan juga cukup besar.

2. Bisnis Online dengan Produk Digital
Berbeda dengan produk fisik, bisnis online dengan produk digital memiliki fleksibilitas yang lebih tinggi. Bisnis online dengan produk digital adalah bisnis yang menjual belikan produk yang secara fisik tidak dapat disentuh, tapi keberadaannya dapat dimanfaatkan.

Contohnya adalah software komputer, mp3, video, graphic desain, ebook, script web, space hosting, bandwidth, domain, membership, space iklan, backlink, dll.

Karena fleksibel, bisnis online dengan produk digital, menjualnya tidak memerlukan pengiriman barang. Konsumen atau pembeli bisa langsung mendownloadnya setelah membayar. Karena proses yang cepat, konsumen juga tidak butuh proses lama untuk mendapatkan produk yang diinginkan.

Salah satu bisnis online jenis digital yang paling besar adalah iTunnes dari Apple Inc. Layanan dari Apple Phone menjual produk berupa mp3 dengan harga yang beragam. Google juga menjual produk-produk digital dan salah satu wadah terbesarnya adalah App Store untuk produk Android.

Bisnis online dengan produk digital inilah yang memiliki turunan jenis bisnis yang sangat banyak. Bahkan banyak diantaranya tidak membutuhkan modal besar untuk memulai. Salah satunya adalah menjalankan bisnis Google Adsense dengan menyediakan space iklan di blog atau website atau menjalankan bisnis affileate.

(Baca: Begini Cara Aman Mendapatkan Uang dari Internet).

Cara Menjalankan Bisnis Online

Dari dua jenis bisnis online yang diuraikan di atas, memiliki cara dan metode berebada dalam menjalankannya. Walau memiliki perbedaan mendasar, namun kedua jenis bisnis online tersebut memiliki kesamaan dalam memulainya.

Hampir pula serupa dengan memulai bisnis offline, bisnis online juga memiliki ketentuan dasar yang harus dilakukan. Berikut adalah lima langkah utama yang harus dilakukan dalam menjalankan dan memulai bisnis online agar bisa berhasil:
(Baca: Cara Belajar Bisnis Online yang Baik dan Aman)

Kelima langkah di atas adalah hal umum yang harus dilakukan untuk memulai bisnis online. Jika Anda berhasil melakukannya dengan baik dan benar, maka kesuksesan menanti Anda di masa depan. Jadi bulatkan tekad Anda untuk memulainya.

Happy Blogging