5 Fakta Bisnis Online Yang Harus Anda Ketahui

Tidak ada satupun bisnis di dunia ini yang bisa menjadikan orang kaya mendadak dalam satu hari. Apalagi dengan modal gratis. Itu sangat mustahil. Begitupun dengan menjalankan bisnis online. Tidak ada yang bisa menjadikan orang kaya mendadak.

Menjalankan bisnis online, tak ayal sama dengan menjalankan bisnis offline. Bedanya hanya pada cara menjalankan dan media yang digunakan.

(Baca: Tutorial Dasar Memulai Bisnis Online)

Berikut, lima fakta yang harus Anda ketahui sebelum menjalankan bisnis online. Hal ini penting dipahami agar tidak salah jalan dalam menjalankan bisnis online. Banyak blogger gagal karena menggangap bisnis online adalah bisnis cepat kaya.

1. Bisnis Online Tetap Perlu Modal
Jika ada iklan yang selalu mengembor-gemborkan bisnis online tanpa modal, mulailah berpikir ulang. Karena tidak mungkin bisnis itu dimulai tanpa modal. Dalam hal ini, bloGoooblok ~ membagi kebutuhan modal dalam bisnis online dalam dua bagian. Modal diri dan modal uang.

Modal diri adalah yang paling utama. Seorang yang ingin terjun ke bisnis online, maka hal pertama yang harus disiapkan adalah mental. Kita harus memiliki pola pikir dan pengetahuan dasar tentang jenis bisnis yang akan dijalankan. Harus punya konsep, inovasi dan tentu saja kerja keras yang harus ditanam dalam diri.

Lalu modal uang. Anda tidak mungkin menjalankan bisnis online tanpa uang sedikitpun. Untuk membeli sarana berbisnis online butuh dana. Anda membutuhkan komputer atau notebook. Butuh koneksi internet dan lain-lain. Belum lagi soal hosting dan domain. (Bisa juga dengan blog gratisan). Intinya, menjalankan bisnis online, tetap perlu modal.

2. Pebisnis Online Adalah Pekerja Cerdas
Jika dahulu, orang tua selalu menasehati agar kita bekerja keras agar meraih kesuksesan. Saat ini, kerja keras saja tidak cukup. Butuh kerja cerdas. Dan pebisnis online adalah orang-orang yang mampu memadupadamkan kerja keras dan kerja cerdas.

Pebisnis online yang sudah meraih keuntungan dan kini menjalankan bisnisnya dengan santai, jangan dipikir tidak melalui banyak rintangan. Mereka telah melalui banyak tahapan yang tidak sebentar tapi mampu melaluinya. Jika tidak cerdas, maka segala rintangan itu takakan pernah terlalui.

Jika Anda memilih menjalankan profesi sebagai pebisnis online, maka mulailah mempelajari segala hal tentang bisnis online. Karena sejenius apapun Anda, tetap harus mempelajari agar menjadi ahli dan itu membutuhkan waktu yang tidak sedikit.

3. Pebisnis Online Adalah Orang Sabar
Orang-orang yang sukses menjalankan bisnis online adalah orang-orang yang telah melalui rentang waktu yang tak sedikit. Jika mereka tidak sabar, maka takkan pernah ada yang namanya kesuksesan. Oleh karena itu, menjadi pebisnis online, juga harus mengumakan kesabaran.

Kesabaran itu penting, karena bisnis online membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Mungkin Anda sudah membaca kisah hidup Linda Ikeji yang sukses menjalankan blog gratisan di negaranya. Butuh waktu lima tahun bagi Linda agar baru bisa mencium yang namanya penghasilan.

Memulai bisnis online, jangan berpikir akan mampu sukses satu dua hari. Jika ada yang menjanjikan kekayaan dalam waktu singkat, yakinlah itu hanya penipuan. Memang beberapa bisnis online bisa menghasilkan dalam waktu relatif singkat, tapi tetap membutuhkan waktu.

Salah satu cara mengakali kejenuhan dalam proses yang lama berbisnis online, Anda harus menggangap bisnis yang Anda jalankan adalah investasi jangka panjang. Memang tidak mudah, namun dengan berpikir positif, maka semua bisa dengan mudah dilalui.

4. Bisnis Online Sangat Fleksibel
Berbisnis online tidak perlu mengetahui siapa Anda, latar belakang Anda, dan dimana Anda berada. Menjalankan bisnis online sangat fleksibel. Baik soal tempat dan pelakunya. Inilah salah satu kelebihan bisnis online dengan bisnis konvesional.

Menjalankan bisnis online juga tidak harus memiliki pendidikan tinggi dan dari universitas terkemuka. Anda hanya perlu memiliki rasa ingin tahu dan belajar yang besar. Pekerja keras dan cerdas serta tidak mudah menyerah pada kendala yang dihadapi.

Semua orang bisa menjalankan bisnis online. Bagi pemula sekalipun, bisa dengan cepat menjadi ahli hanya dengan keuletan dan kemauan yang kuat untuk belajar dan fokus. Bisnis online juga bisa bekerja selama 24 jam tanpa henti, bahkan saat Anda tidur sekalipun. Itulah enaknya!.

5. Bisnis Online Telah Lahirkan Banyak Miliarder
Kita tidak harus menutup mata pada kenyataan ini. Telah sangat banyak miliarder baru yang lahir dari menjalankan bisnis online. Salah satunya adalah Pat Flynn yang menjadi miliarder di tahun 2014 lalu. Dia adalah pebisnis online yang cukup sukses di dunia.

Selain Pat, masih banyak lagi yang mendulang kesuksesan dari bisnis online. Bahkan hanya dengan menjalankan blog pun orang-orang bisa sukses. (Baca: 10 Bloggers Murni Berpenghasilan Terbesar di Dunia). Belum lagi, jika memang Anda punya inovasi, bisa jadi Anda masuk dalam 7 Anak Muda Yang Kaya Raya dari Berinovasi di Internet. Siapa tahu!

Di Indonesia pun telah sangat banyak yang sukses dalam menjalankan bisnis online. Salah satu yang paling nyata adalah Andrew Darwis, pemilik Kaskus.co.id. Selain sebagai forum diskusi, Kaskus juga menjadi tempat jual beli yang paling ramai dikunjungi.

***

Itulah lima fakta yang harus diketahui saat menjalankan bisnis online. Dengan begitu banyak ragam yang ditawarkan, tentu saja hambatan yang ada juga sangat bervariasi. Intinya adalah berusaha dan fokus pada apa yang Anda kerjakan. Ingat, bisnis online tak ayal adalah bisnis yang nyata juga, semua butuh diusahakan.

Salam Sukses!