Cara Termudah dan Terlengkap Dapat Duit dari Infolinks

Seperti yang bloGoooblok ~ selalu katakan, ada banyak cara mudah dan murah untuk menghasilkan uang dari blog. Salah satunya dengan menjalankan Google Adsense.

(Baca: Cara Daftar Google Adsense dari Blogspot)

Namun, jika Anda hingga sekarang belum juga diterima jadi publiser Adsense, tak perlu berkecil hati hingga patah arang dalam mengembangkan blog, masih banyak alternatif lain yang bisa dilakukan. Salah satunya adalah mendaftar Infolinks.

Apa Itu Infolinks?

Infolinks adalah salah satu penyedia layanan In-text advertising yang berdiri sejak tahun 2007, yang memungkinkan pemilik Konten Web atau yang biasa disebut Penerbit Web, untuk memperoleh manfaat dari In-text advertising dalam bentuk pendapatan iklan tanpa adanya risiko.

Infolinks juga memberikan pembagian hasil yang kompetitif kepada Penerbit Web atau blog seperti halnya yang dilakukan oleh Google Adsense, Adbrite, Kontera dan situs earning lainnya.

Infolinks termasuk kedalam jenis periklanan Text Pay per Click yang mentargetkan iklan teks berupa link sesuai dengan keyword pada artikel, halaman web, atau blog posting Anda.

Untuk mendapatkan penghasilan dari blog secara pasif dengan program CPM, tentu saja Infolinks bukan cara yang terbaik. Tapi Infolinks tetap menjadi alternatif yang bagus khusunya untuk pemula. Rasio iklan Infolinks diklik oleh pengunjung jauh lebih besar daripada Google Adsense. Itu karena iklan yang ditayangkan berbaur dengan konten atau artikel.

(Baca Juga: Cara Paling Jitu Daftar Google AdSense Agar Diterima)

Syarat Mendaftar Infolinks

Walau pada dasarnya Infolinks mendukung seluruh jenis bahasa, tapi tetap saja ada syarat mutlak yang harus dipenuhi saat pertama kali mendaftar. Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum mendaftar ke Infolinks adalah;
  • Punya blog atau website sendiri dengan bahasa utama Inggris, Jerman atau Spanyol. *)
  • Jumlah postingan dalam blog minimal sudah mencapai lima biji. 
  • Blog yang didaftarkan setidaknya telah memiliki uniqe visitor setiap harinya, soal jumlah bukan hal yang utama. 
Soal syarat bahasa Inggris, Jerman dan Spanyol di atas, hanya diperlukan saat pertama kali mendaftar di Infolinks. Setelah diterima, Anda bisa menaruh script di blog berbahasa Indonesia. Tapi bloGoooblok ~ tengah mencoba mendaftar langsung menggunakan blog berbahasa Indonesia. (Dicoba...)

Cara Mendaftar Infolinks

Jika Anda tertarik mendaftar di Infolinks dan merasa telah memenuhi syarat diatas, selanjutnya ikuti langkah-langkah berikut ini:
  • Buka laman Infolinks
  • Pada halaman homepage, klik Get It Now
  • Akan muncul form, isi data yang diminta. Dibagian atas masukkan URL blog Anda dan dibagian bawah, isi data tentang Anda, nama, email dan pasword. Anda juga bisa dengan mudah mendaftar dengan akun Facebook. Lalu klik Join
  • Selanjutnya Anda akan diminta untuk menautkan script Infolinks dengan blog Anda. Bisa memilih Javascript yang berlaku untuk semua platform CMS atau langsung memilih WordPress atau Blogspot. Jika sudah memasangnya di blog klik Done. Anda juga bisa memasang ini dilain waktu. 
  • Cara memasang script tersebut bisa ditaruh dibagian mana saja dalam </body>. Sebagai contoh, dibawah ini bloGoooblok ~ menaruhnya di atas tag </body> di pengaturan HTML. 
  • Jika telah maka akan muncul tampilan selamat datang di Infolinks. Ini belum berarti Anda diterima oleh Infolinks. Mereka akan melakukan review atas aplikasi Anda. Butuh waktu 2 hari atau 48 jam hingga surat balasan di terima. 


Dari pengalaman mendaftarkan blog berbahasa Inggris, biasanya, ketika diterima jadi publiser Infolinks, iklan akan langsung tayang di blog. Mereka akan menandai kata kunci keyword yang sasar. Anda juga sudah bisa mengakses dasboard publiser Anda dan melakukan pengaturan lebih lanjut.

(Baca Juga: Memasang Iklan Adsense di Bawah Judul dan Akhir Postingan)

Jenis Iklan Infolinks

Selain iklan teks yang terpaut langsung dengan kata kunci tertentu dalam postingan blog, Infolinks juga menyediakan jenis iklan lain. Berikut jenis yang disediakan.
InFold 
Iklan jenis ini akan tampil dibagian bawah blog. Bentuknya biasanya melayang ketika seseorang mengunjungi blog.  

InText 
Inilah jenis iklan yang paling banyak digunakan oleh publiser Infolinks. Iklan ini akan tampil dalam postingan blog dengan menyasar kata kunci tertentu.  

InTag 
Jenis ini sama dengan iklan kontekstual milik Google Adsense. Akan ada sederet kata-kata atau tag yang bisa memunculkan iklan.  

InFrame 
Jenis ini akan muncul dibagain luar template Anda. Kadang penampakannya secara popup di kanan dan kiri blog.  
(Baca Juga: Cara Mudah Memasang Iklan Google Adsense di Youtube)

Bagaimana Infolinks Melakukan Pembayaran?

Pertanyaan ini biasanya yang selalu menjadi yang paling penting bagi publiser. Soal jumlah bayaran yang akan diberikan Infolinks tidak ada batasannya sama sekali. Semakin banyak penghasilan Anda maka akan semakin baik.

Namun Infolinks baru akan membayar Anda ketika penghasilan Anda mencapat batas minimum payout yaitu $50 jika menggunakan akun Paypal atau $100 jika menggunakan Bank Wire (Transfer Bank) dan Western Union. Pencairan baru terlaksana 45 hari setelah hari terakhir tercapainya minimum pembayaran.

Untuk dapat memilih metode pembayaran, Anda bisa melakukannya pada Payment Settings di dasbor akun Infolinks Anda. Jika telah berhasil diterima sebagai penayang Infolinks. Dan satu hal lagi yang paling penting, menjalankan pengiklanan Infolinks bisa dilakukan bersamaan dengan Google Adsense. Baca ketentuan lengkapnya disini.

Itulah beberapa informasi umum dan langkah-langkah menghasilkan uang dari blog dengan Infolinks. Semoga bermanfaat dan sukses selalu. Jika Anda punya pertanyaan atau pengalaman soal Infolinks, tak ada salahnya berbagi pengalaman di kolom komentar.

Terima Kasih!