Bagaimana Cara Mendaftarkan Blog ke Google Analytic?

Jika Anda blogger dan sedang melakukan monoteze dengan blog Anda, maka penting adanya mendaftarkan blog ke Google Analytic. Namun, jika Anda menjalankan blog hanya sebagai hoby tanpa berniat mendulang pengunjung yang banyak, Google Analytic bukan hal yang harus dilakukan.

Google Analytic adalah salah satu tools yang disediakan oleh Google dimana setiap blogger bisa menggunakannya. Google Analytic memberikan Anda akses untuk melihat aktifitas di blog yang Anda kelola. Dengan begitu, Anda bisa memahami siapa saja pengunjung Anda dan apa saja yang mereka cari.

Karena terjadi perubahan pada Google Analytic, banyak blogger khususnya pemula kurang paham soal tatacara mendaftar di Google Analytic. Oleh karena itu, bloGoooblok ~ membuat tutorial ini, agar bisa memudahkan siapa saja melakukan pendaftaran.

(Baca Juga: Cara Menggunakan Webmaster Tools)

Untuk mendaftarkan blog ke Google Analytic, pertama kali cukup mendaftarkan satu blog saja. Langkah melakukan pendaftaran sebagai berikut:
  • Selanjutnya, Anda akan diminta login ke akun Gmail Anda. 
  • Setelah masuk, Google Analytic akan menjelaskan tahapan pendaftarannya. Klik saja Pendaftaran. 
  • Pada halaman ini Anda diminta untuk mengisi data akun. Masukkan blog yang akan dianalisa dan isi semua data yang diminta. Lalu kursor halaman dibagian bawah dan klik Dapatkan ID Pelacakan. 
  • Akan muncul dijendela pop up soal perjanjian dan syarat layanan Google Analytic. Klik Saya Setuju. 
  • ID Pelacakan Anda telah jadi, selanjutnya copy script yang disediakan ke dalam blog Anda. 
  • Masuk ke bagian Template, lalu klik HTML. Cari kode </head> atau </body>. Paste script diatas tepat diatas </head> atau </body> lalu klik Simpan. 


Setelah semua proses Anda lakukan, data Google Analytic tidak akan muncul seketika. Butuh waktu beberapa jam agar Google menangalisa dan mengambil data Anda. Namun, kini blog Anda sudah siap dirayapi oleh Google Analytic.