Cara Terbaru Membuat Email Hotmail (Outlook)

Bagi Anda yang telah mengenal teknologi sekitar tahun 1990-an, pasti sudah tidak asing lagi dengan layanan webmail bernama Hotmail milik MSN. Layanan email paling lawas ini memang tidak sepopuler Gmail atau Yahoo, namun penggunanya juga cukup banyak.

Saat MSN menjual Hotmail ke pihak Microsoft pada tahun 1997, Hotmail dihargai $400 juta dan pada tahun 1999, layanan ini telah mampu menjaring sekitar 30 juta pengguna aktif. Artinya, Hotmail menjadi layanan webmail terbesar saat itu.

Walaupun pengguna Hotmail dari waktu ke waktu tetap tumbuh namun pihak Microsoft menutup layanan ini. Padahal saat penutupan, pengguna Hotmail mencapai 300 juta orang diseluruh dunia. Sebagai gantinya, Microsoft mengganti Hotmail menjadi Outlook.com.

Memang Hotmail secara resmi telah ditutup, namun bagi yang ingin menggunakan ekstensi Hotmail.com sebagai alamat email masih tetap bisa.

(Baca Juga: Cara Mengaktifkan Akun Youtube dan Upload Video)

Salah satu alasan Hotmail.com ditutup, karena pernah mengalami insiden paling memalukan dalam sejarah teknologi. Kala itu, setiap orang bisa masuk ke akun hotmail siapapun hanya dengan memakai password “eh”. Pada tahun 2001 juga Hotmail pernah mengalami serangan hacker dan berbagai akun Hotmail mengalami gangguan lainnya.

Tapi akhirnya, Microsoft melakukan perbaikan dan menghadirkan Outlook sebagai gantinya dengan berbagai kelebihan.

Cara Membuat Email Hotmail atau Outlook

Seperti yang dijelaskan diatas, bahwa Hotmail secara resmi telah ditutup oleh Microsoft. Namun ekstensi namanya masih bisa digunakan dan menggunakan perangkat Outlook untuk membukanya. Oleh karena itu, untuk membuat email Hotmail, langkahnya sama dengan membuat Outlook.

Berikut adalah langkah-langkahnya:
  • Anda bisa mengetik http://hotmail.com pada address bar. Jika mengetik URL itu maka Anda akan di-direct ke laman login.live.com. Anda juga bisa mengetik Outlook.com atau mengakses MSN.com dan mengklik Outloot di sudut kiri atas. 
  • Apapun caranya, seluruh URL diatas akan menggiring Anda untuk login ke akun outlook. Karena baru akan membuat, maka klik Sign Up Now di pojok bawah. 
  • Selanjutnya, Anda akan masuk ke halaman formulir pendaftaran email. Silakan isi setiap kolom yang ada, mulai dari: Nama, Username email, password, negara, Kode pos, tanggal lahir, gender hingga nomor telpon. Khusus untuk username email, ada dua pilihan yang disediakan menggunakan @hotmail.com atau @outlook.com, pada dasarnya keduanya sama.
  • Jika telah mengisi seluruh informasi yang diperlukan, klik Create Account di bagian bawah. 
  • Email Anda telah jadi. Silahkan pelajari lebih lanjut untuk ragam keperluan.

Anda juga bisa lihat video tutorial lengkap, Cara Membuat Email Hotmail atau Outlook dibawah ini:


(Baca Juga: Mengaktifkan Google Drive di Browser dan Desktop)

Keunggulan Email Hotmail atau Outlook 

Pasti setiap layanan memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing. Misalh Gmail yang unggul dengan seluruh layanan Google atau Yahoo dengan berbagai aplikasinya. Hotmail atau Outlook pun juga demikian. Berikut beberapa keunggulan email Hotmail atau Outlook :
  • Email Hotmail punya kemampuan untuk membuka dan membaca serta melakukan penyuntingan dokumen office yang dilampirkan di badan email  secara langsung. Hal ini juga bisa dilakukan pada peramban / browser yang bukan hanya Internet Explorer. 
  • Punya kemampuan untuk melakukan penyaringan antara email-email yang punya attachment yang kemudian dibagi menjadi kategori foto atau office document.
  • Anda bisa memakai POP3 / SMTP sebagai aplikasi email client terhadap email Hotmail.
  • Kapasitas penyimpanan hingga 5 GB dan bisa ditambah sesuai dengan kebutuhan wajar.
  • Anda bisa melihat lampiran gambar ataupun video pada tampilan email.
  • Anda bisa melampirkan dokumen pada badan email dengan ukuran hingga 25 MB.
  • Email Hotmail juga terhubung dengan Facebook Chat dengan menggunakan Messenger.
  • Terdapat fitur lainnya dari Hotmail dan akan terus berkembang.
  • Outlook bisa terhubung ke SkyDrive yakni aplikasi untuk menyimpang beragam data, kemudian terhubung juga dengan Skype yakni aplikasi panggilan telepon dan video lewat Internet.
Bagaimana? Beminat menggunakan Hotmail atau Outlook! Jika iya, tak ada salahnya mengikuti langkah-langkah diatas. Semoga membantu dan memberi manfaat.