Cara Mengisi Tax Information Amazon dari Indonesia

Tax Information atau informasi pajak yang dibebankan oleh setiap affiliate dari Amazon sebenarnya hanya diperuntukkan untuk warga Amerika saja. Namun, informasi pajak ini berlaku umum diseluruh dunia dan mau tidak mau harus diisi. Jika tidak, komisi dari Amazon tidak akan terbayarkan.

(Baca Juga: Cara Setting Pembayaran Amazon dengan Payoneer)

Tax Information dari Amazon ini memang terbilang peraturan baru. Walau begitu, masih banyak juga yang masih pusing takkala harus mengisi informasi pajak ini, apalagi untuk publisher di Indonesia. Makanya, artikel ini saya tulis agar memudahkan semua pihak, utamanya pemula (seperti saya).

Pajak yang dimaksud Amazon disini bukanlah pajak seperti yang dimaksud orang Indonesia yakni SPT yang selalu dibayar tiap akhir Maret. Namun, pajak khusus warga Amerika yang berpenghasilan dari internet. Mungkin saking banyaknya pebisnis online disana, pemerintahnya ngusul buat pajak. Hehehe

(Baca Juga: Cara Dapat Kartu Kredit Gratis dari Payoneer)

Dan walau bukan warga Amerika, tiap publisher di Amazon juga wajib mengisinya. Memang bukan untuk membayar pajak, tapi untuk menegaskan dan memberitahukan pihak Amazon bahwa kita betul adalah bukan warga Amerika.

Lalu, bagaimana cara mengisinya tax information ini?

Untuk mengisi tax information ini, Anda harus mengikuti beberapa langkah mudah berikut ini:
  • Tentu saja Anda harus login ke akun Amazon Affiliate Anda. 
  • Ada dua cara untuk mengakses tax information. Jika awalnya Anda belum melakukan pengisian sama sekali, pemberitahuannya akan muncul dihalaman Homepage. Namun, form ini juga bisa diakses melalui halaman Account Setting, di pojok kanan atas. Setelah terbuka, pilih Change your Tax Information
Atau
  • Langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah memilih No pada pilihan For U.S. tax purposes, are you a U.S. person? Lalu klik Save and Continue.
  • Dibagian Tax Information Interview, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Selebihnya, lihat gambar dan baca petunjuknya secara seksama. 


> Pada Bagian Tax Information Isi dengan

    • Type of beneficial owner dengan pilihan Individual
    • Country Of Citizenshi isi dengan Indonesia
    • Full name isi dengan nama lengkap Anda.

> Pada bagian Are you an agent acting as an intermediary? pilih No.
> Permanent address akan ikut sesuai informasi awal dan bagian Mailing address pilih same as permanent address.
> Pada bagian U.S. person tests - individuals, biarkan saja, tak usah memilih.
> Pada bagian Location of services performed, pilih All services are performed outside the U.S. yang artinya Anda benar berada diluar Amerika, lalu centang atau check list bagian I will provide notification in writing or by retaking the tax information interview should the location of the services provided to Amazon change.
> Pada bagian Tax identification number (TIN) pilih I do not have a U.S. TIN or a foreign (non-U.S.) income tax identification number, yang berarti Anda memang tidak punya informasi pajak dari Amerika. Jika sudah, klik Save and Continue
  • Pada halaman berikutnya, hanya halaman review dari proses interview yang dilakukan. Langsung saja klik Save and Continue 
  • Pada halaman interview selanjutnya, pilih I consent to electronic receipt of my information reporting documentation pada bagian Consent to electronic 1042-S form dan I consent to provide my electronic signature pada bagian Consent to electronic signature. Akan muncul pilihan lagi. Centang semua yang muncul dan dibagian akhir tuliskan nama Anda dibagian Signature of beneficial..., Email Anda dan pilih Individual dibagian Capacity. Setelah itu klik Submit. 
  • Pada bagian akhir, akan muncul hasil review lagi dari formulir pajak Anda. Namun, pada bagian ini telah tertulis diterima. Dan data isian telah lengkap keseluruhan. Anda sisa mengklik Exit Interview. 

(Baca: Cara Jitu Meningkatkan Penghasilan di Amazon)

Jika semua proses berhasil, maka dibagian setting pajak Anda akan tertulis Current Tax Status : Completed. Jika nanti, akan telah menghasilkan di Amazon, maka komisi Anda akan langsung dibayarkan. Walau, prosesnya, cukup panjang, namun sebenarnya sangat mudah.