Cara Menjalankan Program Affiliate Melalui Blog

Cara Menjalankan Program Affiliate Melalui Blog
Mengikuti program affiliate tidak ada gunanya tanpa dioptimalkan promosinya. Komisi besar yang dijanjikan, tidak akan pernah terasa jika tak satupun orang yang melihat atau membelinya. Olehnya itu, dibutuhkan promosi yang massif (bukan spam) agar bisa menghasilkan uang.

Ada banyak cara mempromosikan program affiliasi, bisa melalui jejaring sosial, forum, komentar di blog atau situs, melalui BBM (BlackBerry Massenger), video, email atau mengikuti program pengiklanan semisal PPC (Pay Per Clik) seperti Googla Adsense.

Semua cara promosi diatas ampuh untuk menjalankan program affiliate. Namun kali ini, bloGoooblok ~ khusus akan berbagi informasi cara promosi program afiliasi melalui blog. (Untuk cara-cara lainnya, akan kita bahas dipostingan lain).

Strategi Promosi Affiliate Melalui Blog

Berpromosi melalui blog adalah salah satu cara paling efektif dalam menjalankan bisnis affiliasi. Selain karena Anda bebas memasang banner promosi di blog Anda sesuka hati, keunggulan dari berpromosi lewat blog juga bisa dibuat kamuplase.

Anda bisa membuat artikel atau tulisan review dimana Anda bisa menjelaskan keunggulan dari produk yang Anda promosikan dengan lebih detail. Pengunjung blog Anda juga bisa berkomunikasi dengan Anda melalui kolom komentar sehingga terjadi komunikasi dua arah. Ini penting untuk membangun kepercayaan.

Namun dalam membuat artikel yang mengandung unsur affiliasi, Anda harus memperhatikan elemen-elemen tertentu. Karena yang terpenting dalam berpromosi melalui blog adalah kualitas artikel. Olehnya itu, artikel yang Anda tulis sebaiknya mengandung unsur berikut ini:

Pokok Permasalahan

Dalam membuat artikel affiliasi, Anda harus tahu apa pokok permasalahan yang dihadapi. Kadang pembaca tertarik menyelesaikan bacaanya karena masalah yang dihadapi sama seperti yang dibahas.

Semisal contoh, jika Anda mengikuti program affiliate dari Tips Hamil, Anda harus membuat artikel yang menjelaskan tentang produk tersebut. Inti permasalahannya adalah "Bagaimana Cara Agar Bisa Segera Hamil". Orang yang punya masalah tersebut pasti sedang mencari solusi dan artikel Anda akan memecahkannya.

Akibat-Akibat dan Resiko 

Setiap masalah selalu punya akibat dan resiko. Maka buatlah artikel yang menjabarkan akibat-akibat dan resiko yang bisa terjadi dari masalah yang Anda angkat.

Semisal, produk affiliasi yang Anda ikuti mengusung tema Domain dan Hosting. Maka buatlah resiko yang didapat seseorang jika menggunakan reseller abal-abal (tidak terpercaya). Buat seakan-akan, cara mereka salah dan cara yang Anda jabarkan adalah yang terbaik.

Lebih bagus lagi jika Anda memberikan contoh reseller domain atau hosting murah tapi kualitas murahan.

Kendala-Kendala dalam Mengatasi Masalah 

Kebanyakan orang menggunakan internet untuk mencari penyelesaian dari masalah yang ia hadapi. Maka buatlah artikel yang menjelaskan kepada pembaca beberapa kendala yang dalam mengatasi masalah mereka. Ini penting, karena informasi adalah hal yang utama.

Dalam menulis kendala dan cara mengatasi masalah, usahakan artikel Anda mengandung unsur:
    • Informasi tentang masalah yang Anda angkat. 
    • Referensi yang kredibel dan terpercaya
    • Buat tips-tips yang mungkin mereka butuhkan
    • Biaya yang mahal untuk tiap pemecahan masalah yang mereka hadapi
Berikan Saran

Salah satu kunci sukses menjalankan program affiliasi adalah penyelesaian masalah. Setelah kita menjabarkan soal masalah-masalah atau kendala yang mereka hadapi, langkah selanjutnya tentu memberikan solusi atau saran buat tiap masalah yang dihadapi.

Jangan terlalu gamblang menyedorkan produk yang Anda jual. Buat saran tersebut terlihat alami, salah satunya dengan menyarankan menghubungi pihak-pihak terkait yang kredibel. Barulah, langkah terakhir, produk itu ditawarkan.

Referensi Yang Anda Rekomendasikan

Point terakhir inilah yang menjadi penentu produk affiliasi Anda. Setelah memberi beberapa saran, Anda bisa memberikan solusi langsung kepada pembaca dari masalah yang ia hadapi. Maka produk affiliasi Anda adalah kuncinya.

Dengan memberikan referensi, Anda tentu harus menjelaskan apa saja kelebihan dari produk yang Anda tawarkan. Misal belanja di Lazada, Anda harus jelaskan keunggulan dengan berbelanja di Lazada ketimbang belanja di tempat lain.

Jika produk affiliate yang Anda pasarkan punya promo atau diskon, maka akan lebih bagus lagi. Ini akan memancing minat mereka untuk membeli. Ingat, banyak diantara pengguna internet pada mulanya tidak berniat membeli sesuatu, namun dengan bahasa dan iming-iming diskon, mau tidak mau, mereka akan tergerak untuk berbelanja.

Catatan Penting: jangan lupa untuk menempatkan link referensi Anda di bagian ini untuk memudahkan pembaca menuju ke website replika atau link affiliasi Anda.

Penutup

Terakhir adalah penutup. Jika produk yang Anda pasarkan berkaitan dengan pemecahan masalah humanis, jangan lupa untuk memberikan rasa empati terhadap masalah yang pembaca alami. Tulislah  kalimat-kalimat yang menggugah semangat untuk terus berusaha.

Namun jika produk yang Anda pasarkan bersifat teknis atau jasa, bagian penutup lebih baik ditempatkan untuk memberi peringatan agar mereka mau menggunakan produk yang Anda pasarkan. Lebih baik lagi jika menulis produk yang Anda jual merupakan produk yang direkomendasikan.

***

Ingat, point-point di atas hanyalah gambaran bagaimana menyusun sebuah artikel yang memiliki kekuatan psikologis terhadap pembaca. Perlu diingat bahwa dalam menulis artikel hendaknya didasari oleh keinginan untuk membantu pembaca Anda mengatasi masalah mereka.

(Baca: Cara Belajar Bisnis Online yang Baik dan Aman)

Strategi diatas hanya membantu dalam mengkonsep artikel yang menarik. Kualitas artikel akan sangat mempengaruhi tingkat keberhasilan promosi Anda lewat blog. Namun, tak ada gunanya juga membuat artikel menarik jika tidak ada yang membaca. Maka setelah membuat postingan, lakukan promosi.