Cara Jitu Meningkatkan Penghasilan di Amazon

Cara Jitu Meningkatkan Penghasilan di Amazon
Setelah mendaftar untuk mengikuti program affiliate Amazon, tentu langka selanjutnya adalah melakukan optimalisasi. Amazon menawarkan komisi yang cukup besar bagi para publisernya. Namun, apa guna komisi besar kalau satu barang pun tak berhasil kita jual.

(Baca: Cara Terbaru Mendaftar Program Affiliate Amazon)

Untuk meningkatkan penjualan di Amazon langkah utama dan paling penting adalah meningkatkan trafik. Anda bisa melakukan ini dengan mengoptimalisasi SEO blog atau website Anda atau melakukan promosi yang massif di sosial media.

Langkah paling mujarab tentu saja dengan mengikuti iklan berbayar semisal Google AdWords. Namun jika tak punya dana lebih, Anda hanya butuh kesabaran dan keuletan untuk meningkatkan jumlah pengunjung. Lakukan setahap demi setahap hingga akhirnya meningkat.

Setelah trafik blog meningkat, tentu peluang menghasilkan uang jauh lebih banyak melalui Amazon. Namun jumlah pengunjung yang banyak, bukanlah jaminan produk-produk yang Anda jual akan laku. Anda harus mengetahui cara-cara menempatkan link referal pada blog Anda.

Berikut adalah langkah-langkah yang harus Anda perhatikan jika ingin meningkatkan penghasilan dari Amazon.

  • Buat blog yang mengedepankan review, bukan menjual barang. Berilah bahasa yang menggiring seseorang mengklik atau menuju Amazon untuk membeli produk tersebut. 
  • Pada tiap postingan, tak perlu membuat banyak-banyak paragraf. Cukup tiga atau empat paragraf saja. Cukup posting 3 paragraf dengan menulis ulang deskripsi produk yang direview, tapi usahakan membuatnya dengan bahasa sendiri, walau itu berbahasa Inggris. Tapi jangan menulis dengan bahasa sendiri untuk technical detail, sisanya harus ditulis dalam bahasa Inggris yang unik. Tak perlu bagus, yang penting bisa dimengerti orang barat.
  • Pilih barang-barang yang ingin dipampilkan dengan klasifikasi baru atau new release. Amazon selalu mengupdate barangnya setiap saat, jika ingin serius carilah barang-barang yang baru keluar. Tulis barang tersebut dengan cara review dari awal hingga akhir. Karena cuma tiga paragraf, jadi tidak membutuhkan waktu lama. Lambat laun, beberapa barang itu juga akan laku, satu atau dua buah.
  • Pilih produk-produk best seller. Best seller Amazon selalu diupdate tiap jam, jadi berubah-ubah. Pakai perasaan untuk menulisnya. Jika Anda sama sekali tidak paham bahasa Inggris, biasanya produk-produk best seller sudah banyak pembeli yang mereview. Jadikan review pembeli itu sebagai bahan tulisan. 
  • Selain memilih produk baru dan produk best seller, perhatikan juga untuk memilih produk-produk mahal. Tapi jangan juga menyepelekan produk murah. Produk mahal penting agar, jika laku terjual maka komisinya juga besar. 
  • Buat jebakan keyword dibagian judul. Ada banyak cara mencari keyword salah satunya bisa dilihat di Google Insight.
  • Buat tag yang banyak. Masukkan semua hasil research keyword ke tag, baik yang penelusuran teratas maupun lonjakan. Ini untuk menambah index mesin pencari. Kalau produk baru, ganti type produk dari dari model lama ke model baru. Tinggal pintar-pintarnya saja mengakali. 
  • Seperti yang pertama dijelaskan diatas, review. Dalam postingan blog juga Anda bisa memasang link untuk menggiring pengunjung membaca review lengkapnya. Masukkan link referal Amazon Anda sehingga mereka bisa langsung ke halaman Amazon Anda. 
  • Kalimat pembuka yang menarik. Usahakan di awal postingan untuk memasang link review produk yang dibicarakan agar mereka langsung ke laman produk. 
  • Pasang image. Gambar punya daya tarik tersendiri bagi banyak orang. Usahakan disetiap postingan Anda memasang gambar produk yang sudah dipasangi link ke Amazon. Jadi ketika mereka mengklik, akan digiring langsung ke Amazon. Di dasboard Amazon, layanan ini sudah disediakan.  
  • Perbanyak memasang link ke Amazon. Selain click review, biasanya jebakan link ini dipasang dengan kata-kata: buy from amazon, more details, see full specs, dst. Silahkan berkreasi. 

Itulah beberapa trik yang bisa dipakai agar penghasilan di Amazon meningkat. Pada dasarnya, blog yang dibuat khusus untuk penjualan Amazon tidak didesain agar pengunjung berlama-lama di blog. Semakin cepat dia mengklik dan menuju Amazon maka akan semakin baik.

Tapi jangan juga membuat blog dengan asal-asalan. Buatlah kesan bahwa blog yang Anda buat memang profesional.

Setelah mereka mengklik link ke Amazon melalui referal kita, tinggal menunggu saja, pengunjung itu mau membeli apa. Sepanjang mereka belanja dalam kurung waktu 24 jam (sejak klik link di blog kita) fee atau bayaran akan tetap masuk ke kita.

Semoga bermanfaat...